Tv Tidak Bisa Menangkap Siaran


1. Polytron Diva tidak bisa menangkap siaran
Hari ini dapat pasien TV polytron diva. tv ini masih  nyala bagus. AV juga masih berfungsi bagus,baik gambar maupun suara. tapi ketika di pakai menerima siaran tv lewat tuner tidak bisa menangkap siaran. tak satupun stasiun yang nyanthol ketika di program baik pakai auto search maupun manual search. seperti biasa,langkah prtama aku bersihin tuh PCBnya ,kemudian disolder ulang bagian-bagian yang sudah kliatan retak solderannya.setelah proses itu selesai kemudian aku coba nyalakan tvnya, huhhhh...hasilnya masih sprti semula,tak bisa menerima siaran ketika di program. ukur punya ukur, kliatan semua tegangan masih bagus tuch., juga 33volt yang di tuner. kecurigaanku tertuju pada data eepromnya yang dah berubah,tapi bagian mana yang berubah settingnya......yach, coba ganti mamory dulu ach,sapa tahu berhasil. kemudian aku ganti tuch memory, dengan memory biasa dipasaran. tv aku nyalakan,langsung kemenu auto search........yuppppp!!!!! Indosiar....sctv....tran7.. komplit masuk semua.Alhamdulillah berhasil.


2. TV MESIN CHINA MATI SETELAH NYALA TIDAK DAPAT MENERIMA SIARAN
 Dalam posting kali ini coba akan saya Share Pengalamanku Beberapa saat yang lalu, yaitu saat mereparasi tv yang mana mesin dari tv ini telah diganti dengan mesin China, yang mana keluahan dari pemilik tv ini adalah mati total.

Pertama-tama tv saya coba nyalakan, Saya colokin jack pada stopkontak dan ternya memang benar-benar mati total  (yaiyalah wong’ok ra percoyaonan timen heheheh). Lansung tutup casing saya buka dan saya lakukan langkah-lankah sebageimana posting saya yang terdahulu TV DAN MONITOR MATI TOTAL POWER TIDAK KERJA.

Setelah pengecekan saya dapati sekring/fuse putus.  Dan saya lakukan sebageimana posting diatas. Semua bagian-bagian fital saya cek dan tenyata keliahatan seperti normal-normal saja. Mesin kali ini mengunakan ic program LSC863532, dan ic crhoma LA76818.

Karena saya kira semua bagian fital normal-normal saja maka fuse/sikring langsung saja saya ganti dan tvpun saya coba nyalain, saklar posisis on dan jack saya colokin ke stopkontak dan mak Dhush. Fuse/sikring putus kembali.

Ternyata bagian powernya belum normal alias masih bermasalah. Laongsung saja saya cek semua komponen komponen pada power Regulator, namun dari pengecekan dengan tester ohmmeter semua terlihat seperti normal.

Setelah beberapa saat belum ketemu juga masalahnya, coba coba saya lepas komponen yang buat gosing yang namamanya juga belum tau aku. Komponen yang nilai resistansinya bertambah besar apabiala panas yan di gunakan untuk degaussing ini saya lepas dan saya goyang-goyang, kok agak kocak. Walaupun saya tes dengan tester ohometer sepertinya normal tapi saya curiga pada kerusakan komponen ini.

Maka fuse/sikring saya ganti dan tv saya coba nyalakan tanpa degaussing. Saya colokin jack pada stopkontak dan crakh.. fuse/sikring tidak putus dan tv pun sudah mau nyala.

Komponen yang untuk degaussing tadi saya ganti dan tv saya nyalain, ternyata tidak masalah dan atenapun saya pasang. Namun tidak satupun siaran yang ditampilakn. Ooo masih ada lagiu masalahnya yakni:

TV TIDAK DAPAT MENERIMA SIARAN. Yaa ternyata masih adalagi kerusakan lainnya. Saya coba cari otomatis maupun manual tak satupun siaran yang tertangkap.

Maka berlanjut mencari penyebab TV Tidak Dapat Menerima Siaran. Setelah pengecekan sana-sinia maka ketemualah tegagan 5vol tidak dapat sampai pada Ic LA76818 tegangan menghilang saat melalui L102 karena teryata inductor ini dalam keadan putus.

Setelah pengantian komponen tersebut tv saya nyalain dan lansung tak cari siaran dengan auto tuning. Maka satu persatu siaran tertangap dan komplit semuanya. Dan syukur alhamdulillah akhirnya selesei juga.




3. TV CINA TIDAK NANGKAP SIARAN

Tadi sore aku dapat servisan tv china sekaligus 2tv dengan kerusakan yg sama yg 1 gakbisa nangkap siaran tapi ada raster kepyur setelah saya telusuri semua teg ok semua , eh teryata ada teg yg koro si hehehe. ya itu teg 33vl yn drop jadi 18vl yang di sebap kan oleh DZ ny yg shot setelsh pergantian komponen tv saya coba langsung mak byak tv keluar gambar ..alkhand...ulilah .. yang 1 nya lgi nggak bisa menangkap chanel dari beberapa siaran stasiun tv,jadi ketika di lakukan auto search/manual search/fine tuning tv tidak ada chanel yang tertangkap sama sekali,ketika search berlangsung,raster noise salju(red.raster kepyur) nggak ada,yang ada adalah hanya layar hitam gelap dengan OSD dari proses searching saja yang nampak.

TV ini menggunakan IC kroma LA76810A, IC program LC863532C 55P9,IC vertikal LA78040,melihat gejala yang ada nampak jelas kalau rangkaian IF belum bekerja karena di tandai dengan hilangnya raster noise salju/raster kepyur,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di semua Vcc yang masuk ke IC kromanya,antara lain di pin 8=5V,pin 18=8V,pin 25=5V,pin 31=5V,pin 43=5V,naaaaaah di pin 8 inilah si tegangan 5V nya apsen mbuh ngluyur neng di ,setelah saya telusuri eeeeeee......ternyata lagi di palak sama L102 di pintu gerbang Vcc IF nya hehehehe.......setelah saya ganti pemalak tegangan L102 tersebut dengan R 0,47ohm,boleh masuklah tegangan 5V tersebut ke pintu gerbang Vcc IFnya,dan akhirnya setelah TV di ON kan,para chanel siaran tv pun pada nongol semua,hehehehehe.......senangnya hatiku dapet bayaran lagi kikikikikiki...........

SUKSES buat sampean-sampean SEMUA.



4. Kerusakan tidak terima siaran – raster nyala biru saja

 Problem : Teve tidak terima siaran – raster hanya biru saja (dicek lewat AV-in gambar OK)
Problem semacam ini dapat disebabkan 3 macam hal :
  1. Switch TV/AV
  2. Video IF
  3. Tuner

1. Untuk memastikan bahwa switch TV/AV ok, maka caranya adalah sebagai berikut
  • Lakukan auto search
  • Ohm meter pada posisi x1
  • Probe merah tempelkan ke ground
  • Sentuh-sentuh pin-Video out dari bagian VIF dengan probe hitam
  • Raster harus kedip-kedip

2. Untuk meastikan bahwa bagian VIF ok, maka caranya adalah sebagai berikut
  • Lakukan auto-search
  • Raster harus muncul “noise” (semut)
  • Jika pin IF-in dari ic VIF disentuh-sentuh dgn salah satu probe meter – raster harus kedip-kedip kuat
Jika saat auto-search tidak ada noise, maka
  • Cek tegangan Vcc untuk bagian VIF
  • Cek tegangan pada filter IF/RF AGC – cek komponen pada pin ini
  • Cek tegangan pada RF AGC out yang ke tuner – cek komponen pada pin ini
  • Jika tegangan Vcc sudah ada, tetapi tidak ada tegangan pada pin IF/RF AGC filter dan RF AGC out – maka kemungkinan ic VIF rusak.
Saat auto-search sudah ada noise, maka
  • Kerusakan kemungkinan ada pada bagian Pre-amp IF atau pada tuner.
  • Coba open pin-IF out dari tuner (dgn cara disedot solderannya)
  • Sentuh-sentuh input yang menuju ke bagian Pre-amp IF
  • Raster harus tampak sedikit kedip-kedip
Jika tidak kedip, maka
  • Periksa tegangan pada transistor Pre-amp IF,
  • Reriksa sambungan atau kopel anatara pin-IF out ke basis transistor Pre-amp,
  • Atau mungkin SAW filter rusak.

3. Memastikan kerusakan Tuner
  • Pastikan tuner sudah ada tegangan suply Vcc dan tegangan RF AGC
  • Coba open pin-IF out dari tuner (dgn cara disedot solderannya)
  • Lakukan auto-serch
  • Amati noise
  • Sambung kembali pin-IF out menggunakan ujung probe meter – maka noise seharusnya bertambah tajam
  • Jika noise tidak bertambah tajam – maka jelas tuner rusak.
Jika noise dapat bertambah tajam, maka selanjutnya yang diperiksa adalah :
  • Lakukan auto search
  • Sentuh-sentuh antena input dgn obeng (logam)
  • Raster harus kedip-kedip
  • Jika tidak kedip – maka dipastikan tuner rusak
Jika antena disentuh raster sudah kedip, maka selanjutnya yang perlu diperiksa adalah
Tuner jenis VS (voltage synthesizer)
  • Lakukan auto search
  • Periksa apakah tegangan band switch sudah bekerja
  • Periksa apakah tegangan tuning 0 ~ 30v sudah ada
Tuner jenis FS (frequency synthesizer) atau PLL
  • Cek tegangan pada pin SDA-SCL
  • Cek tegangan 30v fixed pada pin yang dekat IF out
  • Lakukan auto-search
  • Cek tegangan 0~30v pada pin VT yang dekat antena input (pada tuner tertentu kadang pin ini kosong)

Catatan :
  • Tuner tidak dapat menangkap siaran
  • Padahal antena input sudah kedip jika disentuh
  • Semua tegangan diperiksa ok
  • Maka hal ini dapat disebabkan karena salah seting pada data service menu


5. TV CHINA TIDAK MENANGKAP SIARAN 
Assalamualaikum.. gimana kabarnya sobat jagad.. monggo ne ada sedikit ulasan mengenail TV china yang tidak dapat nangkap siaran... silahkan di buat referensi ; Berikut ini saya postingkan Trafo Oscialtor Tv untuk Cina yang menggunakan IC jungle La76810 atau LA76818. 
pada tv cina biasanya menggunakan seri 6019 atau 6016, atau menggunakan oscilator tv golstar 389. Lihat pada skema, yang dilingkari Merah adalah jalur penggunaan pada pin 48 dan 49 ic LA76818. Trafo ini saya sering menjumpainya rusak dengan gejala tv tidak menglock siaran tv, yang kebanyakan kita mengira Tuner yang rusak. 


6. TV 21 inch merk Sanken dengan kerusakan “tidak dapat menangkap siaran”

Dalam proses search gelombang tv yang saya lakukan tidak satupun yang tertangkap oleh TV Sanken. Kemudian tindakan selanjutnya saya lakukan perbaikan dengan tahapan sebagai berikut
  • Mengukur tegangan pada kaki tuner, pada tuner dengan type tertentu sudah tertulis pada body tuner nama-nama dari pin tuner. Untuk letaknya persis di atas pin atau kaki tuner, jika tidak ada keterangan nama pin tuner biasanya PCB/board mesin TV sudah ada tulisan dari nama-nama pin tuner tersebut,  Karena syarat-syarat yang diminta oleh tuner harus terpenuhi agar TV dapat menangkap gelombang/siaran tv, maka tindakan yang saya lakukan untuk kali pertama adalah memastikan bahwa tegangan tuner sudah terpenuhi semua. Syarat yang saya maksud itu antara lain tegangan :Setelah dilakukan pengukuran tegangan pada tuner semuanya menunjukkan tegangan yang sesuai dengan ketentuan, artinya tegangan yang diperlukan oleh tuner semuanya normal
    1. Pin/kaki BM atau dapat kita pahami sebagai vcc tuner, kebetulan tv Sanken ini tegangannya 12 volt. Setelah saya ukur dengan multi meter posisi DCV 50, jarum pada multimeter menunjukan nilai 12 berarti vcc untuk tuner tersebut sudah normal
    2. Pin AGC, tegangan AGC ini setiap type tuner tidaklah sama karena sesuai dengan tegangan VCC atau BM pada tuner, apabila BM teganganya 12 volt maka tegangan AGC berkisar antara 5Volt sampai 6.5 volt dan jika tegangan BM 5 volt maka tegangan AGC berkisar antara   3.5 volt sampai 5 Volt
    3. Pin  Band UHF, tegangan UHF juga tergantung atau sesuai dengan tegangan pada BM jika tegangan BM adalah 12 Volt maka tegangan UHF juga 12 Volt
    4. Pin VT, kepanjangan dari VT ini adalah Voltage Tuning kadang ada juga tuner yang tertulis dengan nama TV atau BT,  intinya sama bahwa tegangan ini akan berubah sesuai dengan siaran tv yang diterimanya, misalkan antara tegangan siaran ANTV dengan siaran Metro TV berbeda nilai tegangan di pin VTnya, dan pada saat dilakukan autosearch atau ASM tegangan ini akan berubah dari 1Volt dan bergerak maju sampai menjadi tegangan 33 Volt, dan kembali ke 0 Volt lagi dan naik lagi, ini berulang sampai tiga kali karena gelombang TV ada tiga VL.VHF dan UHF. Bagi pemula silahkan anda lakukan autosearch kemudian anda ukur tegangan VTnya maka jarum multi meter akan bergerak naik,
    5. Dalam proses ASM atau autosearch, pada awalnya pin VL pada tuner yang terdapat tegangannya bersamaan itu OSD atau display pada TV menunjukkan proses VL , kemudian VHF dan berakhir pada gelombang UHF
  • Untuk sementara saya sudah berani menuduh bahwa tunernya sudah rusak karena syarat yang diminta oleh tuner sudah dipenuhi semua dan tuner tetap tidak mau bekerja atau tidak menangkap siaran atau gelombang
  • Ada satu cara lagi yang saya lakukan untuk lebih memastikan tunernya rusak dengan bantuan alat tes tuner bikinan sendiri dan anda dapat membuatnya seperti yang saya miliki dengan cara membaca pada buku bonus panduan service tv yang saya jual. setelah menggunakan alat tes tuner gambarnya bersih dan dapat menerima semua gelombang. Hal ini menunjukkan bahwa mesin TV jalur IF dalam kondisi sehat dan hanya tuner saja yang rusak.
  • Diganti tuner TV kembali normal, andaikata tidak ada suku cadang tuner atau tidak terdapat tuner dengan type yang sama, anda dapat membelinya dengan type yang berbeda tetapi kontruksi pin tunernya sama. dan manakala tetap tidak ada tuner untuk menggantinya, nda dapat memasang tuner dengan type beda dan kontruksi yang berbeda pula tetapi anda harus paham betul kedua dari konstruksi tuner lalu lakukan modifikasi sesuai tempatnya.
  • saya yakin anda bisa he..he.

7. sekedar berbagi ja kerusakan tv nggak dapat siaran
sekedar berbagi info :
masuk mesin tv wansonic
kerusakan tidak terima siaran
Test cari siaran terima siaran lewat aja gak bisa tersimpan
Ganti IC IF tetap lewat siaran
Ganti IC LA 76810A tetap lewat siaran
Ganti Tuner tetep aja lewat

Cek Teg VT SDA SCL 5V 12V AGC ok smua
Cek skema ada line chroma di Micom terhubung dgn line chroma di IC LA
Test AV IN ada gambar gak ada warna
Ganti kristal 4.43
Test AV IN Gambar ok Warna OK
Test cari siaran langsung terima ok gak pake lama lagi
Ternyata penyebab gak terima siaran dari X -tal warna 4.43 yg rusak.
Demikian sekedar info dari saya

8. Penyebab Kerusakan TV TCL Tidak Bisa Menangkap Siaran

televisi TCL 14 inch, tanda-tanda kerusakannya adalah televisi tidak bisa menangkap siaran atau gelombang channel dari pemancar. Jadi kadang-kadang siaran dapat diterima tapi lebih banyak noise dan kabur, padahal antena dan kabel antena yang digunakan tidak ada masalah.

Penyebab kerusakan seperti ini biasanya adalah pada bagian tuner yang bermasalah, langsung saja TV saya buka dan melihat bagian dalam. Karena untuk memastikan semua solderan bagus, saya solder ulang setiap jalur rangkaian yang mencurigakan.

Kemudian setelah beres, semua komponen di cek dan ternyata tidak ada yang rusak dari segi fisik. Setelah yakin, TV dihidupkan lagi, dan ternyata masih sama tidak ada siaran yang dapat ditangkap.

Karena curiga dengan bagian tuner, maka tuner saya lepas. Tapi ketika membuka jalur tuner, ternyata ada jalur rangkaian yang retak, segera saya solder. Jalur tersebut adalah bagian tuner yang menuju ke capasitor dan terus ke IC. Tepatnya pada pin AGC (Automatic Gain Control), dan setelah disolder dan dicoba, ternyata televis dapat berfungsi normal kembali. Semua channel dapat diterima dengan baik. Hmm . . satu kerusakan yang tidak bagitu parah tapi bisa dijadikan pelajaran.

9. TV AKARI "SAKURA"tidak nangkap siaran

Dapat servisan tv merk Akari 14 inch model IC 14m88z
milik mbah parto, masih tetangga sendiri. dengan keluhan tidak bisa menangkap siaran, tampilan layar normal.
Setelah dibuka tutup belakangnya tampak ic program AKARI PTC 80499-01 9945, ic chroma TA8690AN ic vertikal TA 8445K.
Dilihat secara fisik tak ada komponen yang mencurigakan, hasil pengukuran tegangan utama semua normal saja. tegangan pd tuner B+ , tegangan seleksi band ada..

Sy cari2 kaki VT tidak ada, akhirnya sy urut kemana larinya tegangan untuk kontrol frekuensi (VT/BT) 33 V. teryata menuju kaki ic program yang diberi nama kaki TUN melewati beberapa komponen ada R ada TR. dari hasil pengukuran didapati ada komponen R nilai 10k/ 1/8 watt putus.... tus...sehingga berakibat tegangan 33V tidak ada. Saya ganti dengan 10k 1/4 watt.

ikutan kang aisy tampilin gambar.....heheh

saatnya mencoba .....saya auto tuning, alhamdulillah bisa nangkap siaran dengan baik......
Semoga bermanfaat....... salam untuk anda semua .

10. TV CHINA SIARAN MENGHILANG
Kerusakan:
 TV China dengan kasus siaran hilang sering sekali di temui..hal ini di karenakan adanya error pada IC Memori (parameter data ic berubah).

Perbaikan:
Untuk mengatasi kasus ini tidak perlu ganti tuner maupun IC apapun, cukup masuk ke service mode dan cari menu yang ada tulisan Tuner



Rubah parameter tuner menjadi 2 maka jreng siaran akan langsung muncul...semoga bermanfaat


11. TV CINA GAK BISA NAGKAP SIARAN TV
Dapet panggilan service untuk memperbaiki tv china yang nggak bisa menangkap chanel dari beberapa siaran stasiun tv,jadi ketika di lakukan auto search/manual search/fine tuning tv tidak ada chanel yang tertangkap sama sekali,ketika search berlangsung,raster noise salju(red.raster kepyur) nggak ada,yang ada adalah hanya layar hitam gelap dengan OSD dari proses searching saja yang nampak.
TV ini menggunakan IC kroma LA76810A, IC program LC863532C 55P9,IC vertikal LA78040,melihat gejala yang ada nampak jelas kalau rangkaian IF belum bekerja karena di tandai dengan hilangnya raster noise salju/raster kepyur,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di semua Vcc yang masuk ke IC kromanya,antara lain di pin 8=5V,pin 18=8V,pin 25=5V,pin 31=5V,pin 43=5V,naaaaaah di pin 8 inilah si tegangan 5V nya absen nggak tahu lagi keluyuran kemana,setelah saya telusuri eeeeeee......ternyata lagi di palak sama L102 di pintu gerbang Vcc IF nya hehehehe.......setelah saya ganti pemalak tegangan L102 tersebut dengan R 0,47ohm,boleh masuklah tegangan 5V tersebut ke pintu gerbang Vcc IFnya,dan akhirnya setelah TV di ON kan,para chanel siaran tv pun pada bermunculan semua,hehehehehe.......senangnya hatiku dapet bayaran lagi kikikikikiki...........
SUKSES buat sampean-sampean SEMUA.................

IKLAN:

















sumber:
mdstv.blogspot.com
donggupit.blogspot.com
hobbytehkniselektronika.blogspot.com
marsonotv.blogspot.com
sinauon-line.blogspot.com
panduanservicetv.wordpress.com
3salman.blogspot.com
www.sisilain.net
nugroho-elektronik.blogspot.com
gbrelektronik.blogspot.com
hereyah.blogspot.co.id

Comments

  1. kak mau tanya kalau tv sanyo bisa namgkap sinyal tv semua bersih juga gambarnya, tapi yang gak bisa cuma antv tok, itu kenapa ya kak? dan bagaimana solusinya. terimakasih kak mohon bantuanya

    ReplyDelete
  2. tv toshiba 21" gambar biru g ada raster mohon solusinya

    ReplyDelete
  3. Tv nagoya, semula semua siaran tertangkap. Tapi tiba-tiba​ siaran menghilang cuma nyisa Chanel net doang, itu kenapa ya dan solusinya gmna ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL