Tv Mati Total

1. Cara Servise Tv Mati Total Atau Matot
 Kerusakan televisi matot alias mati total mungkin bahkan sering kita jumpai dalam memperbaiki tv rusak, banyak faktor yang bisa membuat tv tersebut mengalami kerusakan mati total, salah satu faktornya adalah tidak stabilnya tegangan dari listrik rumah kita atau listrik PLN.

Saya akan berbagi pengalaman untuk memperbaiki televisi ( tv ) mati total. Sebelum saya mulai langkah perbaikan biasanya saya tanya dulu kepada pemilik televisi tersebut bagaimana gejalanya, karena dari informasi dari pemilik tv tersebut kita bisa memprediksi kerusakan tv tersebut, namun informasi tersebut bukan titik dari masalah kerusakanya kita harus tetap memeriksa di mana letak kerusakanya.

Langsung saja langkah-langkahnya sebagai berikut untuk pertama buka cover atau tutup bagian belakang televisi kemudian bersihkan debu dalam televisi agar kita bisa nyaman dalam memperbaikinya, setelah selesai kita bersihkan kita cek kabel yang menghubungkan tv ke listrik lalu kita lihat dan cek sekering di PCB tv tersebut pastikan dalam keadaan baik.

Bila di antara kabel dan sekering tidak ada masalah teruskan dengan mengecek 4 dioda atau kiprok, lalu cek capasitor ( ELCO ) power supply yang biasanya berukuran 200 uf/400v dengan Avo Meter jika terjadi hubungan singkat atau konslet ini biasanya disebabkan transistor ( TR ) power supply nya sort/rusak , ganti TR dengan yang baru, sudah kita ganti transistor ternyata kita coba tegangan +115 Voltnya juga belum keluar..!!! aaahh.....apa lagi nih yang harus dicek?



Ok kita lanjutkan pengecekan ke resistor, capasitor, transistor, diode, optocopler sampai variabel resistor pastikan semua dalam keadaan baik dan tidak ada gejala kerusakan, tapi tetap belum bisa mengeluarkan tegangan +115volt cari B+ flyback lepas atau putus dulu tegangan B+ tersebut ukur dengan avo meter skala di 200 vdc nyalakan tv tersebut sambil kita cek tegangannya bila keluar 110-115v maka langkah selanjutnya kita cek bagian horizontal lepas dan ukur transistor harizontalnnya dengan avo meter dalam posisi ohm.


Tempelkan kabel hitam ke kaki tengah transistor dan yang merah ke 2 kaki yang lainya dan begitu sebaliknya jika tronsistor tersebut normal maka hasil pengukurannya searah saja bila didapati 2 arah terhubung singkat transistor tersebut sort / rusak maka ganti dengan yang baru dan pasang kembali transistor horizontal tersebut. maka tv pun akan kembali ngejreng lagi.

Kerusakan dari bagian horizontal tersebut kadang juga ditandai lampu led stand-by menyala tapi tv tidak mau di star. Sudah di ganti transistor horizontal namun belum juga nyala berarti masih ada komponen lain yang mengalami kerusakan.

Banyak faktor yang menyebabkan televisi memngalami kerusakan mati total/matot.

1. REGULATOR/power suplay.

2. HORIZONTAL.

3. OSCILATOR.

4. PROGRAM.

Lanjutkan pengecekan ke bagian oscilator dan juga ke ic program, teliti dengan benar serta cek yang akurat setiap komponen di bagian tersebut.

Hal-hal yang harus kita perhatikan dalam memperbaiki televisi.

1. Bagian regulator dalam memperbaiki televisi kita harus memantau terus tegangan dari regulator, jika terjadi over ini bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal bahkan bisa merusak IC yang ada di rangkaian / PCB televisi tersebut.

2. Solder ulang pcb telvisi tersebut ini bertujuan agar solderan yang sebelumnya retak bisa terhubung lagi dengan kaki-kaki komponen televisi.

3. Di waktu kita memperbaiki televisi jangan sampai kaki kita menempel pada tanah atau lantai,dan usahakan memakai sepatu/sandal.

4. Jangan menyentuh bagian tegangan tinggi/ area HOT pada pcb televisi.

Demikian pengalaman dari saya semoga share saya kali ini bisa membantu anda dalam mencari solusi kesulitan untuk memperbaiki televisi anda.



2. tv china changhong "14" Matot
tv china changhong "14" keluhan atau kerusakan mati total alias matot. Langsung deh cover ( tutup belakang ) televisi saya buka setelah selesai saya buka ternyata kotoran atau debu nya  begitu banyak jadinya bersih-bersih dulu deeh....tapi gak apa-apa sekalian olah raga..hehehee.


Pcb televisi sudah selesai saya bersihkan dengan kuas langkah selanjutnya saya cek lebih dulu untuk kabel juga sekering televisi tersebut, dan ternyata sekeringnya putus. Kemudian saya cek elco 100uf/400v pada bagian power supply dengan Avo Meter switch pada 1x ohm jarum Avo Meter langsung bergerak penuh / mentok wah ada yang gak beres nih sama power supplynya.
  

DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM


Dengan melihat pengecekan elco menunjukan elco dalam keadaan konslet / hubungan singkat mata saya pun langsuk berbelok arah pada transistor power supply karena biasanya kerusakan dari power supply ini di karenakan transistornya rusak / jebol, stik Avo Meter saya arahkan ke kaki transistor power supply dan ternyata benar transistor power supply tersebut memang rusak / jebol.

Secara cepat saya lepas / copot  transistor power supply yang sudah mati / rusak dan langsung saya ganti dengan transistor yang baru dengan tipe dan nomor seri yang sama dengan transistor yang rusak tadi, transistor power supply telah saya ganti begitu juga untuk sekering sudah saya ganti.

Memastikan dengan cermat solderan tidak ada yang hubungan singkat / konslet kemudian saya putus dulu untuk tegangan B+ flyback lalu saya coba nyalakan televisi tersebut sambil saya nyalakan saya cek juga tegangan output / tegangan keluar semua ok tapi untuk tegangan 115v cuma keluar 30v,heemm...ada yang gak beres lagi niih,,,

Lalu televisi saya matikan lagi kemudian saya cek elco tegangan 115v yaitu 100uf/160v setelah saya cek elco tersebut sedikit rusak cuma dikit siih tapi dari pada nanti berabe dapat  masalah lagi saya ganti saja dengan elco yang baru dengan kondisi yang bagus saya juga cek untuk dioda pada tegangan 115v dioda tersebut mengalami rusak total. Untuk gambar dioda juga elco 100uf/160v bisa lihat gambar di bawah : 

DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM


Tanpa pikir panjang lagi dioda langsung saya cabut dan menggatinya dengan yang baru, ok dioda dan elco sudah saya ganti, sekarang watuknya mencoba tv tersebut saya nyalakan kembali dan mak joss...!!! Tegangan 115v sudah normal kembali tegangan B+ flyback pun saya sambungkan kembali, televisi china changhong kembali normal seperti sedia kala,aaahh...lega rasanya. Sekian pembahasan dan pengalaman tentang Memperbaiki Televisi China Mati Total-Matot. Semoga bermanfaat.



3. TV Sharp 20u25 Mati Total

Spesifikasi:
Tv ini menggunakan ic tunggal tda 9381 PS, regulator strf6654, vertikal TDA8357, Horisontal D2586, Audio TDA 7056A, FBT F0194 PEN1-SA, memori 24c04.

Kerusakan:
Datang dalam kondisi Matot ( mati total ).

Langkah perbaikan:
1. Buka tutup belakang dengan membuka beberapa baut.
2. Buang muatan yang mungkin masih tersisa di tabung dengan menshortkan ke ground tabung dengan kabel  multi tester.
3. Lepas mesin dengan mencabut kabel-kabel yang menempel.
4. Membersihkan debu yang menempel di board menggunakan kuas dan peniup debu.
5. Cek visual komponen-komponen dari kemungkinan kerusakan yang tampak, didapati C756 dalam kondisi melembung.
6. Cek bagian regulator, karena tv dalam kondisi matot berarti regulator belum bekerja, ditemukan R725 bernilai 560K dalam kondisi putus.
7. Lakukan penggantian komponen & resolder di titik-titik yang rawan retak karena panas.
8. Running test, tv nyala dengan normal.
9. Pasang kembali tutup belakang tv.
10. Buat nota.
mudah-mudahan berguna bagi semua pembaca.

4. TV TABUNG LG PEARL BLACK 21 INCH MATI TOTAL HANYA TERDENGAR BUNYI "TIK TOK TIK TOK"



5. TV TABUNG POLYTRON MINIMAX 14 INCH MATI TOTAL



















sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL