Tv Tidak Bisa Menyimpan Siaran

 

 

1. GOLDSTAR TAK BISA MENYIMPAN PROGRAM

              Sore kemaren datang seorang teman yang juga menjalani profesi sebagai montir elektronik dengan membawa sebuah chasis televisi kepadaku. Kulihat pada chasis televisi tersebut tertancap dua buah ic utama yang bertype LG 8343 sebagai ic programnya sedabgkanyang kedua adalah TA8690 yang digunakan sebagai ic chroma,langsung kutebak ohhhhh ini mesin tv Goldstar ya?.............Lantas kutanyakan kepada temanku tersebut kenapa dibawa kesini?. Menurut temanku tersebut tevenya jika disearching gak bisa menyimpan siaran televisi. Jadi sewaktu diprogram siaran sempat nampak namun nomor chanel tv gak bisa berpindah dang siaran televisi gak ada yang nyangkut sama sekali. Sebagaimana biasanya langsung menuju sasaran jika saya mendapatkan garapan merk Goldstar dengan keluhan yang seperti ini maka yang saya periksa adalah tegangan yang ada pada pin AFT dari IC Programnya,nah disituseharusnya ada teganan sebesar kurang lebih 3volt DC,jika tidak ada bisasnya hal ini disebabkan oleh C2 dg ukuran 104nF yang menghubungkan pin AFT ic tersebut dengan Ground sudah short . Jika di titik ini sudah normal tapi masih belum bisa menyimpan progam juga maka lanjutkan penelusuran yang masih berada di jalur AFT juga,yakni menuju sebuah transistor penguat AFT out put yang dikeluarkan oleh ic chroma,letaknya berada di samping alumunium pendingin penguat audio yaitu sebuah transistor C3198 engan kode board Q 507,ganti saja dengan yang baru.
Namun ternyata masih bandel lagi maka yang kuoprek adalah coil aftnya kali ini tidak kuganti dengan yang baru melainkan dengan mengorek capasitor internal yang ada di dalam bungkus coil aft tersebut,lalu kugantikan dengan sebuah capasitor dengan ukuran47pF dengan cara menyolder langsung pada kedua kaki coil dibalik pcbnya.
 eeeeeeeeh ternyata masih belum bisa nyimpen juga. Karena sudah capek hunting kerusakan dan mata udah pedes maka ulanjutkan dengan besrpekulasi untuk mengganti ic programnya. Naaaaaaah ternyata pekerjaanku kali ini selesai sampai di sini dan tevepun bisa menyimpan siaran lagi sebagi mana mestinya.

Nah dari sini kuambil kesimpulan jika sewaktu waktu menemui garapan bermerk GOLDSTAR dengan keluhan seperti ini maka yang akan kulakukan adalah:
  1. Mengecek tegangan yang ada pada pin AFT ICprogram.
  2. Mengecek trasnsistor penguat AFT Output dari ic chroma
  3. Mengganti coil AFT dg yang baru atau mengganti capasitor iternalnya.
  4. Mengganti ic program jika keadaan teve masih belum dapat menyimpan siaran.
  5. Mengganti ic chroma jika setelah penggantian ic program masih belum bisa nyimpan program ( jika semua langkah tsb diatas sudah dilkasanakan namun teve masih tetap membandel.

2. TV Konka Tidak Bisa Menyimpan Channel Siaran 
Banyak penyebab kerusakan tv yang tidak bisa menyimpan siaran / program saat mode autosearch, jika siaran sudah ditemukan dengan cara manual pas dimatikan kemudian dinyalakan kembali siaran tadi hilang tidak tersimpan dengan baik, saat arus listrik dicabut atau tombol power ditekan display tampilan menu kembali ke menu china bukan english.

TV Tidak Bisa Menyimpan Siaran Channel TV Merek KONKA,beberapa hari yang lalu saya ada job untuk memperbaiki tv yang awalnya mati total akibat sering dipukul, kata sipemilik tv konka itu tvnya sering mati sendiri dan untuk menyalakannya tv harus dipukul bodynya hingga akhirnya tv tersebut benar-benar mati total.

Mendengar kisah rusak tv tersebut saya langsung ambil kesimpulan kalau tvnya rusak akibat adanya solderan yang sudah melebur sehingga komponen tidak tersambung dengan baik, setelah saya mencoba membuka tvnya dan kemudian melihat jalur-jalur yang ada dan memang terlihat ada beberapa solderan yang retak, terutama dibagian power regulator dan di salah satu kaki lilitan yang mengarah ke plyback, saya coba lakukan penyolderan ulang setelah penyolderan ulang selesai saya coba menyalakan tv konka tersebut, memang tv bisa menyala, seperti biasanya saya langsung colok diline Video ke DVD Player sembari uji coba sambil menikmati beberapa film dvd baru, sudah beberapa film action saya tonton saya tidak ragu dan langsung menutup case tv tersebut dan membautnya dengan kesimpulan tvnya sudah baik berdasarkan ciri-ciri awal kerusakan tv tersebut

tvkonka
.

Setelah semuanya ditutup rapi saya coba menyalakan ulang tv konka tersebut, dan colok antena saat menekan tombol menu muncul display text china, sembari meraba-raba untuk merobah kebahasa english ada beberapa keanehan yang terlihat saat menu ditekan tv kembali standbye begitu juga saat saya menekan tombol ch up (ch +) hasilnya juga sama, begitu juga dengan tombol vol + yang membuat saya semakin ribetnya lagi beberapa tombolnya sudah rusak jadi kita harus menggunakan alat bantu untuk dapat menekan switch yang ada didalamnya, sampai akhirnya saya coba search secara otomatis, saat proses search berjalan terlihat ada beberapa siaran tv yang tertangkap tapi begitu semuanya selesai tidak satu channelpun tersimpan.

Kerusakan ternyata pada eepromnya 24C04, begitu ganti dengan yang baru dan flash firmware sendiri dengan membuat rangkaian downloader sederhana akhirnya  tv dapat bekerja dengan normal siaran bisa tersimpan meskipun power dari listrik sudah dilepas.

Sepintas dilihat IC 24C04 dengan 8 pin kemungkinan kerusakan pada ic tersebut sangat kecil ternyata ic yang dikenal dengan ic eeprom mempunyai peranan sangat penting karena semua data awal tersimpan pada ic tersebut saat tv dinyalakan proses pembacaan data yang tersimpan dilakukan oleh ic kecil itu, jadi kalau ic itu rusak kemungkinan, warna, ukuran gambar horizontal vertikal setingan warna dan masih banyak lagi yang lain tersimpan pada ic eeprom tersebut, beberapa tv ada yang menggunakan 24C02,24C04,24C08 berhubung waktu konaksi hampir habis, pada postingan berikutnya saya akan coba posting rangkaian downloader untuk flash ic eeprom tersebut semoga bisa membantu rekan-rekan yang membutuhkannya.



Komponen/Barang Elektronik yang Kamu Cari Mungkin Ada Di Sini >>>

3. Tv LG tidak bisa simpan channel

Satu lagi jenis kerusakan tv yang sempat membuatku puyeng saat belum berhasil menemukan penyakitnya. Tapi begitu aku berhasil menemukan biangkerok nya,perasaan lega bercampur bangga karena bertambah lagi pengalaman yang aku dapatkan.

Tv tersebut adalah merk LG 14” SOUNDMAX (model udah hilang dari box belakang). Bernomor chasis MC-64A,ic program LG8634-17D,dan ic chroma TDA8362D,dengan kerusakan tidak bisa menyimpan program/chanel saat di auto maupun manual search.

Saat di auto search semua chanel tv mau bermunculan,tapi untuk nomor chanel tidak mau berubah,tetap pada posisi program nomor 1. Begitu juga saat di coba manual search,langsung bablas terus tidak mau berhenti,begitu pencarian udah mentok maximal langsung mengulangi dari awal lagi,begitu seterusnya dan tidak mau berhenti.

Cek semua tegangan supply baik di tuner maupun IC croma dan program semua normal.

Setelah banyak belajar tentang kerusakan tuner,bagian if,dan AFT di solder kita dan zaenal electronic akhirnya aku mendapatkan petunjuk,terima kasih buat kang ndowie.



Dengan mengikuti petunjuk yang ada,aku langsung menuju IC program dan aku dapati tegangan di pin AFT (pin 11 ic program) adalah 0 volt alias tak ada tegangan sama sekali waktu di ‘search’. Setelah pemeriksaan lebih lanjut,ketemulah si koruptor tegangangan yaitu C04 senilai 47n (473) dalam keadaan short. Setelah di ganti C yang baru tv pun udah normal kembali saat di auto/manual search. Alhamdulillaah,selesai juga akhirnya.


4. Memperbaiki TV yang tidak bisa menyimpan program /chanel

Sering kita jumpai televisi setelah kita tonton lagsung kita matiin tiba-tiba kita mau nonton kembali harus program ulang karena memory nya tidak bisa menyimpan program/chanel,padahal kalau kita tahu dan iseng-iseng belajar memperbaiki tv sendiri sebelum di bawah ke ahlinya,siapa tahu suatu saat nanti menjadi tukang service handal hanya dari modal iseng.kata pepatah "kita tak tahu sesuatu karena tidak pernah dan tidak ingin pernah untuk mencoba".caranya sederhana saja

1. Buka penutup mesin tv ada 6-8 baut yang ada di sisi-sisinya dengan obeng plus(+) posisi tv dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber arus listrik

2. Buka penutupnya pelan-pelan dengan cara menarik ke belakang,

3. Focuskan pandangan anda pada kotak segiempat yang ada di dekat palyback tv yang terbuat dari seng/stainlesstell,kotak itu di namakan connector,buka sisinya dengan cara mencongkel dengan obeng (-) pelan-pelaan sampai penutup atasnya terbuka.tapi ada juga sebagian tv yang tidak pakai pembungkus stainless dengan kata lain telanjang

4. Ganti dengan yang baru alat yang saya lingkari dan di tunjukkan dengan arah panah merah itu,yang di namakan I.F(saya lupa singkatannya) hrgnya berkisar Rp.5.000~.....apabila mau membeli ke toko sparepart harap di bawah,apabila sudah dapat pasang kembali seperti semula dan tutup dengan arah ke balikan melepas tadi,apabila oke berarti anda menservice dengan modal iseng berhasil,tetapi kalau belum bisa dan hasilnya masih sama berarti ada kerjaan yang lebih menantangd an lebih mahal lagi,yaitu penggantian Tuner TV itu sendiri.eit tapi tidak sekarang pembahasannya,karena perlu waktu dan penelitihan biar hasilnya lebih akurat,tip dan ilmu ini saya kasih cuma-cuma karena sesuai motto saya di atas "


5. Tv Cina tidak bisa menyimpan program di search manual atau auto
Bermula dari keinginan anak-anak ingin mengisi liburan sekolah ke rumah neneknya di Bekasi, sampai di sana sudah ada beberapa tv yang teronggok menunggu di dandanin yang sebenarnya job pamannya anak-anak yang belum sempat di uprek saking kebanjiran kerjaan. Yaah..daripada bengong doang di rumah orangtua mendingan bantuin garap itu tv supaya dapat sekedar rokok mah pasti di kasih laah...
Tersebutlah tv VOTRE 14 Inc dengan gangguan tidak bisa di progam secara Manual maupun Auto apalagi dengan Fine Tuning, awal di nyalakan layar Blueback saja dengan OSD normal hanya saja saat dalam proses pemrogaman nampak raster noise salju terlihat kepyur dan setelah masuk band UHF serta pas di titik frekwensi canel tertentu terlìhat ada getaran gambar tipis yang tidak singkron alias melintir ke kiri dan kanan kemudian menghilang tanpa bekas yang tentunya tidak tersimpan maka jadinya tak ada canel yang tertangkap sama sekali.

TV ini
menggunakan
Ic croma 
LA76810A
Ic program
LC863532
Ic vertikal 
LA78141
Crt bekas Monitor
Di lengkapi sirkit OW
Melihat gejala yang ada jelas sekali kalau rangkaian IF tidak bekerja karena di tandai dengan adanya raster salju tipis dan sangat cerah
Yang agak mengherankan dan jadi salah analisa yaitu adanya layar Bluebak dan saat hendak di scan untuk mencari siaran tiba-tiba dari layar Blueback menjadi raster gelap ataukah memang tv ini tidak bisa scan program ?
Aah...daripada bingung dan menjadi lama gara-gara memikirkan penyebab gangguan tv, mendingan solder dulu seperti biasanya dan sekalian memeriksa elko B+, elko 180v serta ganti elko Vcc 24v & elko Vcc 16v di Out Regulator yang memang sudah kembung.
Onkan tv jreng..jreng.. layar Blueback kemudian buka menu dan masuk ke bagian program maka kembali raster pun gelap, hmm..rupanya tv ini belum mau merespon dari rencana A, lalu cek tegangan ABL, AFC, heater dan RGB yes..normal semua ! 
Cek tegangan B+ pada Tuner ada 5v, Sda & Scl juga 5v , naah..Agc kok cuma 2v yah ? Menurut Analisa Saya (meniru bahasanya Sentilan-Sentilun) biasanya tegangan Agc harus ada 4v.
Penasasan dengan tegangan Agc tuner yang 50% terkorup maka jalur Agc di amputasi tapi tegangan Agc setornya tetap 50% lagi..sambung kembali jalur Agc Tuner yang di potong tadi, mungkin ic croma mau menguji kesabaran pribados nih, beralih ke pengecekan pin Vcc mulai dari pin8 = 5v, pin18 = 8v, pin25 = 5v, pin 31 = 5v, pin 43 = 5v wuiih..sudah tersuply dengan baik !
Rencana B mulai di lancarkan masuk menu program dan Scan otomatis sekalian survei tegangan, ceuck.ceuck..tegangan VT bisa berselancar di band VL, VH, UHF dan Agc pun normal jadi 4v 
Tapi setelah proses Search Auto, kembali tegangan Agc nongkrong di 2v baik di pin Agc tuner maupun di pin4 Ic croma. Gak mau kalah melawan penyakit tv dan tetap menjaga semangat, soalnya amunisi tempur pun lengkap langsung saja ganti Ic LA 78610A dan hasilnya sungguh luar binasa..podo wae kang ! tetap nihiil
Rencana A gagal, rencana B amblas dan sekarang pakai jurus rencana C : ganti Spul Osilator berupa kotak putih type 6019 untuk sementara pakai Search Manual dan langsung mulai start dari band UHF saja supaya dapat dengan cepat mengetahui hasilnya, ternyata betul sekarang sudah ada penampakan semut-semut mulai banyak berkeliaran kesana kemari, gambarpun selayang pandang di iringi warna walau belum bisa tersimpan. Coba tes Search dengan Fine Tuning he..he..si VITRON mulai menunjukan belangnya siaran sudah mau di simpan, untuk memastikan jika tv ini mulai membaik maka tambahkan 2 canel lagi dan kini sudah bisa berdamai.
3 Siaran sudah tersimpan walau dalam posisi Fine Tuning, mungkin butuh suntikan moril supaya bisa di Search Manual maupun Auto maka pribados pasangkan kapasitor keramik 60pf paralel dengan kapasitor Spul Osilator lakukan ulang Search Manual di canel 4 karena canel 1,2 dan 3 sudah ada penghuninya eeeh.. siaran nggak terjaring. 
Kemudian ganti posisi kaki kapasitor 60pf pasang di kapasitor Spul Osilator yang sejajar dengan pin 49 sedangkan kaki yang satunya lagi ke ground, langsung dech Search Manual lagi Ups..siaran bisa di lock dan coba tambah satu siaran lagi di canel 5 Good Job, waktunya uji coba pakai Auto Search karena sudah yakin terbukti bisa di Manualkan maka siaran pun muncul minta di absen satu-satu dan sekarang sudah hadir semua duduk manis di bangkunya masing-masing, matikan tv kemudian hidupkan lagi ha..ha.. si VITRON sudah bisa mentas kembali, secara kebetulan datang pamannya anak-anak serta melihat tv yang sedang beraksi langsung nyengir kuda karena garapan yang belum sempat di apa-apakan sekarang sudah bisa di tonton lagi. 

















sumber:

Comments

  1. Saya dapat servisan tv konka bila d search gelombang ketemu tapi tidak berhenti lewat saja apanya ya gan ...makasih petunjuk nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL