Macam-macam Kerusakan Tv Sanyo

1. TV Sanyo CG14CE1 Protek

Merk TV nya adalah SANYO 14 Inch CRT dengan type CG14CE1. Kerusakan TV-nya adalah saat ditekan tombol POWER utama lalu ditekan tombol POWER pada REMOTE, TV kemudian hidup sesaat lalu mati lagi. Coba dihidupkan pakai tombol CH+ yang ada di TV juga sama saja. Kalo istilah kerennya TV tersebut PROTECT, jadi ndak mau hidup.
Berikuti ini cara memperbaiki TV sanyo CG14CE1 rusak protek :
Seperti biasa, langkah awal dimulai dengan membuka lima buah skrup kemudian melepas tutup belakang. Kemudian mata mulai menyusuri bagian demi bagian modul TV, kali aja ada yang basah atau lembab. Tak luput juga solderan pada rangkaian power supply dan horizontal lalu micom dan vertikal juga ikut dicurigai. Tapi apa boleh buat, semua usaha nihil alias ndak menyelesaikan masalah. TV-nya tetap saja PROTECT. Yang menjadi masalah adalah Flyback-nya ternyata sudah tidak asli, alias sudah pernah diganti oleh bengkel sebelumnya. Ini tentu menambah daftar tersangka tentunya.
Mulailah penyakit pusing, galau dan bingung melanda. Coba cari-cari di google, adanya materi tentang TV SANYO dengan type CG14SP1N. Sementara setelah saya cocokkan Chassisnya ternyata beda. Kalau type CG14SP1N chassisnya AC5C, beda dengan type CG14CE1 yang chassisnya AC6A. namun dari beberapa artikel yang ditemui, dengan jelas menggambarkan bahwa kerusakan proteksi itu sudah lazim ditemui pada TV sanyo.
Setelah tahu permasalahannya, langkah selanjutnya adalah meminta mbah GOOGLE untuk mencari skema TV SANYO type CG14CE1. Ternyata beliau sedang tidak berbaik hati, skema yang diinginkan tak juga didapat dan malah semakin menjadi bingung. Namun ide kemudian muncul begitu saja, bagaimana jika kata kuncinya diganti dengan pencarian skema TV sanyo Chassis AC6A.
Dan jreng, munculah skema TV SANYO Chassis AC6A meski dengan type yang berbeda setidaknya bisa dijadikan referensi. Sekedar diketahui bahwa chassis sama, kemungkinan besar layout PCB-nya juga sama, tinggal optional komponen saja yang beda.
Pada skema sudah dijelaskan tentang protection circuit, yaitu rangkaian pengaman jika ada kesalahan pada power supply, flyback, IC Vertikal dan lainnya. Rangkaian proteksi ini bermuara pada IC 201 pin 23 dengan R830 (1Kohm) sebagai penghubung. Resistor ini termasuk jenis SMD (Surface Mount Device), jadi letaknya ada pada sisi tembaga PCB (Copper-side) bukan pada komponen side. Bagi yang kesulitan mencari, tinggal urutkan saja dari kaki 23 IC 201.
Untuk memperbaiki TV SANYO 14 Inch Type CG14CE1 yang protek tadi, akhirnya saya lepas saja R830 (1Kohm) tadi. Dan begitu TV dinyalakan kembali, tampak tidak ada masalah pada gambar dan suara. kesimpulannya kemungkinan ada perbedaan antara Flyback yang asli dengan flyback pengganti, jadi saat lama tidak dihidupkan (karena banjir tadi) TV jadi ngadat.
Untuk lebih jelas perhatikan letak R830 pada skema berikut ini:
letak-proteksi-tv-sanyo-CG14CE1





2. Kerusakan Protek Tv Sanyo Slim CG21MS22

Dalam mengerjakan servis tv panggilan seperti biasa setiap sebelum dikerjakan sang tuser pasti selalu bertanya pada yang punya, Rusaknya kenapa? atau apa? "Lho kok malah tanya saya" kata yang punya tv sambil gurau.

Begini pak tv ini kadang mau menyala tapi lama sekali dan setelah berulang-ulang tekan saklar power, tapi kalau lagi kumat gak mau nyala, hanya lampunya aja yang nyala.

Saya coba hidupkan, tekan saklar power lampu indikator nyala terang terus redup dan sepertinya tv mau menyala lalu lampu kembali terang / kembali standby.
Kemungkinan tv protek..

Mulai membuka tutup belakang dan perhatikan apakah ada komponen yg mencurigakan misalnya elco gembung atau lainnya.
Kesimpulannya:

  • Test point tegangan normal.
  • Output ic vertikal ada.
  • Pengukuran pin protek saat dinyalakan ternyata hanya terukur 3v yang seharusnya ada terukur 5v.

Mulai membuka satu persatu titik proteknya,

  • Buka protek EHT yaitu dioda D468 dan dzener D476 sensor heater, tv masih protek.
  • Buka Q501 tr protek vertikal IC, tv masih protek.
  • Buka dioda D684 dan D685 sensor tegangan 12v dan 33v, masih protek.
  • Cek R822 pemberi tegangan pin protek ternyata masih bagus sesuai nilainya.

Mulai membingungkan karena tegangan pada pin protek masih drop,
Iseng-iseng coba lepas J803 (jumper pusat proteknya) tv bisa menyala dan terukur pin protek 5v.
Masih berfikir kira-kira apa yang menyebabkan dan menghambat tegangan protek drop.
Setelah dicoba beberapa menit suhu TR horizontal normal, takutnya bila cepat panas mungkin flyback sudah mulai rusak.

Berhubung karena waktu juga dan servis panggilan akhirnya tv dibiarkan tanpa system protek, toh banyak juga tv yang tidak menggunakannya.

Berikut adalah gambar point-point tersebut diatas:



Semoga bermanfaat..






3. KERUSAKAN DEFLEXI PADA TV SANYO FLAT

Kali ini Saya tulis Pengalaman saat memperbaiki tv Sanyo Flat 21 Inchi dengan keluhan gambar menyempit tinggal tampil di tengah sedikit warna tidak singkrun dan tampilan kecil sedikit trapesium sebagaimana terlihat pada gambar.
kerusakan tv sanyo, gambar menyempit, trapesium
Setelah mengetahui gejala kerusakan seperti itu langsung Tv Sanyo Flat ini Tak bongkar dan tak amati fisik dari komponen-komponennya barangkali saja hanya di-sebakan bocornya elco yang biasanya di tandai dengan mengembung bodinya. Dari pengamatan fisik tidak terdapat kejanggalan pada konponen-nya. 

Fileng saya kerusakan Tv Sanyo ini disebabkan deflexi youke-nya mungkin ada yang putus terbakar atau entah kena apa. Untuk memastikan-nya Tv saya nyalakan dan saya amati bagian defleksi yang berbentuk konde yang menempel di belakang tabung crt, namun tidak terjadi reaksi yang janggal seperti keluar asap atau sejenisnya.

Selanjutnya deflexi yoke tak lepas dan tak amat-amati juga sepertinya tidak terjadi kerusakan namun saya tetap curiga kerusakan pada deflexi youke-nya. Untuk meyakinkan dugaan saya deflesi youke saya pasang dengan deflexi jenis biasa dan ternyata benar dugaan saya, Tv Sanyo Flat ini eror pada deflexi-nya. Kini tampilan sudah bisa lebar malah terlalu lebar sedikit bagian verticalnya. Ya iyaalah mas songgo banget juga.. Orang deflexi bukan peruntukannya.

Setelah yakin kerusakan pada deflexi langsung meluncur ke toko sparepat elektronik terdekat dan yang tesedia adalah deflexi untuk tv flat namun tidak sama persis. Ya udah adanya itu saya ambil saja seharga delapan puluh tiga ribu rupiah, kemahalan kagak ya?... Arebarang lah.. entar tinggal minta ganti ama yang punya ini Tv aja pusing amat.

Deflexi telah di dapatkan dan langsung dipasang lengkap dengan gelang puritas warna dan setel puritas untuk mensingkrunkan warna. Setelah warna singkrun dan tamplan warna normal, tinggal menyempurnakan tampilannya saja.

Karena deflexi pengganti tidak sama persis dengan deflexi asli pasti ada saja kekurangannya. Lebar vertical kurang sedikit dan lebar Horisontal terlalu lebar sedikit.

Untuk menambah lebar vertical kudu masuk menu servis. Cari-cari Cara masuk servis mode tv Sanyo ini di blog rekan-rekan eh... ketemulah di blog sumber inspirasi saya membuat blog ini, itulah blog kang Sumaryanto yang punya aisy-romadhona.blogspot.com/ termikasih kang Sumaryanto yang telah meng inspirasi Saya membuat blog ini. Namun sejak saya mengenal blogger sejak itu pula saya folow blog Kang Sumaryanto, Namun entah kenapa sejak saya folow hingga saat saya tulis ini belum pernah update Sekalipun bahkan sampai saat ini saya belum berani komen di Blognya kang Sumaryanto. Pokoknya Terimakasih sebesar besarnya untuk Kang Sumaryanto yang telah mengispirasi Saya dengan karyanya di aisy-romadhona.blogspot.com

Kembali ke pokok bahasan untuk masuk menu servis tv sanyo jenis ini caranya: 
Nyalakan Tv lalu tekan dan tahan tombol MENU pada panel Tv lalu Pencet tombol angka 1 pada remote untuk masuk menu DATA,untuk memilih data yang akan di rubah tekan tombol MUTE untuk DOWN/ke
bawah,atau tombol TIMER untuk UP/keatas, untuk ADJUST gunakan VOLUME -/VOLUME+, setelah selesai mengubah yang di ingini SAVE/EXIT gunakan tombol MENU pada remote/tv atau matikan Tv.

Masalah Kekurangan bagian vertical dari penggantian youke yang kurang sesuai ini selesai dengan mengubah parameter vertical di menu servis, kini tinggal mengurangi kelebaran pada Horisontal, agar tampilan lebih menyempit di kurangi sediki nilai capasitor horisontalnya sehingga tampilan pas tak terlalu lebar. Kini sempurna sudah tampilan tv Sanyo muka datar ini setelah pengantian Deflexi yoke walau tak sama persis pengganti Deflexi youke dengan aslinya.





4. Perbaikan tv sanyo 14" mati protek
 Model AC-A14. Kerusakan ditandai indikator led menyala tapi tv mati total. Biasanya kondisi seperti ini, tv dalam kondisi protek.



Hal-hal yang menyebabkan tv protek diantaranya yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada komponen sensor protek. Komponen sensor protek biasanya menggunakan diode, diode zener, ada juga yang menggunakan transistor. Prinsip kerja protek adalah apabila tegangan yang dikeluarkan komponen sensor protek. Tidak sesuai dengan tegangan yang diharapkan ic micom. Maka ic micom memerintahkan untuk meng off kan semua rangkaian dan memberi tanda indikator led menyala ada juga yang tanda led berkedip. 

Fungsi dari protek ini adalah untuk meminimalisir kerusakan menyebar lebih parah. Kerugiannya bagi tukang servis adalah sulitnya menemukan titik-titik kerusakan, karena tv dalam kondisi mati atau off. Jadi harus melumpuhkan titik sensornya terlebih dahulu supaya tv bisa menyala, tapi harus dikembalikan lagi setelah kerusakan ditemukan. Keuntungannya apabila titik sensor yang rusak ditemukan, disitulah letak komponen atau bagian yang rusak yang perlu dibenahi. Untuk macam atau jenis proteksi tv akan saya posting berikutnya. 

Disini hanya mengulas sedikit berdasarkan pengalaman. Dalam kasus saya ini ditemukan titik sensor tegangan heater drop 3,8 Vac, cek diode sensor ok. Untuk melmpuhkan protektor lepas D468  IN4148, tv bisa on, tapi gambar tidak muncul. Cek B+ 127,5 VDC, horisontal out ic LA76818 ok, transistor horisontal ok, flyback tidak mau nyembur. Akhirnya ganti flyback L40B10602 dengan yang baru, gambar mau muncul, tegangan heater naik 4,5Vac normal. 

Pasang lagi D468, protek lagi. Cek tegangan disini 4,8Vdc kurang. Ganti diode zener 5,1Volt didekat transistor yang ke GND, ganti dengan diode zener 7,4Volt, sudah tidak protek lagi, cek tegangan disini 5,3Vdc normal. Muncul masalah baru, gambar agak kurang lebar kanan-kiri dan B+ terlalu besar 130vdc. Coba set vr B+ turunkan sampai 125Vdc, gambar tampak menciut. Tegangan B+130Vdc ini juga mensuplay tegangan video di RGB, yang biasanya diambilkan dari Flyback. Cek kapasitor resonant dekat transistor horisontal dengan nilai 472/1,6kv. Cek menggunakan capasitance meter nilai turun jadi 462. Karena saya tidak menemukan komponen yang sama, akhirnya saya ganti dengan 362/1,6kv paralel dengan 182/1,6kv, gambar sudah pas, set kembali B+ 125,5Vdc, gambar sudah pas tidak menciut lagi.

Kesimpulan : Penyebab kerusakan tv sanyo 14" mati protek ini disebabkan flyback rusak. Karena flyback mati mengakibatkan tegangan output flyback tidak ada, sehingga mengaktifkan sensor protek yang berakibat tv standby. Setelah flyback diganti, tv masih dalam kondisi protek disebabkan tegangan output yang dihasilkan flyback yang baru tidak sama atau ada selisih tegangan dengan flyback yang lama, sehingga sensor protek aktif kembali karena tegangan yang diharapkan kurang dari tegangan referensi. Solusinya adalah mengganti diode zener 5,1volt menjadi 7,4volt dengan tujuan supaya tegangan referensi naik sesuai yang diharapkan ic micom. Dengan penggantian flyback dan diode zener 7,4volt, tv sudah bisa menyala kembali. Semoga bermanfaat.





5. Tv Sanyo Protek
Pagi pagi ada tetangga kerumah bawa tv merk sanyo. Kata yg punya"Kemarin habis ada petir langsung gak mau hidup".
wujud Tv nya seperti ini:
sanyo-dpnblkng.jpg


Setelah coba dihidupkan, tv standby, pencet tombol channel lampu indikator merah mati tapi tv tidak mau hidup, kemudian lampu nyala merah lagi kembali standby. "Keprotek kali...." kata saya. Ok lah, langsung di bongkar dan seperti ini mesinnya:

mesin-sanyo-dpn.jpg


msn-sanyo-blkng.jpg


Dari cerita pemilik yang awal kerusakan karena ada petir, langsung saya obok obok bagian regulator. Regulator tv ini punya 2 trafo, salah satunya untuk regulator standby kayaknya, satunya lagi utk suply 115v mesin, flyback, dll kayak mesin tv umumnya.
Nah teg dari reg ini yg gak keluar.
Perburuan saya awali dg pengecekan dioda, ok semua. Lanjut ke tr dan ditemukan tr dg nilai A1015 yang short kaki E dan C nya.

tra1015dpn.jpg


tra1015.jpg

Ini biang keroknya, langsung saja diganti baru.
Coba dites, tv dihidupkan dan langsung BYAARRR, gambar dan suara muncul dg normal. Alhamdulillah......, ternyata kerjaan kemriuk juga ( atau lagi beruntung yaaa....) wk wk wk...
Ok dah, semoga bermanfaat untuk anda.






6. Kerusakan pada TV Sanyo Bagian Micom

Merk sanyo semua. kerusakannya yang satu untuk sanyo dynamik CG21SP-OO stnby kadang sempat nyala sebentar dan mati lagi. Tv  ini pergunakan ic micom pake LC863448W. Setelah saya chek, semua tegangan normal gk ada masalah. Tapi setelah.saya coba nyalakan dan aku buka bagian proteknya tv sempat nyala tapi polos disply  ga keluar. Aku tarik kesimpulan untuk ic cromanya ic LA 76818 rusak, dan aku ganti pake yang  baru tapi masih juga keadan polos juga. Setelah aku tanya ame yang punya ternyata tv ini bekas kena masalah dengan petir. dan prediksi aku langsung menuju ke ic micomnya LC863348W, tapi kayanya ic ini susah carinya, kebetulan saya punya ic second sanyo 14 inc dengan micom.LC 863340W dan aku coba pasang dan alhamdulliah tv nyala dan keluar gambar, tapi juga ada masalah suara dan aku lepas ic eepromnya aku isi dengan data ic yang sama. Langsung deh untuk suara normal dan semua ga ada masalah. Lalu aku tutup casing tv dan aku coba nyalakan lalu pencet panel depan eeeeeeee ternyata penel depan acak acakan. Untuk.p+ bener, untk p- berubah jadi v+ dan untuk v+.berubah jadi.v-.dan untuk v- jadi menu, dan untuk menu berubah jadi tombol av. kaya ultramen ajjj. tapi untuk remot kontrol ga ada masalah. dan yang punya tvpun bilang ga apa. karena di remot control normal. itu sobat pengalamanku semoga bernanfaat.
 




7.Tv Sanyo Protek
Tv Sanyo tidak bisa nyala,jadi hanya lampu led indikator saja yang menyala(posisi standby).setelah cukup jelas mendapatkan keluhan kerusakan dari yang punya tv,tv pun siap untuk di operasi(he he he he........kaya dokter aja nih). Oke guy's! it's showtime,pekerjaan pertama aku buka dulu cashing penutup belakang tv dengan melepas 5 buah sekrupnya terlebih dahulu.
               Setelah terbuka,lalu kutarik keluar mesin pcbnya keluar,kemudian ku cek tegangan B+ dulu(posisi dalam keadaan on),dengan multitester digital andalanku,aku cek tegangan B+ normal 115V,tegangan H.out abnormal 0 volt,hmmmm....(gumamku ada apa ini). Lalu kumatikan tv dan aku cek resistansi di masing2 pin kaki flybacknya,pada pin B+ normal tak ada resistan,pada pin ABL juga normal,pada pin AFC juga normal,pada pin H.out ,uupppsss....!menunjukkan resistan 0 ohm pada multitester digitalku,jadi antara pin GND dengan pin H.out flybacknya short,lalu kulepas saja flybacknya dan ku belikan yang baru,oh iiiyaa....type flybacknya L40B10602 dan type tvnya CG14SP1N,
               Untung saja toko elektroniknya deket,untuk daerah Barat dan sekitarnya ada dua toko elektronik yaitu Barokah Elektronik dan Chandra Elektronik,flybacknya aku beli di toko Barokah Elektronik seharga 45rb. Kembali ke pokok permasalahan,flyback baru kudapat dan langsung kupasang,lalu kuhidupkan tv.Bismillah hirohman nirrohim.... mak crrraakkkkk....(suara dari yoke defleksi,bila rangkaian horisontal normal).
              Allhamdulillah tv langsung menyala normal(senangnya hatiku),tiba-tiba mak peeettt....tv langsung terprotek(layar padam,lampu led menyala terang).waduuuuh....apanya lagi nih(gerutuku),kucoba hidupkan lagi tapi terprotek lagi dan terprotek lagi,dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa antara flyback yang asli dengan yang baru aku beli,ada perbedaan kapasitas kondensator internal FBT,sehingga mempengaruhi tegangan output yang di hasilkannya,akhirnya aku putuskan untuk meng"cut"pusat proteksi pda tv ini,yaitu pada R830 senilai 1Kohm,tv pun bisa menyala dengan normal.
              Allhamdulillah ya Allah atas semua petunjukmu Amien! Terima kasih pula buat Bpk.Zic dan Saudara Sarif di Solo Electronik,artikelnya "COOL"guy's!!

Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.


8. Tv sanyo dinamic 21" Tidak ada suara
Tv sanyo dinamic 21" dengan keluhan pemilik tv; gambar bagus tapi bisu alias tidak bersuara meskipun volume disetel posisi maximum. Segera saja aku buka casing tv tersebut ( setelah berdo'a dulu tentunya ), pertama aku cek speker, masih bagus, cek Audio Power Amplifiernya, lho kok masih bagus juga, apanya niiiich?....  coba  solder ulang blok Ic crhoma dan PA, tv coba ku hidupkan lagi ceklik......... walaah masih sama aja, haduh. cek tegangan normal semuanya, apanya nih?. segera aku ambil keputusan  dengan negoisasi dengan si pemilik TV bahwa tv ini sudah masuk kategori rawat inap ( hehe kayak orang sakit aja). trus tv aku bawa pulang ke bengkel.
    ketika malamnya dibengkel sendiri, aku coba lebih detail dalam meneliti pencarian biang keroknya.   1/2 jam belum berhasil, haduh mumet iki sirae,  coba buka internet cari-cari artikel tentang kerusakan yang sejenis , mula-mula aku curiga yang rusak adalah kristal filter 5,5 nya disitu ada 2 coba aku ganti semuanya dapat dari kanibalan,  wee ternyata masih sama juga nih, haduh tinggal ngerokok dulu ah.... Sambil ngerokok cari-cari lagi di internet begitu selesai nulis di kolom pencarian Google klik....., tiba-tiba ops sory( maaf langganan SmartFrend anda telah habis, silahkan isi ulang untuk melanjutkan paket internet aja) karna udah malam  istirahat aja.
    Malam kedua setelah perpanjang paket internet langsung cari- artikel lagi, nah ini dia ketemu artikel yang cocok di Blog HOBBY TEKNIS ELEKTRONIKA,dengan judul artikel SANYO TIDAK ADA SUARA, aku ikuti cara-cara di artikel itu yaitu cut kapasitor kutu yang ke ground di pin 48 icQXXAVB488M, terus cut lagi resistor kutu 10k  di icpin 45 yang ke ground, setelah itu aku jamper input PA ke pin 45 yaitu pin Audio out icQXXAVB488M, coba tv di hidupkan sambil nahan napas, jreng tv bersuara dengan normal, lega rasanya hatiku, sambil senyum tentunya.

9. SANYO DYNAMIC SUARA ERROR
sanyo-CG21LX2-suara-rusak


Kerusakan:
Kasus yang ku alami kali ini adalah Tv Sanyo dengan type CG21LX2 rusak bagian pengatur suara.Suara kadang tidak berbunyi,kadang keras tapi volume tidak berfungsi.

Spesifikasi:
Sanyo Dynamic ini menggunakan IC kroma LA76818 dan ic vertikal LA78040 dan iC pengontrol suara LV1116N.


Perbaikan:
Kecurigaan langsung tertuju kepada ic LV1116N jenis smd bisa di peroleh di dealer Sanyo seharga Rp 26 rb an.
ic-LV1116N


Setelah di pasang tv pun normal kembali dengan suara yang jernih dan yang jelas sudah dapat di atur volumenya...Semoga bermanfaat.



10. TV SANYO CG14SA1 STANDBY
tv-sanyo-cg14sa1-rusak-standby

Kerusakan:
Kasus Tv Sanyo yang kutemui kali ini adalah standby,setiap powe standby di nyalakan lampu led meredup sebentar kemudian menyala terang kembali.Hal ini menandakan bahwa rangkaian horisontal tidak bekerja karena flyback tidak mengeluarkan tegangan tingginya.


Perbaikan:
Langkah pertama yang dilakukan cek semua tegangan terutama B+ semua normal,tapi begitu trafo driver horisontal diukur sama sekali tidak ada tegangan ada sekitar 2 volt.
Setelah dilacak jalurnya masuk ke transistor Q683 (B985) di mana

B : 24 volt
C : 2 volt
E : 24 volt


Basis Q683 mengarah ke Q684 (C1815) dan ternyata transistor short B dan Emitornya langsung saja transistor di ganti tv pun normal kembali .

Semoga bermanfaat

11. TV SANYO 14" STANDBY
Kerusakan:
Tv merk sanyo. "Habis ada petir langsung gak mau hidup" kata yang punya.
Tvnya seperti ini:

 

Setelah coba dihidupkan, tv standby, pencet tombol channel lampu indikator merah mati tapi tv tidak mau hidup, kemudian lampu nyala merah lagi kembali standby. "Keprotek kali...." kata saya.



Perbaikan:
Ok lah, langsung di bongkar dan seperti ini mesinnya:





Dari cerita pemilik yang awal kerusakan karena ada petir, langsung saya obok obok bagian regulator. Regulator tv ini punya 2 trafo, salah satunya untuk regulator standby kayaknya, satunya lagi utk suply 115v mesin, flyback, dll kayak mesin tv umumnya. Nah teg dari reg ini yg gak keluar.

Perburuan saya awali dg pengecekan dioda, ok semua. Lanjut ke tr dan ditemukan tr dg nilai A1015 yang short kaki E dan C nya.





Ini biang keroknya, langsung saja diganti baru.
Coba dites, tv dihidupkan dan langsung BYAARRR, gambar dan suara muncul dg normal. Alhamdulillah......, ternyata kerjaan kemriuk juga ( atau lagi beruntung yaaa....) wk wk wk...

Ok dah, semoga bermanfaat untuk anda.

















sumber:

Comments

  1. tanya gan tv tabung merek sanyo CG14SR10-00.gambar bagus,suara bagus.OSD getar dan bergaris.kira-kira bagian apa yang bermasalah...mohon solusinya gan....

    ReplyDelete
  2. Bos klo tv sanyo model cg21ms22,matot,itu ganti power suply nya yg murah beli di mana yg online,apa btul power suplynya yg hrs di ganti tu,makasih

    ReplyDelete
  3. Permisi gan. Tv saya merk sanyo 21 inch, masalahnya begitu saya tekan tombol power dan kemudian saya tekan tombol program keluar suara keras/volumenya langsung full dan muncul cuma satu siaran yaitu rcti saja kemudian sya tekan lg tombol program keluar lagi suara keras/volume full. Mohon bantuannya gan dan terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Permisi gan. Mau tanya TV saya merk sanyo 21 inch dan apabila saya hidupkan dan kemudian saya tekan tombol program muncul suara keras/volume full dan muncul hanya satu siaran yaitu rcti saja. kemudian saya coba tekan lagi tombol program tetap seperti itu lagi. Padahal sebelumnya normal saja. Mohon bantuannya gan. Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL