Tv Sanyo Protek

1. TV Sanyo CG14CE1 Proteksi

Merk TV nya adalah SANYO 14 Inch CRT dengan type CG14CE1. Kerusakan TV-nya adalah saat ditekan tombol POWER utama lalu ditekan tombol POWER pada REMOTE, TV kemudian hidup sesaat lalu mati lagi. Coba dihidupkan pakai tombol CH+ yang ada di TV juga sama saja. Kalo istilah kerennya TV tersebut PROTECT, jadi ndak mau hidup.
Berikuti ini cara memperbaiki TV sanyo CG14CE1 rusak protek :
Seperti biasa, langkah awal dimulai dengan membuka lima buah skrup kemudian melepas tutup belakang. Kemudian mata mulai menyusuri bagian demi bagian modul TV, kali aja ada yang basah atau lembab. Tak luput juga solderan pada rangkaian power supply dan horizontal lalu micom dan vertikal juga ikut dicurigai. Tapi apa boleh buat, semua usaha nihil alias ndak menyelesaikan masalah. TV-nya tetap saja PROTECT. Yang menjadi masalah adalah Flyback-nya ternyata sudah tidak asli, alias sudah pernah diganti oleh bengkel sebelumnya. Ini tentu menambah daftar tersangka tentunya.
Mulailah penyakit pusing, galau dan bingung melanda. Coba cari-cari di google, adanya materi tentang TV SANYO dengan type CG14SP1N. Sementara setelah saya cocokkan Chassisnya ternyata beda. Kalau type CG14SP1N chassisnya AC5C, beda dengan type CG14CE1 yang chassisnya AC6A. namun dari beberapa artikel yang ditemui, dengan jelas menggambarkan bahwa kerusakan proteksi itu sudah lazim ditemui pada TV sanyo.
Setelah tahu permasalahannya, langkah selanjutnya adalah meminta mbah GOOGLE untuk mencari skema TV SANYO type CG14CE1. Ternyata beliau sedang tidak berbaik hati, skema yang diinginkan tak juga didapat dan malah semakin menjadi bingung. Namun ide kemudian muncul begitu saja, bagaimana jika kata kuncinya diganti dengan pencarian skema TV sanyo Chassis AC6A.
Dan jreng, munculah skema TV SANYO Chassis AC6A meski dengan type yang berbeda setidaknya bisa dijadikan referensi. Sekedar diketahui bahwa chassis sama, kemungkinan besar layout PCB-nya juga sama, tinggal optional komponen saja yang beda.
Bagi yang mau download SKEMA TV SANYO CHASSIS AC6A ( mirip dengan SKEMA TYPE CG14CE1) bisa di download disini.
Pada skema sudah dijelaskan tentang protection circuit, yaitu rangkaian pengaman jika ada kesalahan pada power supply, flyback, IC Vertikal dan lainnya. Rangkaian proteksi ini bermuara pada IC 201 pin 23 dengan R830 (1Kohm) sebagai penghubung. Resistor ini termasuk jenis SMD (Surface Mount Device), jadi letaknya ada pada sisi tembaga PCB (Copper-side) bukan pada komponen side. Bagi yang kesulitan mencari, tinggal urutkan saja dari kaki 23 IC 201.
Untuk memperbaiki TV SANYO 14 Inch Type CG14CE1 yang protek tadi, akhirnya saya lepas saja R830 (1Kohm) tadi. Dan begitu TV dinyalakan kembali, tampak tidak ada masalah pada gambar dan suara. kesimpulannya kemungkinan ada perbedaan antara Flyback yang asli dengan flyback pengganti, jadi saat lama tidak dihidupkan (karena banjir tadi) TV jadi ngadat.
Untuk lebih jelas perhatikan letak R830 pada skema berikut ini:
letak-proteksi-tv-sanyo-CG14CE1



2. Kerusakan Protek Tv Sanyo Slim CG21MS22

tv ini kadang mau menyala tapi lama sekali dan setelah berulang-ulang tekan saklar power, tapi kalau lagi kumat gak mau nyala, hanya lampunya aja yang nyala.

Saya coba hidupkan, tekan saklar power lampu indikator nyala terang terus redup dan sepertinya tv mau menyala lalu lampu kembali terang / kembali standby.
Kemungkinan tv protek..

Mulai membuka tutup belakang dan perhatikan apakah ada komponen yg mencurigakan misalnya elco gembung atau lainnya.
Kesimpulannya:
  • Test point tegangan normal.
  • Output ic vertikal ada.
  • Pengukuran pin protek saat dinyalakan ternyata hanya terukur 3v yang seharusnya ada terukur 5v.

Mulai membuka satu persatu titik proteknya,
  • Buka protek EHT yaitu dioda D468 dan dzener D476 sensor heater, tv masih protek.
  • Buka Q501 tr protek vertikal IC, tv masih protek.
  • Buka dioda D684 dan D685 sensor tegangan 12v dan 33v, masih protek.
  • Cek R822 pemberi tegangan pin protek ternyata masih bagus sesuai nilainya.

Mulai membingungkan karena tegangan pada pin protek masih drop,
Iseng-iseng coba lepas J803 (jumper pusat proteknya) tv bisa menyala dan terukur pin protek 5v.
Masih berfikir kira-kira apa yang menyebabkan dan menghambat tegangan protek drop.
Setelah dicoba beberapa menit suhu TR horizontal normal, takutnya bila cepat panas mungkin flyback sudah mulai rusak.

Berhubung karena waktu juga dan servis panggilan akhirnya tv dibiarkan tanpa system protek, toh banyak juga tv yang tidak menggunakannya.

Berikut adalah gambar point-point tersebut diatas:


Semoga bermanfaat..




3. tv sanyo 14" mati protek
Perbaikan tv sanyo 14" mati protek. Model AC-A14. Kerusakan ditandai indikator led menyala tapi tv mati total. Biasanya kondisi seperti ini, tv dalam kondisi protek.


Hal-hal yang menyebabkan tv protek diantaranya yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada komponen sensor protek. Komponen sensor protek biasanya menggunakan diode, diode zener, ada juga yang menggunakan transistor. Prinsip kerja protek adalah apabila tegangan yang dikeluarkan komponen sensor protek. Tidak sesuai dengan tegangan yang diharapkan ic micom. Maka ic micom memerintahkan untuk meng off kan semua rangkaian dan memberi tanda indikator led menyala ada juga yang tanda led berkedip. 

Fungsi dari protek ini adalah untuk meminimalisir kerusakan menyebar lebih parah. Kerugiannya bagi tukang servis adalah sulitnya menemukan titik-titik kerusakan, karena tv dalam kondisi mati atau off. Jadi harus melumpuhkan titik sensornya terlebih dahulu supaya tv bisa menyala, tapi harus dikembalikan lagi setelah kerusakan ditemukan. Keuntungannya apabila titik sensor yang rusak ditemukan, disitulah letak komponen atau bagian yang rusak yang perlu dibenahi. Untuk macam atau jenis proteksi tv akan saya posting berikutnya. 

Disini hanya mengulas sedikit berdasarkan pengalaman. Dalam kasus saya ini ditemukan titik sensor tegangan heater drop 3,8 Vac, cek diode sensor ok. Untuk melmpuhkan protektor lepas D468  IN4148, tv bisa on, tapi gambar tidak muncul. Cek B+ 127,5 VDC, horisontal out ic LA76818 ok, transistor horisontal ok, flyback tidak mau nyembur. Akhirnya ganti flyback L40B10602 dengan yang baru, gambar mau muncul, tegangan heater naik 4,5Vac normal. 

Pasang lagi D468, protek lagi. Cek tegangan disini 4,8Vdc kurang. Ganti diode zener 5,1Volt didekat transistor yang ke GND, ganti dengan diode zener 7,4Volt, sudah tidak protek lagi, cek tegangan disini 5,3Vdc normal. Muncul masalah baru, gambar agak kurang lebar kanan-kiri dan B+ terlalu besar 130vdc. Coba set vr B+ turunkan sampai 125Vdc, gambar tampak menciut. Tegangan B+130Vdc ini juga mensuplay tegangan video di RGB, yang biasanya diambilkan dari Flyback. Cek kapasitor resonant dekat transistor horisontal dengan nilai 472/1,6kv. Cek menggunakan capasitance meter nilai turun jadi 462. Karena saya tidak menemukan komponen yang sama, akhirnya saya ganti dengan 362/1,6kv paralel dengan 182/1,6kv, gambar sudah pas, set kembali B+ 125,5Vdc, gambar sudah pas tidak menciut lagi.

Kesimpulan : Penyebab kerusakan tv sanyo 14" mati protek ini disebabkan flyback rusak. Karena flyback mati mengakibatkan tegangan output flyback tidak ada, sehingga mengaktifkan sensor protek yang berakibat tv standby. Setelah flyback diganti, tv masih dalam kondisi protek disebabkan tegangan output yang dihasilkan flyback yang baru tidak sama atau ada selisih tegangan dengan flyback yang lama, sehingga sensor protek aktif kembali karena tegangan yang diharapkan kurang dari tegangan referensi. Solusinya adalah mengganti diode zener 5,1volt menjadi 7,4volt dengan tujuan supaya tegangan referensi naik sesuai yang diharapkan ic micom. Dengan penggantian flyback dan diode zener 7,4volt, tv sudah bisa menyala kembali. Semoga bermanfaat.


4. OPEN PROTEK TELEVISI SANYO CG21MS22
Sistem terprotek ? Hal ini mungkin sedikit membingungkan apabila baru memulai usaha servis elekronik, terkadang pula sampai engak bisa tidur karena terlalu memikirkan jalan keluar supaya kerusakan bisa terselesaikan. Tempo , waktu yang diperlukan supaya kerusakan bisa terselesaikan adalah secepatnya, semakin cepat ya semakin cepat pula bayarannya. Kebalikannya semakin lama proses perbaikan maka poin awal yang terpikir dari klien adalah kepercayaan yang dapat memudar ( dipertanyakan ). Rangkaian elektronik memang mempunyai macam-macam teknik pengaman, kegunaannya adalah meminimalkan dampak kerusakan.

Saya beri satu contoh yang belum lama ini telah saya selesaikan, Televisi Sanyo type CG21MS22 dengan kerusakan ” bila dihidupkan sesaat terlihat lampu indikator berubah warna ( dari merah ke hijau ) dan tak lama kemudian kembali ke warna merah. Kalau saya paksakan berulang-ulang, terlihat ada tampilan dilayar monitor hanya bergaris horizontal. Area Vertikal terlihat yang menjadi penyebab kerusakan ini dan hasil ukur mengukur saya dapatkan tegangan supply sesaat televisi start 27 volt dan tak lama kemudian langsund drop menjadi 10 volt.

Dari hasil ini saya menyimpulkan terjadi protek pada sistem feedback area vertikal out, langkah yang saya ambil untuk memperbaiki adalah dengan melepaskan satu buah transistor SMD yang berada di PCB bagian bawah. Oh iya saya hanya melepaskan kaki Colectornya saja, dua kaki yang lainnya masih menempel di PCB ( Kode Q501 ) . Tampilan gambar biar lebih jelas :

mainboard tv sanyo

Hasil Akhir Alhamdulillah televisi Sanyo telah normal kembali . Sistem penerimaan televisi memang semakin canggih , dan walaupun demikian prinsip kerjanya tetaplah sama seperti teknologi sebelumnya. Pembacaan diagram layout PCB yang menjadi acuan saya untuk menentukan lokasi kerusakan, paling utama adalah area MCU ( sistem control ) bagian ini terkoneksi keberbagai area untuk mendeteksi error yang terjadi saat rangkaain mulai bekerja. Inilah sedikit cerita pengalaman kerja beberapa minggu lalu.










sumber:


Comments

  1. gak asa yang jelas yang si minta pinprte tv aisa yang nongon tv cina .kalo minta tv cina keluar tv setan

    ReplyDelete
  2. Tks gan sangat bermanfaat kebetulan tv sanyo saya rusak nya seperti diatas..mengalami protect abis saya lepas kaki colectornya bisa nyala degh..mantabb gan

    ReplyDelete
  3. Tks gan sangat bermanfaat kebetulan tv sanyo saya rusak nya seperti diatas..mengalami protect abis saya lepas kaki colectornya bisa nyala degh..mantabb gan

    ReplyDelete
  4. misi gan..
    ada punya skematik tv general gt-2103 tah?

    ReplyDelete
  5. Halo master saya punya keluhan tv sanyo cg21ms22 resistor nya golongan di bagian horizontal R466nilainya berapa ya

    ReplyDelete
  6. Maksudnya gosong di Bawah mesin ada angkaR466 nilainya berapa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL