Tv Layar Gelap/Redup

1. LAYAR TV LAMA LAMA GELAP
Televisi ketika pertama dinyalakan tampilan gambar dilayar jelas amun setelah beberapa saat dinyalan gambar redup dan gelap. Itulah keluhan tv servisan kali ini. Tv jadul merk Goldstar, jadul banget merekya aja kini ga keluar lagi dah ganti Brand.

Setelah mengetahui gejala kerusakannya layar tv lamalama menjadi Gelap, casing di buka dan solder ulang patrian-patrian komponennya, Saya fikir gejala kerusakan televise lama lama menjadi gelap gini paling jalur di heater kendor munkin resistor atau soket patrianya longgar. Selesei solder ulang patrian komponen-komponen yang terlihat longgar dan rawan kendor tv coba untuk melihat hasilnya.


Tv dinyalakan namun layar tetap redup terlihat gelap gambarnya, selanjutnya kuganti elco 10uf160vol dari output playback untuk RGB dan elco-elco lain di ouput regulator. Setelah pengantian elco-elco, tv dinyalakan namun tampilan di layar yang semula terang lalu meredup dan gelap, masih sama belum mengatasi masahnya.

Pencarian berlanjut pada bagian bagian lainnya. Setelah cek sana sini ketemulah biangkeroknya. Ternyata ada resistor di bagian ABL playback 33kiloOhm putus. Lansung kuganti resistor pada abl dan selesei pengantian tv di coba dan Byak tampilan sedah terang  dan tidak berubah meredup.

Antenna dicolokin atur Scren dan focus, gambar cerah terlihat sempurna. Setelah beberapa saat di coba dan tidak terjadi masalah casing saya pasang kembali dan selesei juga satu kerjaan ini. 




2. tv Akari 14" model IC - 1439R2D gambar redup
tv Akari 14" model IC - 1439R2D dengan keluhan pertama On gambar cerah atau terang beberapa menit kemudian menjadi gelap.
Tanpa pikir panjang cassing aku buka.Seperti biasanya langkah pertama adalah membersihkan debu yg lumayan banyak dengan memakai kwas lembut yg menempel pada mainboard . Setelah selesai aku perhatikan semua komponen pada mesin siapa tahu ada spare part y mencurigakan. Tapi tampaknya baik-baik saja dalam artian secara sekilas tampak semua part tidak ada yg tampak gosong atau terbakar.
Langkah selanjutnya aku cek semua tegangan yg ada, hasilnya semua tegangan normal. Kemudian aku coba putar SCREEN yg ada pada Fly back, ketika aku putar memang layar bisa terang tetapi hanya bebera detik kembali gelap. Itu tandanya SCREEN masih oke.
Sambil garuk-garuk kepala(padahal tidak gatal) aku berfikir sejenak. Apanya ya? Kemudian ku tancapkan solder sambil membolak-balik mesin. Trus aku solder ulang bagian yg sekiranya ada timah yg retak. Selesai solder ulang Tv aku on-kan reaksinya masih belum berubah. J
Sampai di sini aku belum menyerah. Langsung aku cek baghan ABL pada jalur dari Fly back. Wah ternyata ada R 424 yg nilainya 10K terbakar dan putus. Tanpa ragu akhirnya aku ganti R tsb. Setelah penggantian selesai tv-pun aku hidupkan. Mak byarr. Layar jadi terang dan tak kembali gelap.

Jadi kesimpulanya apabila menemukan tv dengan gejala seperti di atas, cek saja bagian ABLnya. 




3. penyebab raster gelap atau blank 
Yang dimaksud dengan raster gelap atau blank disini ialah kerusakan dengan gejala-gejala sebagai berikut :

  • Raster blank atau gelap
  • OSD tidak muncul
  • Jika tegangan screen dinaikkan,  raster akan menyala disertai dengan garis-garis blangking.
  • Diperiksa tidak ada tegangan pada pin-RGB-out ic video-chroma.


Menurut pengalaman kami hal dapat disebabkan karena bermacam-macam problem. Setiap model belum tentu sama penyebabnya.  Dibawah ini adalah catatan kami tentang problem-problem yang kemungkinan dapat menyebabkan raster blank. 

  • EEPROM rusak atau Data EEPROM korup. Biasanya disertai vertikal yang menyempit
  • Pulsa sinkronisasi vertikal (VS) dari ic vertikal-out ke mikrokontrol  terputus. Dapat disebabkan karena jalur putus atau transistor bufer rusak atau kerusakan bagian Pump-up IC Vertikal-out
  • Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke ic video-chroma. Disebabkan karena jalur pulsa dari pin-AFT flyback putus. Sering dijumpai disebabkan karena printed pada pin-AFT flyback retak.
  • Mikrokontrol belum bekerja. Periksa tegangan suply 5v, x-tal, dan Reset
  • Jalur SDA atau SCL dari mikrokontrol ke ic video chroma terputus atau short
  • Salah adjustment tegangan screen. Biasa terjadi pada teve yang menggunakan sirkit umpan balik IK
  • Tegangan heater kurang. Dapat terjadi pada teve yang menggunakan sirkit umpan balik IK.
  • Jalur sirkit umpan balik IK dari  pcb crt-soket ke ic chroma putus atau ada part yang rusak
  • Ada kerusakan part pada pcb CRT soket. Biasa terjadi pada teve yang menggunakan sirkit umpan balik IK
  • Kerusakan IC video-chroma
  • Problem pada sirkit ABL Periksa part-part pada sirkit ABL mulai dari ic chroma sehingga pin-ABL flyback. Dapat disebabkan misalnya karena diode short, resistor putus, atau kapasitor short.
  • Emisi salah satu katode CRT  lemah (sering diketemukan  pada teve yang menggunakan sirkit umpan balik IK seperti SONY dan SAMSUNG)
  • Periksa apakah mikrokontrol mempunyai kontrol "MUTE". Pada saat pindah chanel biasanya raster "dibuat gelap sementara"  oleh tegangan mute. mungkin ada problem pada bagian ini.
  • IC chroma mungkin mempunyai suply tegangan Vcc untuk bagian Video/chroma tersendiri.  Cek tegangan ini.





  • Sharp - tidak ada tewgangan pada pin- AC Detec mikrokontrol. Lacak tegangan yang berasal dari tranfoswitching
  • TA8690 – tidak ada tegangan pada pin-54 atau pin-15.  Periksa komponen pada pin tersebut
  • LA76810/76818 – tidak ada tegangan suply Vcc pada pin-18 atau tidak ada pulsa V Sync dari ic vertikal out ke mikrokontrol
  • TDA8366 – Tidak ada pulsa FBP dari flyback ke pin-39.  Atau pulsa SSC-out dari pin-37 short disebabkan kerusakan ic delay line (TDA4661/4665)


Pengalaman 1.  
Pusing belum juga ketemu penyebabnya karena sudah dicoba dengan mengganti beberapa part. Maka ketika ada pesawat dengan model yang sama, kami kemudian melakukan pemeriksaan bentuk dan tegangan pulsa-pulsa pada ic video-chroma menggunakan osiloskop. Ternyata ada perbedaan besarnya level pulsa FBP dari flyback - dimana pada pesawat yang problem level lebih kecil sedikit. Achirnya setelah diubek problem dapat terselesaikan dengan mengganti tranfo horisontal-drive

Pengalaman 2.

Kami diminta membantu seorang teknisi dengan problem raster gelap. Setelah melakukan pemeriksaan, kami menyangka ic video-chroma yang rusak. Tetapi belum sempat mencoba melepas ic, pandangan kami tertarik pada cara pemasangan part tambahan, yaitu resistor semen utuk menggurangi tarikan awal daya listrik. Resistor tersebut dipasang pada flyback dengan cara di-ikat menggunakan seutas kawat (bindrad) yang dilingkarkan pada inti ferit trafo flyback. Lha .... ini kan menyebabkan flyback seperti di-short-kan. Ikatan kawat kami lepas.... dan pesawat langsung normal.

IKLAN:














sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL