Tv Sharp Protek


 

 

1. Tv Sharp : mati protek dan di lengkapi data part aktif

Banyak kasus kerusakan tv walau gejalanya sama tapi penyebabnya bisa lain, seperti contoh yang akan saya kemukakan sekarang ini Tv Sharp Alexander jr. dengan gejala mati protek di sebabkan karena ada kerusakan pada blok horisontalnya...Dengan mengamati proses pengukuran maka sebenarnya penyebab gangguan bisa di lokalisir dengan artian mempersempit wilayah kerusakan, begini ceritanya :
Tv Sharp ALEXANDER jr.type 14GX20 punya kendala mati protek, saat pertama kali di buka terlihat mesin sudah acak-acakan karena ada bekas jejak servis dan langsung saja cek transistor h out yang ternyata kondisi setengah short...lalu cabut tr.h out TT2140 dan sekalian merapihkan ulang solderan yang sudah berantakan, banyak hasil soldernya yang ngatruk (nempel antara 2 titik solder yang beda jalur) jadi sangat mengkhawatirkan. Setelah selesaikan semua solderan yang memang sudah di kerjakan lebih dulu oleh montir tv sebelumnya, coba tes teganganB+ dan keluar 115vdc hingga pada titik kolektor juga, lalu cek di titik basis tr.h out ada sekitar 1,5vac walau hanya sesaat tapi sempat terlihat karena memang kondisi tv mati protek apalagi tr.h out di lepas yaa..seperti itulah keadaanya. Pemeriksaan awal tadi menunjukan bahwa mesin masih sehat hanya saja yang mengherankan transistor yang di pasang oleh montir terdahulu bisa short lagi..? itu sebabnya beliau gagal servis, ada kemungkinan bengkel tersebut agak segan dengan kerusakan Tv Sharp...he..he..itu cuma dugaan saja, karena memang Tv Sharp dari tahun satu sampai abad Millenium ini banyak memakai sistem protek pada tiap-tiap bloknya sehingga menyulitkan para bengkel termasuk saya tentunya, tapi untung garapan kali ini si Alexander Junior.. Baiklah tidak berpanjang lebar ahlul bait di ganti dengan tr. D2499 dulu agar bisa bertahan sedikit dari pengaruh part yang short (nantinya di tukar keTT2140 lagi) dan coba nyalakan tv sambil tes tegangan pada titik B+, tampak ada 115vdc tapi tidak turun karena blok regulator ini tidak di lengkapi dengan ic optocouple dan langsung standby (lampu led nyala) namun saat tombol ch+ di tekan untuk start ,tegangan naik sebentar jadi 118v lalu turun sekitar 80v kemudian naik lagi ke 115v. Kesimpulkan mesin ini bisa start tapi karena ada part yang mungkin setengah short maka saat on tampak seperti tidak ada reaksi sama sekali.
Melihat kenyataan seperti itu, dan juga pernah diganti tr.h outnya tapi tidak berhasil bahkan kembali rusak maka biasanya diperkirakan ada 2 part yang mengalami gangguan yaitu Yoke Defleksi atau Flyback Transformer (FBT), maka saya ambil yang termudah dulu yaitu memeriksa yoke, ternyata...benar saja part tersebut sudah hangus akibat lem kualitas rendah yang memyebabkan korosi pada gulungan kawat email yoke, lem di rekatkan pada 2 kutub gulungan yang sengaja dipisahkan dengan gap (celah) jadi jaraknya sekitar 1mm saja tentunya ke 2 gulungan tersebut jadi terbakar semua...
Yokesharp
Akhirnya di bongkar juga yokenya karena berhubung pemilik tv hanya ada persiapan uang untuk jasa servis tv saja, kawat email gulungan bawah terkelupas lapisan laknya dan tampak menghitam jadi bisa di kerik untuk membuang kotoran serta bisa di bersihkan dengan thinner sedangkan gulungan atas yang sedikit parah sampai ada 3 lilitan kawat email yang putus, gulungan kawat bawah yang sudah terkelupas bisa di lapisi ulang dengan power glue atau sejenisnya asalkan lem itu kondisinya sangat baik cair seperti air jadi ketika di teteskan maka akan langsung meresap pula sampai pada kawat email yang lain dan minimal 2 atau 3x melapisi kawat email agar tebal seperti lapisan lak aslinya sedangkan gulungan atas, kawat email yang putus harus disambung dengan kabel biasa dan pastinya juga di beri lem pula karena bernasib sama yaitu terkelupas...
Setelah lem kering dan sudah tidak ada yang induksi lagi antar lilitan kawat email dan antar ke 2 gulungan atas-bawah, sekarang waktunya ujicoba yoke yang di servis tadi karena peluangnya 50 : 50 dan sekaligus tes mesin tv yang mati protek...jreng..jreng..tv bisa start dan terlihat lampu heater nyala sebentar kemudian muncul raster lalu layar menjadi Blueback, langsung tancap antena...eeeh gambar dan suara muncul berbarengan..Alhamdulillah...rampung juga gawean tv iki.
Tes 15 menit tidak ada tanda apa-apa dari yoke atau yang lainnya...Tidak lupa mengganti tr. dengan nomor aslinya kemudian tes ulang sampai 2 jam lebih situasi aman terkendali, berarti servis yoke sukses besar !! sambil itu tak catat type part untuk data manual servis seperti :

  • Ic regulator STR W5453A
  • Transistor h out TT214
  • FBT BSC 25-02167
  • Ic Vertikal LA78040B
  • IC SUARA LA42031
  • IC MEMORY 24C08WP
  • IC PROGRAM IXC 245WJN50
  • YOKEkertas terjepit ferit gulungan, lain waktu bisa di lengkapi.




2. Cara mengatasi TV SHARP Protect

Berikut ini saya akan berikan beberapa tips perbaikan tv sharp. Misalnya TV Sharp UNIVERSE yg menggunakan IC TDA9381 / IX 3368. TV ini menggunakan system proteksi. Berikut adalah macam2 kerusakannya

1. Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusak atau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.

2. Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.

3. Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data. LED F beri nilai 0.

4. Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter.

5. Power suply tidak bisa start / standby walau sudah ditekan power on. Disebabkan karena tidak ada tegangan power on dari IC program untuk umpan ke TR switch Power suply karena tegangan di IC program lemah / drop. Ganti Elco 16V47UF dan 6.5V100UF pada IC suply 3.7V. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena Elco 160V220UF sudah melemah/kering.

6. Kerusakan pada bagian Vertical seperti IC koslet atau hilang tegangan. R 33 ohms untuk tegangan 40v untuk suply IC vertikal sering panas dan terbakar disebabkan karena C -/+ 1n5 atau 2n2 dan R 1K8 smd bypass ke ground kendor atau putus pada kaki 1 dan 2 IC Vertical, gejala ini juga disertai dengan tidak munculnya gambar/raster.

7. TV menyala tapi tidak ada gambar hanya ada OSD, ada jalur Video yang putus yang melewati rangkaian horizontal biasanya karena PCB hangus.

8. Suara Gemeresek dikarenakan system suara BG rusak. Ganti IC eeprom samakan datanya, di parameter BG diberi nilai 1. Untuk yang menggunakan IC Suara AN5891 pada parameter harus di beri nilai 1 karena bila tidak tv akan kehilangan suara. Untuk yang tidak menggunakan diberi nilai 0.

9. Pada TV Sharp yang menggunakan Power suply STR W6753 / W6754 jarang sekali protek. Kerusakan sering terjadi pada STR tsb. Tanda2nya TV sedang ditonton tiba-tiba mati total kemudian ditekan lagi tombol tv hidup kembali dan tidak lama kemudian tv akan mati lagi apalagi bila ada gambar yg sangat terang. Ini terjadi karena power suply drop karena STR sudah melemah. demikian semoga bermanfaat

Tv SHARP 14S20D2.
(Menggunakan IC IX 245 wjn4)
Kerusakannya kalau tombol menu/preset di teken tv nya jadi mati protect.tau kan beda nya protec sama kerusakan mati stby? Kalau protect tv tidak bisa di onkan lewat remote/tombol ch+ atau ch- ,tapi kalau mati stby bisa di on kan dari tombol ch atau dari remote.

1.Problem kalau di tekan tombol menu/preset tv jadi mati protect
Penyebab pin protect pin63 ic ix 245 tidak terhubung ke rangkaian protect.
solusi hubungkan pin 63 ke rangkaian protec bila terputus.
2. Problem tdk ada warna /hitam putih
penyebab ic ix 245 kualitas solder nya kurang bagus .
solusi lepas dulu ic chips ix 245 lalu bersihkan pcb nya dengan tiner terlebih dahulu ,lalu pasang kembali ic ix 245 nya kembali

Menu Servis Mode:

Untuk mengatasinya masuk service mode dengan cara : posisi mati power utama OFF. tekan dan tahan tombol Vol- dan Prog+ sambil dinyalakan tv nya melalui tombol utama.

Pesawat sudah posisi service mode, tekan2 menu smpai muncul tulisan Menu yang hendak di Edit, lalu gunakan tombol panel untuk memilih posisi yang di kehendaki misalnya  pilih "0"(nol) jika ingin me-non aktifkan dan 1 jika tidak.Dan tekan2 menu agar berpindah ke menu yg lain. 




3.TV SHARP ALEXANDER PRO 21" MATI PROTEK

Dapat kerjaan yang lumayan sulit, tv sharp alexander pro mati protek. Tv sharp memang terkenal dengan sistem protek yang sangat lengkap. Jadi kadang kesulitan untuk menemukan titik kerusakan. Biasanya jika titik utama protek dilepas tv bisa hidup, tinggal kita cek saja satu persatu jalur sensor. Diantaranya titik sensor tegangan heater, ABL, vertikal, tegangan B+, SMPS. Yang terpenting adalah usahakan semua tegangan normal dulu, termasuk tegangan B+. Ini penting untuk memastikan regulator ok. Jika masih bingung berikut datanya :

GA-4M Chasis, Menggunakan IC IXB226WJ, M61260
Masukan Proteksi Detektor Yang Dideteksi Tegangan Normal Menonaktifkan Proteksi
Pin No.7 IC1001 (4.5 V) D605 Tegangan 185V Anoda D605 = 4,5 Volt Lepaskan D605
D608 ABL / X-ray Katoda D607 = 4,5 Volt Lepaskan D608
Q603 Heater Collector Q603 = 4,5 Volt Lepaskan Q603
D203 Tegangan 33V (Tuner) Anoda D203 = 4,5 Volt Lepaskan D203
D1091 Tegangan 9V Anoda D606 = 4,5 Volt Lepaskan D1091
Pin No.6 IC1001 (3.4 V) D1010 Tegangan 15V Pin No.6 IC1001 = 3.4 Volt Lepaskan D1010

Jika dengan melepas titik utama sensor protek di ic ixb226wj, tv tetap mati protek, bisa jadi ic micom ini rusak. Tapi sebelum memvonis kerusakan ic micom, cek dulu semua tegangan harus normal. Jika semua tegangan normal dan semua komponen tidak ada yang rusak. Silahkan ganti ic IXB226WJ. Semoga membantu. 






4. TIPS CEPAT MENGATASI TV SHARP WONDER PROTEC

Dalam mengatasi kasus ini yang pertama kali dilakukan mengecek tegangan VCC pada IC utama seri TDA 938PSxxx yang berkisar 3.3V.Bila tegangan tidak ada 3,3v ada kemungkinan IC MCU konslet atau trouble rangkaian power suplay.Untuk mengecek Ic utama tersebut konslet atau tidak ,IC dilepas kemudian dicek antara kaki no 9,56,57dan 61 tidak boleh saling hubung.Apabila antara kaki tersebut ada yang terhubung menandakan IC tersebut konslet.Selain itu untuk mengetahui IC tersebut bagus ndak ,IC dalam keadaan terpasang TV kita nyalakan apabila lampu pilot nyala merah langsung mati menadakan IC tersebut rusak(dengan catatan supply tegangan 3,3v normal).Jika lampu pilot nyala merah ke hijau dan berhenti kuning menandakan kerusan pada IC memorynya. Check Data Memory Map / Data Epromnya sesuai atau tidak dengan perintah data yang diperlukan sebab ini berpengaruh besar untuk kerja Horizontal Block.Dan bisa jadi IC memory rusak.
Catatan: protect Kedip di led indikator cek data memory sesuaikan dengan factory data dan cek jalur SDA / SCL( tegangan jangan kurang dari 3 Volt). Kalau Indikator Led Protect keadaan tanpa kedip kerusakan ada di hardwarenya.
Bila tidak ada trobel pada IC memory dan IC utamanya J233 kita lepas.Dengan melepas J223 kita lebih mudah mencari penyebab protecnya. Penyebab protek tersebut kebanyakan disebabkan terjadi kerusakan pada rangkain vertical atau horizontal/flaybacknya, dan bisa juga tegangan yang menyuplay pada rangkaian tersebut tidak normal.
Selamat mencoba..!!



5. Tv Sharp Wonder 20W20 Mati Protek

Kerusakan:

Tv SHARP WONDER 20W20 dengan gejala bisa start, muncul raster sebentar lalu protek.
Sharpwondr
Langkah Perbaikan:Pertama tentu saja harus di buka dulu penutup belakang, kemudian menyolder ulang semua blok yang di curigai seperti bagian Vertikal, Horisontal dan Ic Singel. Namun tanpa membawa hasil apalagi semua part terlihat masih bagus. Kemudian coba angkat jumper 223 dekat pin 64 ternyata Tv mau nyala dan bersuara. Lalu dengan menggunakan  AVO meter, satu persatu membuka dioda-dioda sensor protek pun di mulai dan saya awali dengan membuka sensor tegangan Ic Vertikal D502 di teruskan sensor tegangan Ic Audio D503, D504 lalu sensor tegangan Vcc 5V D752, sensor tegangan 8V D609, sensor tegangan ABL D606, sensor tegangan 185V D613 dan sampailah pada sensor tegangan Heater D614 atau biasa di kenal dengan X-ray Protection. Namun tv tetap protek seperti awal pemeriksaan. Waakh.., sampai di sini semangat jadi mulai turun karena tips dari Pujangga Elektronik kang Aisy Romadona belum juga membuahkan hasil yang di harapkan, termenung beberapa lama sambil membolak-balik halaman Data Sheet yang ada Google serta menghisap rokok dan menyeruput kopi, tapi tak jua ditemukan kasus yang sedang saya dalami ini.Lama berpikir muncul rasa penasaran dengan jumper 223 sebagai Protek Utama dan hubungannya dengan dioda-dioda sensor D502, D503, D504, D752, D606, D609, D613 dan D614, setelah di telusuri ternyata semua dioda sensor bermuara pada Q603 transistor smd. Barulah ada titik terang kembali, apabila mencabut R613 10kΩ sama hal nya dengan mengangkat jumper 223, baiknya tes dengan membuka dioda zener D607 22V Tv bisa hidup lalu ukur tegangan ada 17v, lalu pasang kembali zener dan langsung ganti tr smd dan tes ulang hasilnya 30 menit Tv bisa nyala normal, karena merasa sudah berhasil menemukan biang keroknya maka Tv pun di tutup. Tapii... saat coba di Onkan lagi Tv nya kembali Protek . Maka sebagai gantinya di pasang transistor C1815, Tv pun kembali nyala,Di sinilah kesalahan yang bermakna karena penasaran dengan rangkaian sistem Protektor, iseng mau tahu berapa volt di titik D610/RJ12 ternyata ada 12v alaa.. m@k ! mendadak Tv yang sedang nyala langsung jadi protek lagi tapi itu belum saya sadari lalu Onkan Tv dan normal kembali, nah.., sekarang ketika sedang asyiknya nonton/tes sekitar 10 menitan tiba-tiba layar berkedip 2 x walau lampu led masih nyala hijau Tv langsung protek, lampu led pun merah lagi. Terpaksalah ubek lagi sekitar Q603, kedapatan dioda D607 short dikit di ukur pakai Ohm meter selektor 10k, karena tidak ada stok DZ 22V jadinya di ganti dengan DZ 33V karena mengacu pada D610 pakai DZ 24v yang memonitor tegangan 12v lalu Onkan Tv dan normal lagi, berhubung masih penasaran saat Tv hidup cek tegangan di titik C603 1u/50v, pas ujung probe merah AVO meter menyentuh titik positif elko terdengar bunyi pelan tek-tek layar berkedip 2 x pula langsung protek lagi. Akibatnya kali ini setiap di Onkan selalu mati protek yaa seperti awal pertama datang.
Ternyata apabila D610 yang di ukur D607 jadi korban dan begitu juga sebaliknya kalau yang di ukur D607 maka D610 langsung short, mungkin area protek ini sangat sensitif jadi saat hendak di ukur tegangan yang ada pada ke 2 dioda zener akan mengalami sedikit penurunan voltase sehingga membuat Protektor aktif. Akhirnya tanpa membuang waktu D607, D610 ganti dengan DZ 33v dan transistor C1815 di ganti dengan type sama dan sekarang setelah di tes ulang lebih dari satu setengah jam Tv di hidupkan tidak mengalami gangguan lagi. Coba on-off kan berkali-kali sudah tidak protek. 

<<DOWNLOAD SKEMA TV TABUNG SHARP>>

6. Protek Tv SHARP Q-Vision 14S20 Alhamdulillah ya Alloh! Akhirnya kelar juga,setelah 2 hari ubek-ubek sumber permasalahan dari terproteknya tv SHARP Q-vision ini,tv ini menggunakan IC program IX3031CE dan IC IF/crhoma TB1226DN,IC vertikal LA7830 dan FBT F0101KM-SA,dimana tv ini terdapat switch untuk mengakses service mode yang letaknya di samping tuner.Pada saat posisi switch NORMAL,tv mau hidup sebentar terus mati standby terprotek,tapi begitu posisi switch pada SERVICE ON kemudian tv di nyalakan,bisa hidup terus-terusan,begitu di kembalikan ke posisi switch NORMAL,tv langsung mati standby.Semua tegangan pada tv ini normal semua,tidak ada yang error.Setelah lelah bergelut dengan permasalahan tv ini selama 2 hari,akhirnya ketemu juga biang permasalahannya,ternyata hanya sebuah transistor kecil mungil yang jadi penyebabnya yaitu Q1005 dengan seri A1015,setelah penggantian transistor tersebut tv pun bisa hidup dengan normalnya,haaaduuuuhh.........keselnya Rek......Rek!

7. TV SHARP Qbeat ada suara dan OSD tapi tak ada gambar


Tv langsung saya ONkan sebentar untuk mengecek keluhannya,dan keluhan pertama adalah ketika tv di ON kan led indikator nyala merah,tekan tombol POWER di remot led indikator nyala hijau sebentar terus balik nyala merah tanpa kedip sama sekali,di tekan tombol POWER di remot sudah nggak respon lagi,hmmmm.....okelah!
Bismillahir Rohman Nirrohim......tv langsung saya bongkar,tv ini menggunakan aisy single TDA9381PS/N2/1/0747 (IX3368CEN6),aisy vertikal TDA8357J dan STR F6653,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di B+ nya ketika posisi led indikator nyala hijau sebentar,dan hasilnya ada tegangan 115V,ukur transistor horizontal D1877 nya juga masih oke,ukur tegangan 180V ketika led indikator nyala sebentar 0V,ukur H/T juga 0V,tegangan 40V vertikal juga 0V,naaaaaah........FBTnya nggak beres nih! lalu saya copot FBT dari mainboardnya,saya teliti di sekeliling bodynya ternyata memang mau njebrot,langsung aja kabur ke toko Barokah Elektronik ndilalah stock habis,akhirnya F0193PEN1-SA saya ganti dengan F0101KM-SA.
Setelah FBT terpasang kemudian tv saya ON kan dan m@k CRAAAAK.....tv langsung nyala,OSD sudah nongol, suara juga oke,tapi gambarnya kok nggak nongol ya? waduh cilekek iki.....



Akhirnya dapet keluhan yang kedua deh hehehehehe.....ada suara tapi nggak ada gambar! Hmmmm....akhirnya teringat kasus tv Sony yang kemarin.lamgsung saja saya ukur pin ABL FBTnya dan Masya Alloooooh.....ternyata nggak ada tegangan sama sekali alias 0V,ck...ck...ck...ck....ck...ngejar maling tegangan lagi deh hihihihihihi.........setelah berburu di dapati R609 dalam kondisi hangus,buka skemanya di ponsel dan ternyata R609 senilai 15K,langsung ganti dengan yang baru,kemudian tv saya ON kan dan gambarpun langsung nongol,Alhamdulillahir Robil Alamin........kemriuk juga ternyata hehehehehe......... Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi rekan-rekan dan SUKSES buat sampean-sampean SEMUA!!!!

8. Sharp lama protek, masuk sermod gambar normal
Kerusakan:
Sharp lama
Mikrokontrol IX2694…..
Dihidupkan led indikator nyala hijau sebentar, trus kemudian merah kedip-kedip.






Perbaikan:
Coba lumpuhkan protektor dengan cara men-short-kan ke ground pin-38…..hasil tetap sama saja…..
Saat protek…..cek tegangan pin-SDA langsung berubah jadi nol ….
Coba ganti eeprom…..hasil tetap sama…….
Coba masuk service mode (dengan switch yang ada dekat tuner)……..bisa nyala terus tidak protek dan gambar normal.

Mumet bin pusing………mikir lama………
Amati skema…….pin-28 yang menyebabkan led merah kedip-kedip kok ada tulisan “BUS ERROR”…..
Ini kira-kira artinya ada masalah pada sambungan jalur SDA/SCL………

Setelah cek-ricek…….achirnya nemu juga…….
Problem disebabkan konektor antara main-board dengan modul stereo solderan banyak yang kurang kontak………sehingga menyebabkan komunikasi SDA/SCL antara mikrokontrol (main-board) dengan ic stereo (modul stereo) error atau terputus…….

Kesimpulan…….kalau menjumpai problem semacam ini maka :


  • Periksa jalur SDA/SCL antara mikrokontrol dengan ic lain. Mungkin ada yang putus, atau ada komponen (diode)  pada jalur ini yang setengah short.
  • Periksa tegangan Vcc ic lain yang terhubung dengan SDA/SCL.
  • IC lain yang terhubung dengan SDA/SCL kemungkinan ada yang rusak.


9. TV Sharp 14B25 Protek

Diagnosa

Tv Sharp jika dihidupkan cuma terlihat lampu indikator yang berubah warna dari merah ke hijau dan sesaat kemudian kembali ke warna merah,, dilayar monitor sama sekali tidak ada tampilan gambar.

Model Tv Sharp :

 model-tv-sharp-14b21

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki.

Status protek jika kita temui kerusakan yang seperti ini dan secara default memang sudah ada di sistem penerimaan televisi, banyak faktor yang bisa membuat sistem protek bekerja dan salah satu yang paling umum adalah karena beban berat yang mesti di supply oleh power supply, ( arus yang berlebihan ) .Dan benar adanya untuk kasus kali ini kerusakan ada di yoke defleksi dan ini bisa dilihat kasat mata saat kita coba hidupkan tv dan terlihat percikkan bunga api dari yoke defleksi tersebut. Perbaikkan yang harus kita lakukan adalah dengan menggadakan penggantian yoke defleksi, dan sayangnya kita agak kesulitan untuk mencari type yang sama persis.

Akhirnya kita dapatkan dari barang cabutan yang kebetulan memang merk sharp juga , dan hasil yang didapat setelah terpasang adalah tampilan gambar agak melebar. Untuk mengatasi masalah ini kita menggunakan trafo yoke yang memang banyak dipasaran dan untuk pemasangannya kita tempelkan di body yoke defleksi-nya, seperti ini tampilannya :

yoke-defleksi-with-trafo

Untuk urutan pemasangan kabel trafo yoke adalah :



  • Pin trafo 1 warna biru ⇔ sama dengan kabel yoke warna biru ( pin yoke 2 )
  • Pin trafo 2 warna merah ⇔ ke yoke ( pin yoke 1 )
  • Pin trafo 3 ⇔ 7 ( pilih salah satu untuk sesuaikan lebar gambar ) warna merah ⇔ ke mainboard ( colector FBT )

Setelah kita sesuaikan kini tampilan gambar sudah seperti aslinya, ada sedikit yang kurang yaitu settingan vertikal dan untuk ini kita mesti masuk servis mode , ( caranya dengan menggabungkan 2 kawat yang ada di pcb ) untuk lokasinya bisa dilihat berikut ini :

mainboard-tv-sharp-sermode-area

Pilih option V-size dan tinggal kita naikkan levelnya….

Alhamdulillah selesai sudah perbaikkan yang kita lakukan,,, semuanya berjalan lancar.


10. Sharp 51ZF508 hidup sebentar terus mati
Sharp 21 FLAT 
Pakai ic Hercules smd 128 pin
Dihidupkan…..gambar & suara normal…….tapi satu menit kemudian mati protek kedip 2x……
Kalau diulangi dihidupkan lagi….lama2 makin lebih cepat waktunya matinya.

Kedip 2x kali artinya FW error atau data error atau sda/scl error….

Tapi ini kok bisa hidup normal…….




Maka………..Coba amati lagi dengan lebih seksama……
Dihidupkan…….
Kemudian tiba2 layar gelap………
Tapi ternyata indikator HIJAU masih nyala…….artinya pesawat masih power-on….belum protek.
Gak lama kemudian baru menyusul mati protek…...indikator merah kedip 2x……..

Intinya….pada kasus ini pesawat tidak langsung mati protek.
Setelah diperiksa lebih teliti….pesawat mati layr gelap karena horisontal driver mati tidak kerja……..baru kemudian menyusul mati protek.
Ini bisa diketahui dari tegangan ac pd basis Tr Hor-out yang hilang lebih dulu…..

Kesimpulan problem sesungguhnya adalah…
Pesawat dapat hidup……gak lama kemudian “Horisontal tidak kerja….”…flyback tidak nyembur.
Berarti inti msalahnya pd ic Hercules……

Selanjutnya…
Cek tegangan stby 3.3v…..
Ternyata lama-lama drops turun….hingga jika tegangan kurang dari 3v….horisontal akan mati

Solusi…..
Problem disebabkan pada ic Regulator step-down 3.3v.
Cari gantinya susah….
Pakai saja modul dc-dc stepdown yg sering digunakan saat repair Lcd/Led, karena output dapat diajust pada berbagai macam tegangan.
Alhamdullillah........bereeeeees.








11. TV Sharp Universe Model 20U250 - protect, Lampu Merah Kedip
Jika Anda Menemui TV Sharp Universe Model 20U250 ini dengan gejala Lampu LED merah kedap-kedip kurang lebih 6 kali, kemungkinan ini terjadi Protect disalah satu rangkaian. Kemungkinan Penyebabnya adalah tegangan PLN spanning dan C612 100mf/160v melembung mengakibatkan data error.

Solusi : ganti ic eeprom 24c08

Itulah tips untuk mengatasi kerusakan pada TV Sharp Universe Model 20U250 - protect, Lampu Merah Kedip-kedip, Semoga dapat membantu Kawan-kawan semua.
sumber: http://teknisi-elektro.blogspot.com/2012/06/tv-sharp-universe-model-20u250-protect.html






Baca Juga:









Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL