Tv Polytron Mati Standby

 

 

1. TV POLYTRON MATI STANDBY

Kali ini  saya tulis pengalaman beberapa saat lalu sat dimintai tolong mbenerin tv politron 14' dengan keluhan tidak mau nyala sedangkan led indikator nyala merah standbay.

Saya pikir kerusakannya adalah masalah biasa yang terjadi pada tv politron maupun digiteg yang mengalami protek gagal start. Paling tinggal ganti elco yang mensuplay tegangan 50 volt untuk b+ travo osilator untuk basis tr horisontal.

Setelah mengetahui gejala kerusakannya langsung saja kerja dimulai.
casing di buka dan terlihat tv ini menggunakan Ic program HBK-00-01   Ic crhoma TDA8841
Sejenak ku amati fisik dari komponen-komponennya, paling kerusakan pada c526 yang biasanya 47mf63v, ternyata elco itu telah di ganti dengan 10,160vol.


Bhadalah ternyata salah dugaan saya. Pencarian pun dilanjutkan dengan pengecekan tegangan-tegangan dan saya rasa normal semua.
mulailah pikiran berputar mengira-ngira kemungkinan kerusakan ada di mana, mungkin playback, ic atau mungkin yang lainnya.

Daripada hanya menduga-duga mending langsung ganti aja mana mana yng saya curigai, ynag jadi biang keroknya. Pertama ic crhoma kebetulan ada cadangannya langsung tak tepas dan kuganti. Setelah selesei, saatnyaa untuk mencoba, dan ternyata masih sama saja.

Selanjutnya playback tak lepas dan diganti dengan playback lainnya. coba saja barangkali playback nya yang penting dicoba dahulu. Setelah selesei penggantian playback. tv kembali saya coba nyalakan. mak ccjep crack tv pun mau nyala. Setelah beberapa saat antena saya pasang dan gambar di layar normal .

Setelah saya tes satu jam, dan normal-normal saja dan saya rasa tak ada masalah lain, casingpun saya tutup kembali seperti semula.
Alhamdulillah satu pekerjaan selesei sudah, kataku dalam hati.
Dan sore harinya diambil yang punya.

Keesokan harinya ternyata pemilik tv datang lagi komplaine dengan keluhan yang sama.
katanya yang punya semalam buat menonton bola baru setengah main dan babak kedua baru mau mulai tv mati sendiri led indikator merah stanbay dan di apa-apakan tidak mau nyala.
Ya ya ya.... . Mulai lagi ini pekerjaan kemarin yang aku sangka telah beres eh ternyata datang lagi kemeja kerja dengan keluhan yang sama hehehe
cukup menyita waktu juga setelah cek sana sini kecurigaan tertuju pada deflexi yorke. tak lepas dari leher tabung crt, dan diamat-amati terlihat baik-baik saja, maka kupasang lagi.

Karena dah sekin waktu lelah terasa juga dan kepala serasa gimanaa gitu. maka sudahlah yang satu ini saya tinggalkan dahulu beralih pada pekerjaan lain yang memang saat itu ada beberapa pekerjaan dilantai yang menunggu naik ke meja operasi buat dibedah jerohannya, hehehe.

setelah hari berganti timbul lagi rasa penasaran akan masalah yang satu ini. kecurigaan ku masih tertuju pada deflexi yoke.
Walau terlihat bik-baik saja. tetap tak lepas dan tak ganti baru. karena memang saat itu punya cadangan deflexi baru.
Setelah selesei penggantian defleksi, tv coba saya nyalakan dan mak crack...  tv pun mau nyala. tak biarkan beberapa saat dan antena ku pasang,  di layar terlihat lebar horisontal telah pas tinggal vertical yang kurang sedikit.

Alhamdulillah masalah akhirnya ketemu juga.  tinggal menambah lebar vertical dan set ngepasin gelang warna.
Seting selesei dan casing belakang ku pasang lagi.
Setelah selesei rasa penasaran akan biang kerok  masalah inipun mengelitik.
ku bongkar deflexi yang bikin boedrex tadi dan eh ternyata eh ternyata, kumparan horisontal bagian dalam terlihat gosong karena terbakar. Pantas aja dicari cari ga ketemu orang biang keroknya tersembunyi rapat sekali whihihi.



2. TV POLYTRON STANDBAY SUSAH START

TV POLITRON SUSAH START DAN MATI STANDBAY.— kerusakaan ini umum dan sering sekali terjadi pada tv politron. Kali ini saya mau share pengalamanku saat servis tv Politron. Kali ini ada serrvisan politron dua buah. Keduadauanya polytron 21’, yang satu Politron DIVA XBR, DAN YANG SATUNYA LAGI Politron MX Minimax Hiperbrand.


Kedua-duanya datang dengan keluahan yang sama, yaitu susah dihidupkan. Kalo mau dihidupkan tv dinyalakan/ distar nyala lalu MATI STANBY. Begitu terus samopai MATI STANBAY beberapa jam baru mau start.dan mau nyala normal. Namun apabila tv dimatikan maka keluhan Mati Standbay kembali berulang.

Dahulu sudah sya tulis pengalaman servis TV POLITRONMATI STANDBAY. Kerusakan sebagaimana yang saya tulis saat itu baru kali itu saya alami. Kali ini coba saya share kerusakan tv politron yang Susah Start dan Mati Stanbay yang serig sekali terjadi pada Tv Polytron.

Kebetualn keduanya sama-sama mengunakan ic tunggal HBT 00… saya  lupa. Keluhan MATI STANDBAY DAN SUSAH START memang umum dialami sebagaimana tipe-tipe sebelumnya yang mengunakan dua ic. Ic program dan ic crhoma terpisah.

Mati stanbay pada tv dengan dua ic biasanya disebabkan lemahnya catudaya untuk B+ travo osilator Horisontal atau travo yang mensuplay tegangan basis Transsistor Horisontal. Ganti elco yang mensuplaynya osilator Horisontal biasanya 10uf63v atau 47uf 63volt Ganti dengan elco yang lebih besar, semisal 47uf160 atau 100uf100v. Biasanya tv politron yang mengunakan 2ic dengan keluhan susah start dan mati stanbay, Mati stanbay teratasi.

Tv politron susah nyala dan mati stanbay kali ini terjadi pada tv Polytron yang nenggunakan ic tunggal, gejalanya sama dengan tv politron model sebelumnya dan yang perlu di ganti juga sama elconya, akantetapi berbeda letaknya. Maka elco yang  diganti untuk tv politron yang mengunakan ic tunggal ganti elco 470uf yang mensuplai salah satu tegangan 5v ic tungal dan elco 1uf50v yang berhubungan dengan itu letaknya di dekat ic vertical. Di dekat ic vertical ada dua elco 1uf50volt ganti saja keduanya.

Dengan pengantian elco 1uf50volt dan elco 470uf16volt biasanya tv polytron Susah Start dan Mati Stanbay yang sasisnya menngunakan ic tunggal teratasi. Itu adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada tv politron.








3. TV polytron mati total standby

Cara perbaiki tv untuk tv politron sering sekali saya mendapatkan  tv politron dengan kerusakan mati standby . setelah saya periksa  komponen dan rangkaian nya baik tapi tidak mau hidup .  lalu saya periksa tegangan yang menuju ke oscillator horizontal ternyata  setelah di on tv tersebut  biasa  sekitar 6 sampai 7 volt  tapi ini malah  turun sampai 4volt ya…. Jadi tidak bisa hidup sebab kurang dari 6 volt  mungkin juga arusnya kurang dari semestinya .
Bagaimana cara mengakalinya ….? Elconya saya sudah ganti tapi belum juga naik tegangan nya . lalu saya ambil saja IC  8 volt yaitu 7808  ,  lalu saya ambil kaki input IC tersebut saya hubungkan  ke power suply tegangan  12 volt atau lebih dan kaki output nya saya hubungkan kekaki IC oscillator horizontal ( hor vcc ) yang sebelumnya  sudah saya putuskan  jalurnya  .
Terus saya on kan lagi tv tersebut ternyata tegangan yang ada sekarang tetap tidak turun  sekitar 6 sampai 7 volt . maka hiduplah tv tersebut  .





4. kerusakan tv polytron standby

Hari ini dapat servisan tv polytron 123 type PN20126, kerusakannya standby cuma nyala led merah doang, analisa sementara powersuply masih bekerja,saat di cek  tegangan drop bagian +14 v, +50v  B+115, tegangan normal saat standby polytorn B+115 =+25v  +50v=+9v +14v=+2v 
Solusinya langsung ganti elko pada bagian tersebut,1000uf/25v, (47uf/100v di ganti 100uf/100v) dan 2 buah Resistor pararel 150 ohm juga di ganti
Alhamdullilah masalah terselesaikan



5. TV POLYTRON 123 STANDBY

Kerusakan:
Tv mau hidup sebentar lalu standby,setelah di beri tegangan heater dari luar tampak gambar berpelangi sebelum kembali standby.
Jadi kesimpulannya kerusakkan ada pada blok vertikal.

Spesifikasi:

Perlu di ketahui tv ini menggunakan IC Kroma TDA8841 dan IC Vertikal LA7830.

Perbaikan:

Setelah di lakukan penggantian IC ternyata tidak ada perubahan, di dekat IC vertikal ada ic penguat JRC4558 waktu di sentuh bodinya agak hangat langsung saja IC 4558 di ganti dan ternyata tv pun normal kembali.


Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

IKLAN:









  





sumber:


Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL