Ic Vertikal Tv China Rusak Terus

1. ic vertikal panas sekali tv china
ini adalah pengalaman kesekian kalinya bagi penulis ketika ada servisan tv china. kemaren sih ane dapat garapan tv china merk plasma 21" flat dengan kerusakan vertikal dengan penampakan satu garis horizontal. langsung aja kap ane buka trus mesin dibalik tuk ngecek solderan yang uda ga layak di blok vertikal, dilihat lihat ga da masalah. malahan masih solderan baru kayaknya ic vertikal la 78040 sama tr hor baru di ganti. coba mesin dibalik lagi mungkin ada komponen yg mencurigakan secara fisik, ada sih tapi kok elco 22uf 250v yg mengelembung. cek lainnya dulu, coba periksa defleksi. na di sini kelihatan soderan kabel ke defleksi sudah tidak rapi lagi sudah ada sambungan yg kurang layak. langsung aja kita rapikan dan solder ulang lagi tapi eh kawat defleksi susah di solder , timahnya gak mau nempel welhadalah tv china, kawat defleksi aja pakai kawat email palsu?<kawat almunium disepuh spti tembaga> ampundeh. whatever lah lanjut aja pelan2 pokoke nyambung. setelah urusan defleksi slesai, trus dilanjut ganti elko 250v diatas(adanya elko bekas sekarang, pasang ajalah) . tinggal nyoba nyalakan lg tvnya, makbyar  nyala normal. waktunya istirahat nyantai dulu. biar ga keliatan berantakan tv tak tutup dulu trus dicoba beberapa jam. ee yang punya tv tlp menanyakan tv nya ude beres belum?  karena uda keliatan ok ya ane bilang ud , trus diambil ma yg punya.
besoknya  tiba2 yg punya tv datang lagi n bawa tvnya lagi katanya tv nya rusak lagi katanya sekarang mati total. tv  bongkar lg setelah cek sana sini ketemu tr hor konslet. geser ke toko bentar ambil tr hor d2499 pulang lsg pasang itu tr setelah dicoba, tv nyala tapi gambar cacat miring2. lha ini elkonya yg ga beres minta yg baru. setelah ganti elko 22uf 250v tv normal lagi tapi weit tunggu dulu. cek tr hor dulu panasnya gimana teryata panas sekali. pantesan cepat rusak. klo gini ceritanya artinya perjuangan masih baru di mulai. akhirnya satu persatu usaha kita lakukan tuk mengurangi panas tr hor mulai kopel c di kolektor tr hor dg c 2,2nf 1600v tetepi hasilnya masih tetap panas. trus mengurangi tegangan b+ tetapi masih tetep aj. pijit2 dahi (sambil mikir mas) . karena tv china alminium pendingi tr hor dan ic vertikal satu pendingin jadi mikir sebenarnya yang panas manasih? coba ae pendingin tak potong sma gergaji. setelah di pasang ternyata yang panas ga ketulungan ic vertikalnya. sedangkan tr hot anget2 aj. jadi ingat pengalaman yg dulu2. karena ic vertikal yg terlalu panas tak ganti semua komponen di sekitar ic vertikal tetapi  masih tetap panas juga, ic vertikalpun  tak ganti 3 kali masih tetap juga. akhirnya sampai juga kita pd kesimpulan akhir penyebab ic vertikal terlalu panas(overheat) pada tv china adalah ic vertikal terbebani spul defleksi vertikal yang ud loyo atau mungkin ada konslet di dalam gulungan defleksi. dengan situasi tersebut akhirnya kesimpulan solusinya adalah: ptong dan pisah pendingin hor dg pendingin vertikal kalo perlu tambah pendingin vertikal atau yg lebih bagus lagi ganti defleksi vertikal.
setelah pendingin vertikal di potong dan di tambah. tv ane tutup dan di coba 12 jam nonstop tv masih aman2 aj  waktunya panggil pemiliknya. trimakasih  agan2 ud mau baca coretan ane. mudah2an bisa jadi sedikit pencerahan buat agan.
nb: masalah yg keliatan sama belum tentu sama solusinya. 

sumber: http://alisaidmurah.blogspot.com/2014/10/ic-vertikal-panas-sekali-tv-china.html


2. TV CHINA IC VERTICAL SELALU MELETUP 


Satu perkara yang kita temuai pada tv china tak kira apa jenama pun ic vertikal short bila ditukar baru short lagi dan begitulah seterusnya.Permasalah ini selalu aku temui baru sekarang aku temui puncanya.Siang tadi aku baiki tv china berjenama Akra ic vertikalnya hancur,aku naik bingung mengapa sampai begitu sekali padahal voltej regulatornya tak lebih (lonjakkan) aku ganti yang baru dan aku try semuanya okey jer aku tengok tapi aku waspada dan tiba-tiba aku tengok ada perubahan pada screen tv sekejap membesar dan normal,aku periksa regulatornya memang tak stable adakalanya menjangkau 140v terkejut aku...patut pun ic vertical boleh pecah dan punca utamanya ialah transistor A1015 dekat dengan opto dan terus aku ganti.Setiap kali berjumpa masalah seperti ini aku syorkan ganti transistor tersebut walaupun tak rosak.



sumber: http://magnetikelektronikandcomputer.blogspot.com/2011/02/tv-china-ic-vertical-selalu-meletup.html


3. TV Tabung Wcom Ic Vertikal Rusak Terus





Baca juga:




Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL