Tv Gambarnya Melipat


1. TV LG 21fu6rg GAMBAR MELIPAT KETENGAH
Ini pertama kalinya saya menulis di blog ini..saya bukan pakar elektronic,saya hanyalah orang awam yang suka otak atik peralatan elektronik, langsung saja ....kemarin ada tetangga yang minta tolong buat benahi tvnya. tv merk LG  21fu6rg dengan keluhan tv protek setiap kali di on. langsung saya buka tu tv, langkah awal saya bersihin casisnya,kemudian aku solder ulang semua komponennya. kemudian 

coba nyalakan tvnya,eeee.....ternyata masih protek.
kemudian aku  lepas D 303 (deoda 4148) untuk memaksa tv ini nyala,dan byarrr!!!!....berhasill!!! sekarang tv dah nyala,tpi gambar melipat ketengah,
dan separoh gambar yang bawah hilang alias gelap.
 mulai. saya cek tegangan 26v dr fbt ternyata bagus, kemudian saya ganti condensator 25v/2200uf, 35v/1000uf setelah itu saya coba nyalakan eee..masih tetap melipat gambarnya. kemudian saya cek semua resistornya, dan sampailah pada resisor (R 305) 12k dekat IC vertical, emmmm...ternyata ini biang keroknya. R ini putus,tanpa fkir panjang saya ganti tuch R nya..dan saya nyalakan....BYARRRRR!!! tv normal..mal..mal.....mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat anda yang membacanya...salam!!!

2. Tv cina gambar bagian bawah kosong / hitam / melipat
 kerusakan bagian vertikal elco copler / elco pada bagian output ic vertikal nilai biasanya besar 1000mikro/35v. Cari elco yang paling besar pada bagian vertikal, sehingga mudah di cari.

Tv cina gambar bagian atas kosong / hitam / melipat , kerusakan biasanya terjadi pada bagian elko tegangan suply vertikal nilai 330-470mikro/35v biasanya dekat dengan trafo acmatic.

3. Cara perbaiki gambar tv sharp layar melipat
 
tv sharp 21 inch.

Tv yang tampak seperti pada gambar diatas mempunyai problem pada tampilan layar, jika tv dihidukan gambar ada colour dan contras bagus, suara ada cukup jernih, cuma pada layar tv gambar bagian atas melipat kurang lebih sepertiga layar pada bagian atas. atau pada tv keluaran baru problem terjadi pada layar bagian bawah.
Lihat gambar diatas untuk tv model lama.

Problem ini awalnya muncul setelah penggantian FBT yang mengalami kerusakan dengan type lain atau dimodif karena keterbatasan suku cadang spare partnya yang ori dan tidak mendapatkanya spare part dengan type yang sama , maka digantilah dengan FBT type lain yang dengan memanfaatkan pin-pin yang sama .
setelah penggantian dan pengetesan tv bisa hidup kembali, namun seperti yang dijelaskan diatas ada problem pada vertikalnya yakni melipat pada layar bagian atas.
coba masuk servise mode adjust v linerity belum membuahkan hasil.
ic vertikal menggunakan AN 15525 coba diganti dengan LA 78045 juga masih sama saja. adjust nilai R506 dan tambahkan R pada C 519 tetap masih sama saja. 

Lalu pengecekan sampai pada R 528 tanpa sengaja melepas R528 kecil mungil dengan maksud tadinya mau diukur nilainya berubah atau tidak, iseng tv saya tes untuk melihat apa pengaruhnya jika R 528 dilepas, e..e..e...apa yang terjadi layar malah tidak melipat lagi. lha kok jadi sendiri nih batinku. Agak geli sendiri sebenarnya, setelah hampir saja dipusingkan dengan problem dan waktu. Tapi ya...sudahlah akhirnya resistor tadi tidak saya pasang lagi. ya juga kenapa harus dipasang kalau dilepas gambarnya malah bagus. akhirnya R528 pun saya open, tanpa mengangkat dari mainboardnya dengan tujuan agar sewaktu-waktu dapat part yang ori bisa dikembalikan lagi.
tidak ada salahnya kalau berfikir begitu walau tv itu bukan milik kita, mempertahakan sesuai aslinya sebisa mungkin dilakukan dan modifikasi merupakan alternaifnya.

Akhirnya modif Fbt pun dapat membuahkan hasil dalam artian tetap dalam pantauan saya seberapa lamanya dapat bertahan. Hal ini dapat menambah pengalaman saya pribadi dalam memperbaiki tv yang problem seperti diatas akibat dari modifikasi.
Namun sampai postingan ini saya publikasikan sudah sebulan lebih ketemu siempunya tv dan iseng-iseng tanya tentang tvnya tersebut, masih oke-oke saja "jawabnya" kebetulan empunya tv teman yang masih sering ketemu.

Mudah-mudahan pengalaman yang menggelikan ini setelah saya publikasikan, sedikit banyaknya ada manfaatnya buat teman seprofesi atau yang menyempatkan mampir diblog saya ini.

kesimpulan;
Tv yang mengalami problem cacat vertikal seperti diatas disebabkan karena mengganti part bukan yang ori (modifikasi).

Catatan:
* Membuat catatan historis untuk tv yang kita modifikasi.
* Data spare part aslinya dan part pengganti untuk modifikasi secara detail jika ada perubahan type, nilai, dll.
* Memonitor hasil modifikasi yang sudah dilakukan, karena hal ini akan bermanfaat dikemudian hari.

Alhamdulillah.....sampai saat ini masih diberikan jalan kemudahan,....kalau rejekinya tak akan kemana.


4. tv DIGITEC 21" gambar melipat dan kalau volume dibesarkan gambar bergetar
Kali ini saya akan share masalah yang saya alami dengan kerusakan tv DIGITEC 21" gambar melipat dan kalau volume dibesarkan gambar bergetar.
Setelah dilakukan pengecekan dan penggantian elco pada bagian vertikal dan melalui proses yang agak lama tidak membawa hasil alias masalh belum terselesaikan.
Problem ini membuat lelah dan pusing karena tv ini aku tangani dirumah orang yang punya tv/service panggilan, akhirnya kecurigaan saya ada pada ground vertikal yaitu ground vertikal dihubungkan melalui heatsink ic vertikal dihubungkan dengan jumper lalu ke resistor/R kemudian ke ic vertikal, tanpa pikir panjang ground langsung aku jumper dengan kabel ke resistor/R yang menuju ic verticalnya, kemudian aku coba nyalakan tv gambar normal aku tambah volumenya sampai mencapai 40 gambar tidak mengalami perubahan, kesimpulannya ground yang menuju ic vertical yang melalui resistor ngefong/kurang konek.
Demikian pengalam saya waktu menangani kasus tv ini semoga bermanfa'at.

5. Tv china gambar melipat atas bawah
Kemarin datang TV jadul yang sudah diganti mesin rakitan China.Dengan trobel gambar tidak linier,  tepi gambar bagian atas dan bawah melipat.  Penanganan pertama aku masuk servis mode, aku adjust vertical linier namun gambar masih tetap melipat atas bawahnya. Lalu kuperiksa semua elco bagian vertical aku temukan C326 yang nilainya 2200/35V yang sudah kering. Setelah pergantian elco tsb TV normal kembali.




6. Cara service TV samsung mati total & gambar melipat kurang penuh
 kali ini akan menjelaskan tentang pengalaman perbaikan pada Televisi Samsung model 14 inch untuk semua tipe chasis KS1A, untuk tipe chasis sendiri mungkin anda sudah pada tau bisa lihat di bagian bawah PCB chasis biasanya di dekat Trafo FBT. Kebetulan untuk TV yang kemarin saya perbaiki adalah model 21 inch.

Gejala pada TV Samsung ini sendiri adalah power off, komponen yang sudah dicoba diganti adalah Tr Power 6810A yang setelah diganti baru ternyata short lagi, kemudian Deflection yoke juga diganti dengan yang baru namun ternyata masih menunjukkan kerusakan yang sama.rupa nya bagian horisontal ada yg gak baik ni " lalu di coba dengan tida memasang /menhubungkan kabel yoke"

Anehnya pada saat TV dinyalakan tetapi dengan kondisi deflection yoke dicabut transistor power tidak putus / short lagi,lalu di lakukan pencarian disekitar yg berhubungan dengan deflection" setelah dicek ternyata kerusakan bukan pada bagian TR power atau deflection yoke melainkan pada capasitor horizontal 680pF 1K2V yang hambatannya sudah berubah walaupun tidak short.*(pernah juga mendapatkan capasitor yang short)

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar, bagian yang ditandai menunjukkan komponen yang saya maksud.

Tentu saja penyebab lain untuk kerusakan sejenis masih banyak, tetapi supaya anda tidak kehabisan stok TR power untuk kerusakan seperti ini saya sarankan anda juga membaca postingan saya yang lain tentang bagai mana mencegah transtistor tida cepat short" dan berikut materi ke2:

cara service tv samsung gambar melipat kurang penuh ,banyak sekali saya mendapat kerusakan tv Samsung  yang gambar nya ngelipet atau tidak penuh , banyak teknisi yang terkecoh menggan ti IC vertical termasuk saya waktu dulu" padahal  teknisi tersebut tidak memeriksa  supply yang satu lagi yaitu 12 volt  nya
IC tersebut memang  ada  2 tegangan  supply yang sering bermasalah yaitu tegangan yang dari FBT lewat resistor  menuju kekaki IC vertical . biasa yang sering putus adalah  resistornya  .( R fuse ) .
Atau  kalau ngelipet bagian atas  ( kurang penuh bagian  atas ) biasanya  elco  47 uF nya yang berubah nilai /menggelembyng".sebelum mengganti ic vertical coba cek dulu semua tegangan yg masuk,apabila sudah ok msh tetep gambar tidak setabil maka langkah terakhir ganti ic tersebut
Oke itu saja dulu  bagaimana dengan anda ….? Anda boleh tulis pengalaman anda  dikolom komentar untuk melengkapi kekurangan dari artikel ini "
Semoga bermanfaat .

7. service Tv akari 14 inch gambar melipat 
Beberapa waktu yang lalu saya mendapat order service Tv akari 14 inch gambar melipat bagian bawah, seperti pada tv merk lainnya biasanya analisa saya mengarah bagian komponen komponn ic vertikal , langsung saja saya matikan tv dan mencabut steker tentunya(hehe), setelah dibuka bagian belakang tv ,langsung lihat pada bagian vertikal, dan setelah dilihat secar fisik ternyata ada beberapa elco yang terlihat menggelembung, langsung saja elco di ganti dengan yang baru, dan mencoba menyalakan kembali pesawat tv, namun ternyata tidak hanya elco yang rusak, setelah di telusuri dan di lacak dengan multi meter baik itu tegangan tegangan yang men supply bagian ic regulator ternyata tegangan tegangan masih normal yaitu 24 V.

Kemudian kecurigaan mengarah ke sebuah dioda silikon yang berada pada sebelh ic vertikal karen terlihat agak gosong, lansgusng saja dioda di lepas dn di ukur dengan multimeter posisi skala ohm meter, ternyata dioda sedikit short, langsung saja diganti dengan dioda yang normal, dan mencoba tv dinyalakan kembali, ternyata tv bisa normla kembali. kemungkinan ini akan berguna bagi anda yang sedang dapat job service Tv akari 14 inch gambar melipat.

8. Tv Polytron Gambar Melipat
kali ini dapat servisan tv polytron lama 14" model DM 1441DAW dengan problem gambar cuma ada sekitar 5 cm di tengah ke bawah dan ke atas hitam wuich gampang pikirku namum setelah melakukan resolder dan reboisasi kapasitor di sekitar ic vertikal hasilnnya nihil sampe sampe ic vertikal TDA 3653 di babat juga tapi tidak juga ada perubahan yang signipikan padahal tegangan untuk ic ini normal. setelah 2 hari bergelut dengan tv ini akhirnya ketemu juga si biang keroknya yaitu resistor R.402 yang bernilai 330k putus jika kita urut jalurnya resistor ini akan nyambung ke kaki ic no 42 (V.R
amp) dari ic gambar TDA 8361




9. TELEVISI TOSHIBA 3429DXE GAMBAR MELIPAT PADA BAGIAN ATAS
Televisi Toshiba jika kita hidupkan gambar yang ditampilkan pada layar monitor bagus untuk bagian bawahnya sedangkan pada bagian atas terlihat melipat. Sedikit tambahan televisi Toshiba ini sudah pernah coba diperbaiki cuma tidak membawakan hasil/ gagal

Model televisi Toshiba :
model-Televisi-Toshiba-3429DXE-300x225
model-Televisi-Toshiba-3429DXE-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Gambar yang melipat hanya pada bagian atas biasa terjadi karena tidak berfungsinya filter tegangan B+ untuk Ic Vertikal, itu untuk kasus umum. Namun untuk kali ini tidak ada dampak positif karena teknisi pertama yang mencoba memperbaiki ini sudah mengganti semua komponen yang terkait seperti IC Vertikal, dan beberapa Capasitor. Kini kita tinggal melanjutkan proses pemeriksaan dan langkah awal yang kita tempuh adalah dengan mencoba merubah parameter V-Size.

Televisi Toshiba ini dilengkapi pengaturan V-size hanya dengan membuka Menu, dan hasil yang kita dapatkan tidak ada perubahan. Dan satu lagi kita coba merubah parameter H-Size disini juga tidak ada hasil, alias sama saja seperti semula. Jadi dari pemeriksaan yang kita lakukan sudah bisa dipastikan kerusakan ada di Ic untuk mengontrol kedua fungsi ini. Ic yang dipergunakan adalah TA8859 dan sebelum kita adakan penggantian kita coba ukur terlebih dahulu jalur control dari Ic Logic. Jalur tersebut ada 2 yaitu data dan clock dan disini dipasangkan resistor 4k7 dan terhubung dengan kaki 9-10 Ic TA8859. Pengukuran kita lakukan untuk kedua resistor dan hasil yang kita dapatkan masih dalam kondisi bagus. Lokasi Ic TA8859 bisa dilihat pada gambar berikut :
Ic-TA8859-televisi-Toshiba-3429DXE-300x225
Ic-TA8859-televisi-Toshiba-3429DXE-300x225

Sekarang kita pasangkan Ic TA8859 dan setelahnya kita coba hidupkan televisi , tunggu sesaat dan hasilnya ? Alhamdulillah lipatan yang ada pada bagian atas kini telah hilang. Televisi Toshiba telah pulih seperti sedia kala,kita tinggal merubah sedikit supaya gambar bisa full hanya dengan membuka Menu > V- Size. Selesai sudah proses perbaikan yang kita lakukan untuk televisi ini,alhamdulillah permasalahan dapat teratasi.

















sumber:
mdstv.blogspot.com
windartoklaten.wordpress.com
zenntronic.blogspot.com
rmrrepair.blogspot.com
wardi-lc.blogspot.com
imeldaentertainment.blogspot.com
servicemanualtv.blogspot.com
vaninurfa.blogspot.com
www.lintas.me

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL