Macam-macam Kerusakan Tv TCL



1. TV TCL Cacat Gambar
Televisi TCL

Kemarin siang mendapatkan satu pasien televisi TCL 14 inch tipe 1497AT dengan jenis kerusakan gambar pada layar cacat/ kadang hanya garis-garis. Untuk melakukan reparasi kerusakan seperti ini, sepertinya tidak begitu rumit. 

Memang televisi merk TCL dengan umur pemakaian sudah lama, banyak yang mengalami masalah atau rusak, biasanya kerusakan terjadi pada daerah tuner sampai dengan flayback. Kalau tv keluaran Cina seperti merk TCL rusak, biasanya dapat diatasi dengan mudah, jika terpaksa pun bisa diganti mesin karena masih ada fasilitas remote service mode yang akan memudahkan kita melakukan pengaturan menu factory.

Saya sendiri pernah beberapa kali menangani televisi merk TCL dan sejenisnya, kerusakan yang dijumpai mulai dari channel siaran yang tidak mau tersimpan, flyback bocor, sampai dengan karusakan mati total. 

Kali ini mendapatkan lagi kerusakan yang lumayan yaitu tampilan gambar kadang cacat seperti ada interferensi dan bahkan kadang hanya ada garis horizontal. Kalau tv di pukul-pukul, maka gambar kadang masih bisa muncul lagi.

Mengetahui gejala tersebut, maka dapat disimpulkan kalau daerah yang bermasalah ada pada blok vertikal yang biasanya mengalami crack atau open solder. Segera saya solder ulang pada bagian-bagian yang sekiranya mengalami panas tinggi, terutama bagian IC vertikal.

Setelah selesai, televisi dihidupkan dan ternyata gambar sudah normal kembali. Tapi ada masalah baru setelah televisi dipasang antena, yaitu tidak dapat menangkap siaran dengan sempurna. Mulanya saya curiga pada bagian tuner, namun ternyata setelah di cek, yang mengalami kerusakan adalah pada socket antena. 







2. Tv TCL Standby
Lagi lagi masalah tv Tcl yang protect stand by tak mau nyala.
kali ini tcl type 2175 as. Gejalanya :
Terkadang mau nyala. Tapi beberapa menit langsung mati stand by. Untuk menghidupkan lagi harus menunggu lama baru bisa dinyalakan. Lalu mati lagi. Dan sejak itu tak mau hidup lagi. (cerita menurut pemilik tv)
Seperti biasanya langsung ambil obeng buka semua sekrup (4buah sekrup besarnya lain dari sekrup tv) dan 2 buah sekrup kecil pada soket rca (audio-video) di belakang.
buka penutupnya , cabut mesin, lepaskan semua soket kabel audio, panel kontrol, dan kabel degauch.
langkah berikutnya bersihkan pcb dengan kuas dan lakukan pemeriksaan tanpa alat. Alias mengamati komponen yang kelihatan terbakar atau cacat. Juga mengamati dengan kaca pembesar titik titik solderan yang retak retak. Terdapat disana sini solderan yang pecah.
langkah selanjutnya membenahi solderan dan setelah pasti solderan ok, langsung tes nyalakan tv. Sebab sering terjadi setelah dilakukan penyolderan ulang tv langsung sehat. Tapi ternyata tv yang satu ini belum juga mau nyala.
maka harus dilakukan pengukuran komponen yang mencurigakan.
Pcb dibalik , bagian bawah menghadap keatas dan nyalakan power. Multi meter sudah siap difungsikan di DC VOLT 250. Colokan hitam menempel di ground crt , colokan merah melacak titik titik output regulator.
1. Pertama terdeteksi tegangan B cuma 50volt. Seharusnya dikisaran 110volt. 2. Output yang lain normal.
tinggal menindak lanjuti penemuan B yang drop. Alhasil menemukan tr horisontal D1877 putus dan sebuah elco 100u/160v tak ada kapasitasnya sama sekali karena kering. Memang kelihatan utuh dan bagus tapi sudah rusak.
Tinggal melakukan penggantian komponen yang rusak tadi dan hasilnya tv langsung kelihatan layarnya banyak semut. Menyala tapi belum dapat siaran karena antena belum terhubung.
selesai sudah kerjaan. Tinggal memasang kembali casingnya.
oh ya. Sekedar pelengkap , tv ini TCL 2175 menggunakan main switch K 2996 , ic vertikal LA 7840.



3. TV TCL PROTEK LAMPU KEDIP-KEDIP

 Dapat lagi TV TCL PROTEK LAMPU KEDIP-KEDIP,tv tcl ini tidak mau start malah lampu standby nya jadi ber kedip2, kata yang punya tv tcl ini asal mula nya gambar nya mengecil atas bawah kurang kira kira 5cm,terus di paksain sampe gambar nya tidak ada,lalu tv di matikan dan ke esokan hari nya di coba kembali  bagus lagi kata nya ! cuma sampe 1/2 jam penyakit nya kambuh lagi dan jadi nya seperti sekarang ya itu cuma lampu kedip kedip alias perotek stelah tombol; power di star "
setelah mendapat info dari empu nya tv tcl ini lalu saya buka casing tv dan mencoba menhidupkan kembali tv nya, sambil mengamati apa yang jadi penyebab nya,terdengar suara playback yang mau nyala se irama dengan lampu bunyi nya cit,,, cit,.... begitulah kira kira!!
rupa nya ini tv tcl mau star namun terhambat atau terprotek,tv saya matikan lau saya melakukan resolder seperti  biasa,di bagian psu dan juga bagian vertikal tentu nya karena saya dengar tv sempat menyempit gambar nya atas dan bawah.lalu di coba kembali di star ternyata belum membuah kan hasil!!
kemudian dilakukan pengukuran vcc ternyata semua nya aman aliass bagus!!! lalu pencarian dilakukan di daerah vertikal ,oh ya tv ini mengunakan IC vertiklal dengan tipe stvxxx dan ic tunggal buat kroma dan program.saya ukur  v out kok tegangan nya tersendat sendat rupa nya ni ivc sudah malas bekerja hehhhe lalu saya cabut dan ambil yang baru sebagai pengganti nya,lalu sya pasng kembali ic tersebut, setelah penggantian pemain selsai lalu saya coba kembali,dan bray............ gamabr pun namapak ...... cuma duh ada suara tidak enak yang keluar dari kop playbakc yang nempel di body CRT rrupa nya karet nya sudah jelek dan terjadi kebocoran ada percikan api yang menyambar ke bagian dfleksi yoke" uh rupa nya ini penyebab awl nya rusak ic vertikal,lalu saya matikan tv dan mengganti kop playback tersebut!" note*(arus yang ada di kop pplayback harus di buang dulu dengan cara sambungkan seutas kabel ke bagian grond body crt dan ujung nya di ikat kan ke obeng/semacamnya lalu ujung obeng tersebut di masukan kedalam kop playback tersebut dan akan ada percikan apai" karena klo tidak di buang dulu mungkin anda akan kena sngatan arus yang sangat besar walau sekilas cuma pasti kaget hehehhe)l
setelah penggantian kop playback tersebut lalu saya coba kembali dan alhamdulillah tv tcl ini aman aman saja sampe 2 jam saya coba tidak ada lagi perubahan" selsai sudah pen carian ini" jadi inti nya apa bila kop playback sudah bocor harus segera di ganti karena bisa menyebab kan bagian vertikal atau horisontal juga short akibat tegangan tinggi yang menyambar ke defleksi yoke" ok sukup sekian.







4. Kerusakan TV TCL Protek

Ada lagi tv tcl dengan kerusakan protek" ya seperti biasa saya cek bagian bord lalu resolder semua bagian regulator sama horisontal yang saya kira ada solderan yang kuran bagus" lalau saya cba hidupkan ehm.. ternya msh tetep sama openyakit nya seperti semula.
lalu pencarian di barengi pengukuran dari out regulator .... oo.. ternyarta arus yang di dapat cuma 50-70 v " yang seharus nya lebih dari 110v.hem ada apa gerangana?????
bisa jadi transtistor horisonta shot.. aku cba ukur ( kalau bisa di cabut dulu baru di ukur di luar) ternyata bagus" aku cba di hidupkan tanpa transtistor horisontal; masih tetep arus yang menyuplai ke pbc masih 60v lan hala pencarian lalau di mulai lagi kebagian horisontal... (masih tegangan tinggi).
eh ketemu ada dioda yang berhubungan dengan kapasitor yang ke horisontal shot... " lalau aku cabut dan aku ukur lagi eh ternya emang iya shot .lalau akau ganti dan aku coba aku hidupkan kembali ternyata vol yang dari reg menuju pbc langsung bagus"
ok rupanya penyebab protek yaitu dioda tersebut" lalau aku pasang kembali trantistor horisontal nya kembali"
lalau di hidupkan kembali yang nama nya pesawat tv " bray... tv nya mau idup tanapa ada gangguan yang lain"
hem.. lumayan panjang pula pencarian ku" dan mendapat 1 komponen yang lumayan bikin pusing"
key semoga bermanfaat saja bagi yang dapat penyakit yang sama"




5. Problem Bagian Vertikal

Dateng tetangga belakang rumahku,dia di suruh ama bosnya tuk nyari orang supaya bisa dateng kerumah bosnya tuk servic tv bosnya,tanpa pikir panjang saya ambil kunci motor dan langsung tancap gas menuju tkp,sesampainya di sana ternyata tv suaranya ada tetapi gambarnya cuma garis horizontal,(kerusakan di bagian Vertikal) kemudian dengan sedikit membe...ripengertian pada yang empunya tv bahwa di rumah lg banyak job maka akhirnya tv saya bawa pulang,sesampainya di rumah tv aku bongkar,bersihkan debu2 resolder ulang,dan tidak lupa aku catat apa yg di perlukan ,tv ini merk TCL type 2175S ,menggunakan ic tunggal TCL - 8823CRNG5JB3 ,ic memory 24c08wp ,Tr suplay C5586,Tr horizontal D 1555,Ic vetical STV 9302A,Ic suara TDA 7057 AQ ,dengan FBT BSC - 25 0299D,itulah data dari tv nya, kemudian kita lanjutkan pencarian penyebab gambarnya kok gak nongol,karna sudah pasti kerusakan di bagian vertical maka aku ubek2 bagian vertikal,tegangan B+ untuk vertikal masih keluar bagus 24v,elco2 masih kelihatan baru dan tidak ada yang melenceng ,sanggulpun masih bagus,serta ic vertikal masih sehat semua,tegangan osilator vertical juga bagus,akhirnya aku cek dengan avo digitalku,begitu melewati dioda D301 (4001) kok tegangan berkurang dari 24 v menjadi 22v,padahal ketika di ukur dioda kelihatan masih baik2 saja,tanpa pikir panjang langsung saja aku cabut dioda D 301 dan ku ganti dengan yg baru,dan setelah itu aku coba tv tersebut ,wah kok normal ,ternyata biangnya cuma seekor dioda tok to,kemudian tv menjalani tes drive beberapa jam gak masalah,dan bayaran,semoga pengalamnku berguna bagi temen2 jika mendapat tv tcl tipe sama barangkali kerusakan cuma dioda D301 tok  wkkkkkkkkk............semoga bermanfaat  ,salam sukses selalu


6. TCL matot

pekerjaan dengan tv TCL 21 dengan keluhan mati total, namun bila di on standby masuk dalam arti tv tidak mati total namun tv tidak nyala.dimulai dari pengecekan tegangan 2 pada input dan outpot regulator,tegangan pada semua titik normal2saja,tpi fbt gak kerja maknya tv jadi mati,telusur punys telusur dngan alot nya kmudian di ketahui ini di sebab kan karena tv kehilangan tegangan 8v untuk mensuply IC utama 8823,coba di open dulu pin vcc 8v pada ic ternyata tegangan tetap tidak keluar,perburuan kmbali berlanjut, tegangan 8v di duply dari tegngn 12v dari ps utama melewati dan di turun kan oleh regulator ter sendiri berupa 2 buah transistor c1815 sbagai komponen utama pada regulator ini, tida jauh2 ternyata akar masalah nya ya itu pada regulator mini ini yang tida mengeluar kan tegangan 8v,tr c1815 salah satunya mengalami kebocoran antara emiter ke colektor,dengan penggantian tr tersebut tegangan 8v keluar lagi dan tv kemabali nyala normal..................wasalam

IKLAN MENARIK



7. Tv TCL Mati Total
Tentu kita bertanya-tanya bagaimana cara memparbaiki TV yang mati total khususnya pada TCL 21”..
Seminggu yang lalu saya mendapat panggilan  servis,,informasi yang saya dapat dari si pemilik TV ternyata pada waktu hujan dya asik menonton TV,,ehh tiba-tiba ada suara petir,2detik kemudian TV nya mati,MCB pada Kwh meter juga OFF..
Karena penasaran,,dya mencoba untuk menghidupkan Power TV nya ehh tiba-tiba ada suara mirip suara petasan dengan daya ledak rendah yang keluar dari TV juga bersamaan dengan cahaya mirip dengan cahaya pada kamera foto..setelah itu TV mati total...
Jadi pada intinya aliran arus dan tegangan yang masuk pada TV tersebut tidak sebagaimana mestinya atau dengan kata lain tegangan yang masuk pada pada TV tersebut melonjak melebihi 240 volt,,padahal tegangan operasi pada TV sekitar 220-240 volt..

Langkah-langkah mencari dan memperbaiki letak kerusakannya:
1.      Saya langsung pada komponen regulator,ada beberapa komponen yang saya curigai jebol,,seperti dioda bridge,elco 220 mikro 450 volt,transistor driver,dioda zener,transistor converter yang nempel pada heatsink ternyata juga bocor setelah saya ukur dengan multitester,jangan lupa juga sekring harus diganti,,setelah semua komponen yang dicurigai rusak selesai diganti juga semua solderannya diperbaiki kembali,,saya mencoba menghidupkan TV,,eh ternyata TV belum bisa ON..
2.      Ternyata masih ada komponen yang semestinya diganti,,saya coba dengan mencabut transistor A 1015 yang letaknya dekat dengan opto coupler,,setelah diganti,,TV kembali saya hidupkan...wow hasilnya TV bisa beroperasi dengan normal...

8. Tv TCL Keluar Tulisan "50HZ BLOCK"
Kerusakan:
TV TCL standby. Begitu standby di buka (open transistor) tv mau hidup akan tetapi layar hanya muncul warna biru ada tulisan "50HZ BLOCK" semua tombol berfungsi normal bahkan saat di program tapi begitu keluar dari menu akan kembali biru dengan tulisan 50HZ BLOCK.

Perbaikan:
Kerusakan ada pada IC Eprom 24C08 usahakan yang sudah ada isi program untuk TCL,tapi jika tidak mempunyai referensi IC Eprom untuk TCL bisa menggunakan IC Eprom yang masih kosong tunggu sampai tv menyala sendiri dari kondisi standby. Dengan cara kedua biasanya tv bisa hidup tanpa ada keluhan di awal tadi yaitu adanya tulisan 50HZ BLOCK akan tetapi tuner tidak dapat menangkap siaran satupun hal ini karena ada data yang belum sesuai. Mohon maaf saya tidak mempunyai parameter data untuk mengatur ini mungkin rekan-rekan ada yang memiliknya. Kondisi ini dapat di atasi dengan mengganti Tuner (saya telah mencoba menggunakan tuner milik tv sharp wonder atau universe) dan tv pun bisa menangkap siaran dengan normal.
Sekali lagi mohon maaf atas kekurangan dan kurang lengkapnya data artikel ini.

Disamping dengan dua cara di atas dengan cara ketiga bisa di lakukan yakni menggunakan IC Eprom aslinya dengan mengubah setingan OPT di Menu Servis TCL menjadi 00.

9. TCL-2136S...Kacau !!!
Kasusnya begini, stelah Tv barusan nyala tiba2 muncul tulisan ”AUTO SCAN AFTER 3 SEC...”, trus mndadak pindah posisi AV, lalu Colour system berubah menjadi NTSC 358...dst-dst berganti2 ! 5 voltnya sudah terukur dgn baik.
Penyebab kerusakan sperti ini biasanya karena Eprom(24C08) kacau ataupun ada pada tombol2 panel yg berkarat shingga mnyebabkan kebocoran hambatan !!!
Tanpa pikir panjang langsung saya ganti 2 komponen tsb, Tv kuhidupkan....dan gambar bagus, tapi lho.....koq pancet yah, pusing aku, wah apaan nih !!!
Rekan-rekan kira2 pernah gak ngalamin kayak gini ??
Nah, solusinya baca baik2 ;
Open dan ukur jalur Key in, yaitu pin no 3 (Tv ini pakek Single Chip 8821...). Kalo ada tegangan dgn nilai trtentu dan diam artinya IC ini tidak rusak ! Selanjutnya ukur tegangan di semua Resistor pada jalur ini, kalo tidak stabil alias ber-ubah2 berarti ada sbagian ato salah satu resistor tsb ada yg molor ato berubah nilai, ganti aja dan ukur lagi teganganya, pasti beres......!
Okay rekan nyampek sini dulu yahhh....lanjoot kerjaanya !

















sumber:
www.sisilain.net
imam-sa.mywapblog.com
imeldaentertainment.blogspot.com
cahayasejatielectronic.blogspot.com
cekazmedia.blogspot.com
ardhy-reparasielektronika.blogspot.com
gbrelektronik.blogspot.com
hereyah.blogspot.co.id

Comments

  1. Bagian ke lcd kan ad kaya aikring kotak hangus trus ap pnybabnya gan

    ReplyDelete
  2. Gan,pada pnjelasan Nomor 3. tepan pada tulisan "saya ukur v out kok tegangan nya tersendat sendat rupa nya _ ni ivc _ sudah malas bekerja hehhhe lalu saya cabut dan ambil yang baru sebagai pengganti nya,lalu sya pasng kembali ic tersebut, setelah penggantian pemain selsai lalu saya coba kembali,dan bray......."

    mksdnya gmna ya? IC apa kh mksdnya mas, (ni ivc) kurg jelas mksdnya IC apa mas, mhon pncerahannya.

    ReplyDelete
  3. tv sy merk tcl gan,,, gambar redup,, tpi klo pencet tombol menu,, tampilan menunya terang gan,, kira2 kerusakannya dmn ya gan???mksh

    ReplyDelete
  4. gan tv tcl 29 inch sya matot sya mau bljr tv ni mumpung tv sndiri

    apa aja yg msti dipriksa

    ReplyDelete
  5. Gan tv sy tcl ic eeprom'y sy pindah ke tv laen pas sy psng lg jd acak2an bs ga di ganti pke ic kosongan

    ReplyDelete
  6. maaf gan menggangu.saya punya tv tcl 29 inc tabung.gambar nya singkron ke atas .panya ya.gan?🙏🤗

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung