Tv LG Mati Protek

1. TV LG ULTRA SLIM 21FU2AD PROTEK

 Kali ini dapat garapan tv lg ultra slim 21" tipe 21FU2AD mati protek. Yaah problem yang biasa pada tv jaman sekarang. Dikit-dikit protek. Biar tambah puyeng tukang servicenya he..he..he..Lanjut.
Gejalanya adalah jika tv dinyalakan hidup sebentar kemudian mati lagi protek. Belum sempat nyala layarnya tv sudah mati. TV ini menggunakan IC utama LV762xxx, vertikal LA78141, STR w6554. Ketika pertama kali kita mendapati kasus seperti di atas langkah pertama yaitu membersihkan mainboardnya terlebih dahulu kemudian melakukan soder ulang karena sering kali solderan menjadi penyebab tv bisa protek. Langkah kedua mengecek tegangan apakah ada yang korup atau drop.

Berikutnya untuk melumpuhkan teg proteksi yaitu dengan cara meng open kaki tengah (colektor) pada Q16. Namun apabila sudah di open kaki tengah Q16 tv tetap gak mau nyala bisa jadi playback rusak. Biasanya kalau fbt rusak tv hanya mau start beberapa detik saja tidak sempat membuka layar. Akan tetapi apabila layar sempat kelihatan beberapa detik dengan melepas kaki colektor Q16 tv langsung dapat menyala. Setelah melepas kolektor Q16 tv bisa nyala, hanya saja cuma garis horisontal. Dari indikasi ini kerusakan bisa disebabkan ic vertikal rusak. Akhirnya ganti ic vertikal LA78141 dengan yang baru. Hidupkan tv layar sudah membuka. Solder kembali kolektor Q16. Kemudian coba nyalakan lagi tv bisa hidup normal tidak protek lagi.

Kesimpulan : kerusakan disebabkan ic vertikal rusak sehingga menyebabkan protek. Dari pengalaman yang sering saya temukan pada kasus seperti ini bisa juga disebabkan karena tidak berfungsinya Q 403=BF421 yang terukur putus. Bisa juga bisa disebabkan resistor pembatas tegangan B+ ke fbt putus. Semoga bermanfaat.










2. Televisi LG Ultra Slim Type 21SB6RD Protek

files-lg1.jpgfiles-lg2.jpgfiles-lg3.jpg
Servisan kali ne Televisi LG Ultra Slim Type 21SB6RD dengan gejala gagal start loading (dalam posisi standby). Ketika dinyalakan, gambar tidak muncul dan suara tidak keluar. Gejala kerusakan seperti ini sering kali terjadi pada Televisi LG versi Ultra Slim.
Hal ini disebabkan karena data eeprom IC memory mengalami korup. IC memory berfungsi untuk menyimpan berkas, file atau data. Bukan cuma di komputer dan HP aja, Televisi juga dilengkapi dengan IC Memory. Namun berbeda halnya dengan Komputer atau HP, IC memory Televisi berfungsi untuk menyimpan data eeprom Factory Seting Data Servis Televisi (menu servis TV).
Televisi LG Ultra Slim servisan ini menggunakan IC Memory 24LC16B. Kata pemiliknya saat asyk nonton tiba-tiba TV mati ke posisi standby. Ketika TV dinyalakan kembali via remote control TV ON kembali. Namun setelah TV dimatikan power switch dan saat dinyalakan kembali TV gagal start loading.
Cara memperbaikinya cukup mudah. Ganti atau flash IC memory dengan data eeprom IC memory lain yang sudah terisi. Tetapi aku memilih mengganti IC memory 24LC16B dengan yang baru. Karena untuk memflash IC memory caranya agak sedikit ribet.
Setelah penggantian IC memory 24LC16B TV aku nyalakan. Alhamdulillah Televisi LG Ultra Slim 21SB6RD ON start kembali.

Catatan:
Pastikan IC memory yang akan anda ganti benar-benar dalam kondisi kosong (tidak terisi data eeprom).




3. Tv LG Protek
Untuk tv lg 21in model 21FU1RL atau sejenisnya sering terjadi kerusakan hidup sebentar kemudian mati, untuk kerusakan seperti ini bisa diakibatkan bagian proteksi, karena sewaktu tv hidup gambar normal tidak ada tanda kerusakan.untuk mengatasinya angkat saja transistor Q16.Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar skema dibawah.Setelah Q16 diangkat kemudian coba dihidupin tunggu beberapa menit kalau tv tidak mati berarti tv udah normal. 



4. televisi merek LG Ultra Slim type FU2RD-T3 protek
televisi merek LG Ultra Slim type FU2RD-T3 menggunakan IC chrome LV76211 3C dengan gejala setiap di nyalakan start sebentar dan belum sempat muncul gambar tv langsung standby,begitu dipencet tombol CH atau on/off dari remote tv start sebentar lalu balik stanby lagi dan begitu seterusnya dan kata pemiliknya setengah jam kemudian baru bisa nyala, hahahaha…..
Kerusakan seperti ini hampir sama dengan kerusakan klasik tv Polytron,bagi yang tekhnisi yang sudah berpengalaman tentu tidak ada kesulitan dengan kerusakan seperti ini,karena ini merupakan gejela protek yang disebabkan oleh salah satu blok yang terdapat sensor protek mengalami problem sehingga memicu aktifnya sistem proteksi.
Setelah saya mengucap bismillah dan saya buka casingnya terlihat solderan masih pada mulus alias belum pada retak,langsung ambil ESR meter yang sudah saya buat  beberapa waktu lalu dan kemudian mulai cek elco-elco yang mencurigakan tanpa melepas elco dari mainboard terutama di blok yang rentan panas.
Alhasil ketemu elco C308 dengan nilai 16v/47uf dalam kondisi kering,letaknya dekat IC vertikal dengan tanda jarum ESR saya hanya bergerak sedikit ketika mengukur elco tersebut dan sudah dapat dipastikan elco tsb error dan membesar nilai ESR nya.
Tanpa membuang waktu langsung ganti elco tadi dengan kualitas yang baik meskipun bukan elco baru dari toko,karena sekarang elco baru banyak yang palsu dan kualitasnya kurang baik.

gambar yang saya beri lingkaran merah adalah letak posisi elco yang dimaksud, setelah penggantian personel komponen tadi akhirnya didapat hasil ini:

Alhamdulillah pekerjaan terselesaikan dan puji syukur kepada Allah azza wajalla atas segala kemudahan serta rizki yang telah di limpahkan.
demikianlah posting saya kali ini,sekali lagi gejala boleh sama namun problem kerusakan bisa saja berbeda karena banyak peyebab tv menjadi protek terutama tv yang sudah menerapkan sistem proteksi karena di setiap blok terdapat sensor protek.




5. TV LG ULTRA SLIM (21SB6RD) PROTEK

Nah yg ini tv LG(21SB6RD) protek ,setelah saya bongkar..bla bla muncullah penampakan hee...heee,karena tv protek yg saya alami sensitiv protek itu di IC vertikal pada pandangan pertama tertuju pada blok vert ,tenyata icnya pecah.pas diganti cling...tapi...tapi...lagi2 gambar bag atas muncul garis2 hors putih langsung aja diexkusi C307=100/35V sudah low capacity ganti aja yg 100/50V.
Tapi perlu dingat sebelum pasang ici cek dulu tegangan vertikalnya dan cek juga resistansi yoke vert(suspectnya short).
Alhamdulillah clir smua.




6. LG super slim mati protek dan raster (gambar) jadi melebar

KASUS :
  • LG super slim 21” datang dengan kasus pesawat mati protek setelah hidup beberapa detik (raster belum sempat menyala).

TINDAKAN AWAL :
  • Analisa awal berdasarkan pengalaman pada LG superslim – jika protek umumnya disebabkan karena B+OCP (over current protector) aktip bekerja.
  • Untuk mengurangi agar arus B+ - maka kami coba turunkan dulu tegangan screen
  • Dan ternyata pesawat menjadi  tidak protek lagi – Tetapi setelah muncul gambar terlihat bahwa RASTER JADI MELEBAR”.
  • Kami amati lagi dengan lebih seksama – Nampak bagian pinggir tidak bengkok.......maka kesimpulan kami masalah bukan pada sirkit EW.

SOLUSI ACHIR :
  • Untuk memudahkan analisa dan tindakan selanjutnya yang akan kami lakukan, maka kami buka dulu file skematik diagram model LG slim.
  • Hasil analisa bedasarkan skematik tersebut – maka  kami  menduga kemungkinan problem disebabkan pada sirkit tambahan yang umumnya diketemukan pada teve tabung slim yang dinamakan sirkit “INNER”. Yaitu sirkit yang menghubungkan antara def yoke dengan kaki flyback  pin-INNER. Disitu umumnya terdapat beberapa coil tambahan serta beberapa kapasitor milar tambahan yang mempunyai tegangan rendah (sekitar 400 atau 630v).
  • Langsung saja kami cek nilai semua kapasitor milar dengan kapasitan-meter…….dan hasilnya ada sebuah milar yang nilainya turun menjadi sangat kecil sekali.
Alhasil setelah penggantian milar yang rusak……gambar langsung menjadi normal…….dan yang lebih melegakan lagi ketika VR screen kami kembalikan seperti adjustmen semula…….pesawat tidak mati protek lagi.



***************************

Catatan :
Jika sirkit EW berfungsi untuk mengkoreksi cacat EW  yang menyebabkan gambar pada bagian pinggir kiri-kanan layar jadi bengkok pada layar normal flat.  Maka sirkit INNER berfungsi untuk mengkoreksi cacat gambar bengkok pada bagian layar yang sedikit agak ketengah  yang menjadi  sedikit agak bengkok pada layar flat supler slim.



7. TV LG mati protek
servis TV hidup sebentar , sebelum keluar sinar sudah stanby kembali , kerusakan ini memang sukar diterka letak kerusakan nya .
Untuk mengatasi kerusakan ini coba anda putuskan teg Vcc rangkaian demi rangkaian , misalnya rangkaian suara , coba anda hidup kan tanpa rangkaian suara bila hidup berarti rangkaian tersebut ada kerusakan .
Anda harus mencoba putuskan satu persatu rangkaian sehingga anda berhasil .insya ALLAH berhasil..
Ini pengalaman saya sewaktu saya sedang servis TV LG , saya putus kan kabel yoke untuk bagian horizontal lalu saya hidupkan ternyata hidup tapi ada garis putih dari atas ke bawah yang menandakan hubungan yoke horizontal terputus , begitu saya cek memang benar ada salah satu condensator yang volt nya besar 2 KV putus dekat flyback lalu saya ganti langsung dan saya sambungkan kembali kabel yoke yang saya putuskan tadi .
saya hidupkan TV LG tersebut ternyata byaaaar aja oke , lalu saya minta ongkos servis TV dan spareparts seratus lima puluh ribu aja bagaimana……..ini saya kerjakan hanya kurang lebih 2 jam .

Demikian pengalaman saya , 




















sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL