Macam-macam Kerusakan Tv Akira

1. TV AKIRA GAMBAR MENYEMPIT ATAS DAN BAWAH

Kali ini saya kedatangan TV AKIRA model CT21JBP1CP dengan kerusakan gambarnya menyempit atas bawah +/- 9cm. Tv model ini menggunakan IC tunggal 8853 CPNG.


Untuk kerusakan seperti ini analisa saya kerusakan pada blok vertikalnya, untuk memastikan kerusakan tersebut apakah dari parameter setting vertikal ataukah memang kerusakan pada komponennya pada blok vertikalnya, saya coba masuk ke servis mode untuk menyetel tinggi gambarnya. pertama tekan Vol(-) hingga nol kemudian tekan vol(-) di TV dan tahan, tekan display di remot, dan untuk mengatur tinggi gambar pilih menu HIT.

akan tetapi setelah diatur hingga batas maximal pun gambar tidak full, maka diambil keputusan untuk membongkar tv tersebut.Cek semua tegangan normal, kemudian coba ganti semua elco diblok vertikal tetapi tidak membuahkan hasil, cek juga semua resistor di blok vertikal semua ukuran oke dan tidak ada masalah.

Setelah semua saya uprek sampai ke IC 8853 CPNG akhirnya ketemu juga biang keroknya yaitu elco 0,47 mf 50v berada di pin 15, IC 8853 CPNG.



Setelah elco tersebut diganti, kemudian TV dinyalakan terlihat gambarnya sudah penuh atas dan bawah.
Demikianlah untuk postin kali ini, semoga ada manfaatnya untuk rekan rekan pembaca.










2. Tv mati total,lampu indkator tidak menyala


Untuk yang ini biasanya Regulator power suplay short ditandai dengan  putusnya skring utama input arus ac 220 volt . atau bisa juga skring tidak putus tetapi tegangan B+ NOL volt
 


-       -  Cek kondisi FET sebagai switching catu daya, atau biasanya juga ada yang menggunakan STR. biasanya terjadi kebocoran komponen tersebut.

-  Kosongkan kapasitor yang menyimpan muatan 300 Volt dengan cara menshotkan kedua kaki kapasitor tersebut,biasanya itu menimbulkan suara dan percikan bunga api  yang cukup membuat kaget.Apabila kita lagi menyervis tv tersebut di rumah costumer kan kita jadi tidak enak hati bila kita menshotkan (menghubungkan langsung) kedua kaki kapasitor antara positif dan negatif.biasanya saya membuang/mengosongkan muatan arusnya dengan cara cabut solder kita dari arus listrik kemudian shotkan jalur antara kedua kaki kapasitor tersebut yang sesuai dengan jarak cok pada solder tersebut sampai muatannya habis.
-  Jika ada tegangan,  ukur tegangan keluaran dari dioda bridge ke kapasitor, tegangan harus ada sekitar 300V DC, jika tidak ada berarti dioda bridge rusak / putus.   Dioda bridge dapat dites dengan mencopot terlebih dahulu, lalu diukur nilai hambatan pada diode tersebut dengan polaritas pengukuran dibolak balik.

-  Ukur  transistor FET sebagai penguat catu daya, atau bisa dari STR.  Ukur basis harus ada sekitar 0.5-1V AC. Kalau bagus kemungkinan trafo converternya rusak.




3. KERUSAKAN TV AKIRA CT-21EKS1CP GAMBAR MENYEMPIT ATAS BAWA

AKIRA
Beberapa waktu yg lalu dapat servisan TV AKIRA CT-21EKS1CP memakai IC tunggal 8853CPNG dan IC Vertikal STV9026P dengan kerukan gambar menyempit atas bawa.
Langsung saja saya obrak-abrik dimeja kerja, pertama saya cek adalah tegangan vertical teryata tegangan vertikal normal lalu saya menuju pengecekan di semua elco yang ada di blok vertical dan semua elco normal-normal aja, kemudian saya coba masuk ke servis mode untuk menyetel parameter Vertikal zise dengan cara tekan vol (-) hingga nol kemudian vol(-) di TV dan tahan, lalu tekan Qview di remot .
Akan tetapi setelah saya atur parameter V-Zise hingga batas maximal pun gambar tidak full, lalu saya kembalikan parameter V-Zise seperti semula dan keluar dari servis mode terus melangka pengecekan selanjutnya yaitu menyentu-nyentu titik solderan yg berhubungan dengan jalur Vertikal out teryata vertical mau terbuka lalu pikiranku tertuju ke komponen di sekitar IC tunggal (8853CPNG).
Setelah pengecekan komponen satu/satu akhirnya ketemu juga biang keroknya yaitu elco 0,47uf/50v yang nilainya berubah menjadi 1uf yang berada di pin 15 dari IC 8853CPNG yang lebi jelasnya liat gambar dibawa
TV Akira2
TV Akira1
Setelah elco tersebut diganti yang baru dengan nilai yang sama,kemudian TV saya nyalakan terlihat gambar sudah penu atas dan bawah.








4.AKIRA GAMBAR BELANG SEBELAH
Kerusakan:
Tv gambarnya ada belang merah di pinggir sebelah kiri tetapi pada posisi av atau saat muncul blueback warna birunya bersih mulus.. Kebetulan tv bermerek Akira.

Perbaikan:
Pertama saya mengira penyebabnya dari PTC yang rusak ternyata bukan, begitu PTC di ganti ternyata sama saja.

Setelah sekian lama belum ketemu juga iseng saya analisa komponen apa saja yang telah saya ganti... Transistor horizontal adalah komponen yang pertama aku ganti karena memang mati.. Setelah aku cek ternyata itu transistor Regulator, iseng aku ganti dengan Transistor Horizontal ternyata Belang merahnya hilang.

Kesimpulan:
kemungkinan tv memerlukan dioda dumper yang telah ada di dalam transistor Horizontal.
Semoga bermanfaat.


5. AKIRA 21" INDIKATOR REDUP
Kerusakan:
Tv merk akira 21" dengan keluhan awal suara langsung besar dan tidak bisa dikontrol, lalu tidak ada suara sama sekali. Besoknya tv tdk bisa hidup, dan lampu indikator nyala redup.

Berikut penampakan mesinnya:




Perbaikan:
Setelah mesin dibersihkan, dicek kasat mata didapat 2 buah elco suply B+ 100mf/160v bodynya melembung. Langsung ganti dan mesin diresoldering.
Saatnya ujicoba reg. Dg melepas tr hors dan memasang dop 40w di teg B+. Setelah mesin dihidupkan, ternyata teg B+ melonjak jadi 200v lebih. Langsung obok3 reg primer dan didapat 2 buah elco 10mf/50v kering, dan R 39ohm/5w putus.



Setelah penggantian ke3 pemain, teg reg normal lagi 115v.
Karena teg over, menyebabkan ic audio jebol. Setelah diganti, audiopun normal lagi.
Berikut data ic chroma, program, audio, dan seri fbt tv ini:


   

Semoga bermanfaat



















sumber:
jm-





Comments

  1. Kasus n TV sama dgn nmor 3 tp setelah ganti elco 0.47 nf 50v kok gambar kelebihan lebar. mau nyeting tidak ada remote akira, pakai remote multy tp ga berfungsi, tmbol diTV jg error kadang tekan menu malah tv standby. kira2 apanya rusak mas? terima kasih

    ReplyDelete
  2. Untuk TV AKIRA dg IC TUNGGAL 8853CPNG, nomer serie FBT nya bera Ya Ter?

    Klo bisa minta infonya TER , kirim ke 082311131908

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL