TV PANASONIC ALFAGOLD TIDAK ADA SUARA

Kerusakan:
Sebuah tv panasonic jadul model alfagold 17" diantar tetangga kerumah. "gak ada suaranya" katanya.
Waktu coba dihidupkan, memang tidak ada suara dari speaker sama sekali, sedangkan gambar dan tombol lainnya masih normal. Kalau dihidupkan terus, kadang suara keluar sekejap saja. Hal ini menandakan kalau ic sound dan speaker masih ok.
Model Tv:




Ic sound tv ini memakai AN5265




Perbaikan:
Coba sentuh sentuh kaki ic, di pin no6 ada suara kemrasak di speaker, padahal kalau diurut urut, pin input audio seharusnya pin2, tapi bila pin2 disentuh kok tidak ada reaksi dari speaker???

Pemeriksaan komponen bagian sound masih bagus semua, demikian juga dengan suply tegangan dari regulator. Sempat bingung juga dengan ic ini. Iseng coba cari referensi ic AN5265, dan didapat data berikut:

IC AN5265 Fungsi : Audio Amplifier DC Volume Control (Attenuator) Mute Circuit
1.Positive (+ve) supply voltage 12v
2.Audio signal input 5.3v
3.Mute circuit -
4.DC volume control 5.6v
5.Audio output amplifier (filter) 6.3v
6.-ve feedback (output to input) 6.4v 7.Ground (- ve terminal) 0v
8.Audio signal output for driving speaker 6.5v
9.Positive (+ ve) supply voltage 14v

Dari data diatas, diketahui ic ini memakai tegangan untuk mengatur volume inputnya, yaitu di pin no2. Waktu dicek, ternyata tegangannya 0,01volt, pantas saja suara gak keluar. Pin yang lain tegangannya normal.

Menurut teorinya, pin no2 ini tegangannya tambah tinggi dari 0 volt sampai 6 volt bila volume dibesarkan dari remot atau panel depan.


Diurut lagi jalur pin2 ini sampai ke Q1111 yang melewati R11.



Di Q1111 ini, kaki emitor merupakan kontrol tegangan input ic AN5265. Ketika dicek, tegangan kaki emitor dapat naik turun mengikuti pengaturan volume. Namun setelah melewati R11 dan Q1113 tegangan jadi nol. Rupanya yang error diarea Q1113 ini. Dicoba langsung jumper Emitor Q1111 langsung ke ic audio dengan melepas R11 dan TPE43, dan langsung jreenggg....suara keluar sempurna.



Alhamdulillah, semoga bermanfaat.
Wassalam









sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL