Tv Tabung Gambarnya Dominan Warna Tertentu

1.  tv changhong 14 inc model 14D24EA dengan warna dominan merah



warna dominan merah
solder ulang rangkaian R,G,B ini




































Kerusakan tv changhong 14 inc model 14D24EA dengan warna dominan merah. Tentu kalo buat teknisi profesional kerusakan seperti ini hal yang sepele sambil merem aja bisa hehehehe tapi kalo orang awam atau masyarakat pada umumnya banyak sekali yang beranggapan ic warnanya yang rusak. keruksakan ic warna biasanya cuma warna yang tidak keluar bukan dominan warna merah,kerusakan seperti ini diakibatkan dari rangkaian R,G,B yang letaknya nempel di layar rusak biasanya resistor atau Trnya yang rusak apalagi kerusakan dominan salah satu warna kadang kadang misalkan tv baru dihidupkan warnanya merah kemudian normal kembali. Untuk mengatasinya solder ulang tiap titik soderan di rangkaian R,G,B dengan hati hati dan pastikan tidak ada yang nempel sama solderan yang lainnya karena nempel salah satu akan berakibat patal.



2. Gambar dominan merah

KASUS :
  • ·Samsung flat 29 dengan keluhan  gambar dominan merah

PEMERIKSAAN AWAL :
  • Jika kami amati lebih seksama sebenarnya gambar dominan merah dan biru. Artinya kemungkinan CRT hijau-nya sudah lemah.
  • Tanda2 lain yang lebih menyakinkan  adalah  OSD yang berwarna hijau hanya nampak tipis lamat-lamat.
  • Untuk lebih meyakinkan lagi - maka kami coba shortkan Katode R, G, B langsung ke  ground (dilakukan hanya sesaat saja) menggunakan seutas kabel secara bergantian. Dari percobaan ini nampak bahwa saat Katode Green dishortkan, layar menyala hijau  tetapi tidak terlalu terang jika dibandingkan dengan Red dan Blue.

SOLUSI :
  • Tembak Katode Green…….tetapi hasilnya tetap tidak menunjukkan adanya perubahan.
  • Coba ukur tegangan Heater….terukur hanya 4.5v………wah perlu dicoba dinaikkan tegangannya ini !!!!!
  • Kami periksa pada jalur heater dipasang Resistor 3.3 ohm……..maka kami coba kecilkan nilai resistor ini menjadi  1 ohm….dengan tujuan tegangan Heater dapat naik sedikit.
  • Dengan mengecilkan nilai resistor tegangan heater dapat naik menjadi 5.5v……..dan warna hijau jadi nampak lebih jelas.
  • Setelah  otak-atik adjustment White-balance (R, G, B Cutt Off), VR screen, Sub Contras, Sub Bright, Sub Color……..…..maka gambar langsung kembali cliiiiingggggg

Catatan :
  • Pengalaman kami menaikkan tegangan heater hinngga 5.5v tidak menyebabkan masalah.
  • Menaikkan tegangan heater hinngga 6v atau lebih…..maka umur pemakaian CRT akan makin singkat…….mungkin hanya bertahan 3 bulan atau kurang dari 1 tahun






3. tv LG-29FU3RL Pearl Black dominan warna merah
tv LG-29FU3RL Pearl Black dimana warna yang muncul dominan warna merah sedikit redup dan mengganggu pandangan mata kita saat menonton tv dengan keadaan warna yang tidak sempurna.

kata sipemilik tv tersebut sudah pernah beberapa teknisi datang kerumahnya dan melihat tv tersebut dan mengatakan kalau yg rusak lensa alias tabungnya, sulit mencari tabung tv dengan ukuran yg besar, kalaupun ada sudah pasti harganya mahal, bahkan ada juga teknisi lain yg menawarkan untuk tukar tambah dengan merek tv lain.

TVLG

 

Singkat cerita saya coba tes nyalakan ulang didepan sipemiliknya dan memang warna tidak sempurna dimana warna yang muncul pada layar dominan merah ada beberapa warna lain yang terlihat ada tapi tidak terlihat jelas dan gambarpun sedikit redup, berhubung rasa penasaran dengan kerusakan tvnya tersebut akhirnya saya bongkar dan inilah penampakan tv lg pearl black 29fu3rl setelah dibuka penutup belakanganya.


Setelah membuka dan melihat isi bagian dalam dari tv lg pear black 29" tersebut masih terlihat mulus belum ada bekas solderan hanya saja terlihat banyak debu yang menempel pada bagian board pcbnya, agar saya bisa melihat jelas masing-masing komponennya saya coba bersihkan mesin dari kumpulan debu yg menutup komponen agar saya bisa melihat fisik komponen didalamnya, setelah melihat fisik dari komponen terlihat masih bagus dan mulus dan saya mencoba memperhatikan solderan yg terdapat dibagian bawah pcbnya ada beberapa solderan yang retak akibat panas dan saya coba solder ulang dan lihat tampilan pada layarnya ternyata gambar dan warna masih saja tetap sama, kemudian saya mengarah kebagian warna yang terdapat dibagian belakang lensa, ada pcb kecil dengan beberapa komponen elektronik yg terhubung dengan lensa.

td6107a

Gambar diatas adalah bagian warna yg saya maksud diatas setelah solder ulang semua komponen dibagian pcbnya saya mencoba mengukur tegangan antara KG (Warna Hijau / Green), KR (Warna Merah / Red) dan KB (Warna Biru / Blue), berhubung driver warnanya menggunakan ic TDA 6107Aberupa sirip sy agak sedikit kesulitan untuk mengukur tegangannya karena biasa saya temui drivernya menggunakan transistor tapi kali ini beda, untuk menghilangkan perasaan penasaran tersebut saya coba catat icnya dan cari dipasar, dan ternyata harga ic tersebut cukup murah 7500 rupiah langsung sy beli dua, begitu ganti ic tadi dan nyalakan tvnya hasilnya mengejutkan gambar malah tidak terlihat jelas gambar putih agak kehijauan dan ada garis tipis horizontal pada layar seperti dalam keadaan screen plyback yang ketinggian, sempat juga curiga kerusakan diflybacknya 

wah..wah kok tv ini rusaknya menjadi lebih parah sempat bingung juga dan sedikit merasa aneh dengan tv tersebut, akhirnya saya coba pasang ulang ic bawaannya dan sy cek lihat gambar dilayar kembali keposisi semula dimana warna layar dominan merah tapi tidak seperti tadi saat setelah saya ganti dengan ic yg baru, sempat beberapa saat saya memperhatikan antara ic driver untuk warna bawaan dengan ic yg baru saya beli tidak ada perbedaan tapi kenapa ic baru malah gambarnya lebih kacau dari ic bawaannya, berhubung saat itu saya beli lebih akhirnya saya ganti dengan ic baru yg satunya lagi begitu nyalakan warna tidak lagi seperti semula warna sudah normal.

setelah mengganti IC TDA 6107A warna kembali normal tanpa harus mengganti tabung seperti yg disampaikan beberapa teknisi, berdasarkan cerita sipemilik tv tersebut saya coba menyalakan tv dalam keadaan bagian belakang masih terbuka dan tunggu hingga beberapa saat apakah ada perubahan warna yang tampil pada layarnya, ternyata setelah beberapa lama dinyalakan warna tetap saja normal tidak ada perubahan, tapi ada kejanggalan saat tv sudah dimatikan beberapa lama (lepas power dari listrik bukan dalam keadaan stanbye) pas begitu dinyalakan beberapa detik awal dinyalakan warna yg tampil dominan hijau tapi haya beberapa detik saja kemudian normal lagi saya ganti kapasitor yg mengarah ketegangan ic tda 6107a 4,7mf / 250 volt, dua buah kapasitor terdapat dipcb yg terhubung ke lensa dan satu lagi terdapat dimotherboardnya.

Kesimpulan saya dengan kerusakan warna tv yang tidak sempurna atau dominan warna dengan warna-warna tertentu :

  • Periksa solderannya terlebih dahulu bisa saja kerusakan tersebut disebabkan tidak tersambungnya komponen-komponen dengan baik.
  • Lihat dan periksa komponen dari bentuk fisik, seperti kapasitor yang mungkin saja ada yang membelendung atau bengkak dikarenakan suhu panas tv yg berlebih atau memang sudah rusak.
  • Cek setiap komponen yg berhubungan dengan lensa KG - Katoda Green / Warna Hijau,KB - Katoda Blue / Warna Biru dan KR  - Katoda Red / Warna Merah driver dan juga tegangan-tegangan yg mengarah ke bagian tersebut.
  • Tinggi rendahnya screen plyback juga ada pengaruh dengan kontras warna yg tampil pada layar.
  • Kerusakan tabung mungkin saja terjadi, tapi sebaiknya hati-hati jangan terlalu mudah untuk percaya dengan kerusakan tabung/lensa karena lensa bagian termahal dari televisi itu sendiri, ganti lensa adalah keputusan terakhir jika semua komponen-komponen pendukung sudah benar-benar diperiksa, tidak menutup kemungkinan memang trik dari beberapa oknum untuk membeli tv anda dengan biaya murah, atau tukar tambah tv anda dengan biaya murah.
  • Masih banyak kerusakan lainnya yang bisa saja menjadi penyebabnya.



4. Memperbaiki TV Sharp 21 inchi Layar Dominan Berwarna Merah



TV-nya bermerek SHARP 21", tapi saya lupa liat type berapa ,soalnya ane begitu bersemangat mau reparasi tu TV..., ane coba bongkar tu TV dan ane mulai cek satu-persatu komponennya, mungkin aja ada yang terbakar, ane fokusin pemeriksaan di blok MATRIKnya, soalnya dari yang udah-udah dengan gejala TV seperti itu kerusakannya ada di bagian MATRIK TV, intip punya intip ternyata gak ada komponen yang terbakar maupun solderan yang retak, ane coba putar-putar trimpot pengatur warnanya gak ada perubahan, ane coba ukur transistor kembar tiga yang ada di blok MATRIK dengan nilai C2482 ternyata salah satu dari transistor tersebut ada yang short, saya coba ganti dengan yang baru. Oke sekarang sesi pemasangan box TV-nya dan setelah dipasang ternyata TV bekerja dengan normal, warna yang dominan merah tadi sudah hilang, huh lega rasanya..






5. warna tv dominan hijau,biru,merah






Penyebab:
Biasanya kerusakan terjadi karena gangguan pada rangkaian RGB atau CRT.
Pemecahan: Periksa rangkaian matriks RGB, biasanya ada nilai resistor yang membesar atau solderan sudah jelek.
Biasanya dg cara menyolder ulang pada blok rgb saja udah dpt normal.
Jika tidak ada komponen yang rusak atur VR RGB Jika tetap tidak mendapatkan hasil, periksalah CRT.
Moga membantu..

6. Kerusakan tv Sony trinitron short tegangan screen dgn ground

   Salam solder panas,kali ini saya mao posting kasus service tv sony trinitron yg blm lama ini saya dapati,suatu hari saya dapat servisan tv sony trinitron 29" dgn keadaan gambar gelap,warna dominan hijau,trus ntuh tv saya bongkar casing blakangnya,trus dbersihin dulu semua debu2 yg nempel dmesin tv,baru deh saya lakukan pengecekan,yg pertama ya pasti resoldering ulang semua kaki2 komponennya,kelar itu tv saya tes,ternyata kgk ada perubahan,gambar masih gelap,warna jg masih dominan hijau,usut punya usut ternyata tegangan screen 1000voltnya yg berasal dari kaki colektor tr horizontal kgk ada alias 0 volt, trus saya cek dioda sama Resistornya yg terhubung dari kaki colektor tr horizontal,kgk tau nya mereka berdua telah menghembuskan nafas yg terakhir,mereka mati mengenaskan,apa lg R nya,kasian badannya sedikit hangus,untung aja masih bisa dikenalin warna bajunya hehehe....(just kidding bro)
   Lanjut crita,kemudian saya lakukan pergantian pemain baru,setelah ganti part,tv saya hidupkan lg dan bussssss.....R nya ngebul bro,diodanya jg koit lg,aduh,,,,(sambil nepok jidad yg udh rada lengar)knapa nih....???????????????? Pengecekan pun menuntun saya menuju capasitor kopling untuk tegangan screen yg terhubung antara kaki dioda dan ground,ketika d ukur dgn capasitor meter kg ada yg mencurigakan,tpi klo capasitor ini dipasang trus dpt tegangan,capasitor ini short,ternyata emang capasitor inilah biang keroknya,capasitor inilah yg menyebabkan dioda sama R nya jebol,setelah dganti dgn yg baru tegangan screen ada lg,dan gambar jadi normal kembali,,alhamdulillah kasus terselesaikan..
Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk kita semua..
         ............Wassalam........



IKLAN:












sumber:
vaninurfa.blogspot.com
marsonotv.blogspot.com
www.bang-jefri.com
muliatronik.blogspot.com
ngoprektv.mywapblog.com
sahrul-ayung80.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL