Tv Sharp Mati Total

<<DOWNLOAD SKEMA TV TABUNG SHARP>>


1. TV Sharp 20u25 Mati Total

Spesifikasi:
Tv ini menggunakan ic tunggal tda 9381 PS, regulator strf6654, vertikal TDA8357, Horisontal D2586, Audio TDA 7056A, FBT F0194 PEN1-SA, memori 24c04.

Kerusakan:
Datang dalam kondisi Matot ( mati total ).

Langkah perbaikan:
1. Buka tutup belakang dengan membuka beberapa baut.
2. Buang muatan yang mungkin masih tersisa di tabung dengan menshortkan ke ground tabung dengan kabel  multi tester.
3. Lepas mesin dengan mencabut kabel-kabel yang menempel.
4. Membersihkan debu yang menempel di board menggunakan kuas dan peniup debu.
5. Cek visual komponen-komponen dari kemungkinan kerusakan yang tampak, didapati C756 dalam kondisi melembung.
6. Cek bagian regulator, karena tv dalam kondisi matot berarti regulator belum bekerja, ditemukan R725 bernilai 560K dalam kondisi putus.
7. Lakukan penggantian komponen & resolder di titik-titik yang rawan retak karena panas.
8. Running test, tv nyala dengan normal.
9. Pasang kembali tutup belakang tv.
10. Buat nota.
mudah-mudahan berguna bagi semua pembaca.




2. TV SHARP 20W25MK Mati-Total

Diagnosa

TV SHARP 20W25MK saat saya coba hidupkan , lampu indikator tampak tidak menyala ( seperti mati-total ).

Model TV SHARP :

model-tv-sharp-20w25mk

Apakah yang meyebabkannya ? Segera saya selidiki

Di sekian kalinya temui kerusakan seperti ini dan selalu saya mulai pemeriksaan di area PSU ( power supply unit ) , kira-kira komponen apa yang menjadi penyebab kerusakan ” langsung buka casing tv-nya. Setelah casing penutup terbuka saatnya lakukan pengukuran , untuk mempermudah masukan aliran listriknya . Saya ukur tegangan diarea PSU primer tersedia yaitu 310 volt dan di area sekunder untuk B+ terukur 115 volt . Kanal output PSU tegangan B+ terukur  115 volt tapi kenapa tv tidak bisa hidup ? Ternyata tegangan 8 volt untuk sistem control MCU yang tidak stabil, dari tegangan 8 volt dipasang stabilizer yaitu IC 7805 menjadi 5 volt dan disini tegangan terukur 4 volt saja.


Tegangan yang tidak stabil ini disebabkan capasitor filter tidak bekerja dengan baik , nilai capasitornya 470uf/25 volt dan langsung saya lepaskan dari mainboard dan saya pasangkan nilai 1000uf/50 volt. Setelah terpasang capasitor pengganti saya masukan lagi aliran listrik dan coba ukur ulang ,hasilnya tegangan sudah kembali normal yaitu 8 volt. Lampu indikator tampak sudah meyala yang mengartikan sistem MCU sudah berfungsi dengan baik. Tambahan saya lakukan penambahan timah solder untuk hot area yaitu dibagian IC Vertikal dan IC Regulator dan satu lagi di area FBT , ada satu lagi yaitu area soket RCA untuk sistem video input bagian depan.

Posisi capasitor-nya :

mainboard-tv-sharp-20w25mk

Saatnya tekan power via remote control ? Alhamdulillah tv sharp sudah kembali normal , tampilan gambar dan suara sudah tampak normal tidak ada masalah yang lain. Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk saat ini dan sesuai dengan yang diharapkan, semoga bisa bermanfaat





3. TV SHARP 21ES353E Mati-Total

Diagnosa

TV SHARP 21ES353E jika kita hidupkan sama sekali tidak ada tampilan gambar maupun suara,, lampu indikator kita lihat juga tidak menyala.

Model TV SHARP :

model-tv-sharp-21ES353E

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki

Kasus mati- total sudah menjadi permasalahan yang umum dan penyebab bisa banyak faktor yang pada intinya kita lihat dari gejala yang nampak. Lampu indikator tidak menyala ? ada indikasi Power Supply Unit ( PSU ) tidak bekerja , untuk memastikan lebih detail lebih mudah kita ukur dahulu fuses ( sikring ) apakah putus atau tidak . Kondisi Fuses kita bagus dan kabel penghubung jala-jala juga bagus , Jadi kedua komponen tersebut dalam kondisi bagus . Tahap berikutnya kita keluarkan papan PCB dari casis dan kita balikan supaya bisa kita lakukan pengukuran dengan multitester, saat kita masukan tegangan dari jala-jala PLN kita ukur tegangan 310 volt terukur normal di kaki capasitor filter 220uf/400 volt , PSU TV SHARP ini menggunakan IC STRW 6553A .

PSU-tv-sharp-21ES353E

Sempat terpikir IC STRW 6553A yang menjadi penyebab kerusakan cuma sebelum kita vonis kita sempatkan terlebih dahulu mengukur komponen bagian output PSU. Di area tersebut ada DIODA dan CAPASITOR dan poin utama pada bagian tegangan terbesar yaitu 115 volt untuk supply FBT. Capasitor kita lihat agak mengelembung badannya dan saat kita lepaskan dari PCB dan kita ukur ternyata sudah dalam kondisi rusak, nilainya 100uf/160 volt ( kita gunakan multitester X10 jarum tidak bergerak naik ↔ turun ) jadi langsung kita pasangkan Capasitor baru dengan nilai yang sama.

Setelah kita selesai pasangkan capasitor 100uf/160 volt tegangan output 115 volt sudah tersedia dan lampu indikator sudah tampak menyala cuma FBT tidak bekerja saat kita tekan tombol power via remote maupun via panel control. Kita coba telusuri kembali diagram yang ada di mainboard dari arah tegangan 115 volt ke FBT dan baru ketahuan ada resistor yang putus ( ada 3 buah terpasang pararel ) dan untuk ini kita pasangkan nilai 0,5 Ω 2 WATT .

Posisi Capasitor dan Resistor :

mainboard-tv-sharp-21ES353E


Setelah kita pasangkan Resistor 0,5 Ω 2 WATT kita coba lagi hidupkan TV SHARP dan saat kita tekan tombol power via remote control hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal , tampilan gambar sudah tampak begitu pula dengan suaranya.







sumber:
006service.blogspot.com
www.hamimservis.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL