Macam-macam Kerusakan Tv Changhong


1. Tv Changhong Tegangannya Drop
Pagi tadi saya melanjutkan pekerjaan memperbaiki tv merk CHANGHONG yang dari kemarin permasalhan tv ini belom kelar2, tv ini mengalami drop tegangan pada semua tegangan di bagian skunder yaitu B+,24v dan tegangan 18vnya. Mulai dari kemarin tv ini belum selesai permasalan oh ya tv ini dengan model 21BM86 memakai IC chroma TB 1238 AN IC micomnya menggunakan CH 08T0934 tersebut tadi pagi pada hari selasa saya lakukan penggantian elco yang bekerja pada tegangan 24v dengan nomer pcb C825 dengan nilai2200uf/35v diganti dengan elco yang lebih kecil nilainya yaitu 470 uf/35v akhirnya tegangan pada tv bagian skunder langsung bisa naik dan tv bekerja dengan normal, demikian share pengalaman ini saya tuliskan diblog ini semoga bermanfa'at bagi teman-teman.




2. tv CHANGHONG mati standby
tv changhong 14'' warna silver tegangan 5v terpisah memakai travo ac sendiri,untuk suplay tegangan ic program.pertama ane cek tegangan b+ 110v,setelah power di tekan 110v tidak mau keluar tpi lampu merah menyala.mungkin konslet di bagian TR horison/20v dan 24v ada yang konslet ternyata tidak ada yang konslet ane lepas satu persatu.ane ukur tegangan b+ tidak mau keluar. setelah ane lepas jumper b+ ke flayback ternyata b+ ada wahhhh ini brarti flaybacky yang rusak,ane ukur tanpa flayback tegangan ac kluaran trafo osc keluar berarti flaybacky yg rusak/shot ke groud.trus ane ganti flay back ternyata tv menyala normal.





  
3. Tv Changhong Mati Total
TV merk Changhong 29 inch bodi mesin JUC7.820.026-3(7). Regulator terpisah.Kerusakan mati total. Setelah cek tegangan output dari regulator menuju rangkaian horisontal yang semestinya 130 volt, naik hingga hampir 250 volt, tetapi anehnya bergetar atau semi ac/DC, Pelacakan pada rangkaian regulator, ketemu dioda IN 4148 kode VD823 putus dan setelah diganti ternyata tegangan normal.
dan juga tegangan normal tetapi output saat disambung ke unit TV jadi drop hampir total, ternyata flyback konslet ke ground, FBT : BSC 68H-040720-0789.

Kerusakan Vertikal output rendah umumnya keluar 15volt saat tanpa yoke defleksi ditest dan ukur pada pin out ke coil defleksi , ditandai resistor R401A, ternyata IC rusak TDA 8350 Q








sumber:
rmrrepair.blogspot.com
gemblung-swalow.blogspot.com
tenolku.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL