Macam-macam Kerusakan Tv Votre

1. TV VOTRE 21inch

Kerusakan: Suara dan gambar tidak ada, layar gelap. Saat di-on-kan, led indikator nyala.
Perbaikan: B+ terukur sekitar 10 volt. Transistor regulator out V503=DD5011 baik. Tansistor horisontal out V432=1803DFX baik. Ternyata R448 yang ada dekat transistor horisontal out hangus. Tapi karena hasil pengukuran menunjukkan nilai 22K, maka bisa dipastikan nilai R448 memang 22K walaupun sudah hangus, karena nilai R yang membesar biasanya tidak menunjukkan suatu nilai yang tepat. Karena itu saya ganti dengan 22K. Penelusuran berikutnya ditemukan VD449=FR309 bocor. Karena tidak ada yang jual, saya ganti dengan 2 buah diode yang dihubungkan seri untuk memenuhi kebutuhan voltnya. saya ganti dengan RGP15D= fast recovery 3A/600V. Kemudian tv dicoba di-on-kan dan ternyata B+ tetap sekitar 10 Volt. Walaupun transistor horisontal out dilepas, B+ tetap sekitar 10Volt. Setelah kaki fbt yang berhubungan dengan B+ dilepas solderannya, B+ menunjukkan 115Volt (normal). Langkah selanjutnya memeriksa fbt. Ternyata fbt baik.Penelusuran berikutnya ditemukan transistor V303=D2012 bocor, saya ganti dengan D1406. Setelah diganti, B+ normal.
Catatan: kolektor V303 lewat R307 ke L301, kaki L301 yang satu lagi ke anode VD449. Katode VD449 ke kolektor V432. Akibatnya bila V303 bocor akan membuat B+ terukur sekitar 10Volt.
Tapi walaupun B+ normal, tv tidak bisa menerima siaran/pemancar dan bila channel+ ditekan, tidak mau pindah channel (tetap di channel 1). Langkah berikutnya, solder ulang IC jungle (tv ini pakai IC tunggal) dan sekitarnya. Setelah itu gejala tetap sama. Kemudian saya coba tekan menu, terus pilih auto search. Ternyata begitu di auto search, raster langsung keluar dan fungsi auto search jalan normal. Selesai proses auto search, tombol channel berfungsi normal (bisa naik/turun). Tetapi gambar sangat tidak linier (vertikal tidak linier). Beberapa C dibagian vertikal saya ganti tapi gambar masih kurang linier walaupun sudah lebih linier/bagus. Karena remote aslinya tidak ada, saya coba dengan remote yang untuk tv china (kode di body remote 55L1). Lubang pada remote bila ditekan langsung masuk service mode. Langsung adjustment vertikal. Sekarang tv normal kembali. Mungkin yang saya alami ini bisa bermanfaat bagi rekan2 yang belum pernah mengalami. Salam saya buat semua rekan2.








2. TV VOTRE dengan kerusakan protek setelah di star kembali standby

Dapat lagi TV VOTRE dengan kerusakan protek setelah di star kembali stanbay" tidak mau nyala " asal mula nya ni Tv kata yang punya nya, asal nya kuat nyala sekitar 1 samapai 2 jam kemudian makin lama cuma kuat 10 menit akhir nya jadi begini tidak mau nyala kembali"
langsung saja aku buka casing tv tersebut dan aku coba nyalakan untuk mendeteksi apa ada kelainan sambil ku amati tv tersebut,dan nyata nya mainbord tv ini masih mulus dan bersih,perkiraan saya ci ni tv usia nya paling juga sekitar 6bulanan"
 pencarian pun di mulai dengan seperti biasa melakukan resolder" di bagian 2 yang sering terkena panas" maklum main bord yang masih bersih jadi sedikit sekali solderan yang agak retak" dan kaya nya tak mungkin pabila dari solderan yang retak yang membuat tv ini tidak mau hidup"
resolder sudah semua kembali saya cek dengan meng hidupkan tv dan uh tak membuahkan hasil..... masi tetep seperti sebelum nya" lampu malah jadi hang gak ada reaksi sekali pun saya tekan power dari remot / tombol progrm di panel tv"
pencarian pun di mulai kembali dengan mengukur arus yang output dari psu / bagian regulator:" dan saya sanagt terkejut ketika mengukur yang seharus nya kira2 115-118v ini mala terukur 140v" woow ada apa gerangan kabel ac tv kembali saya cabut dari stop konntak dan pengukuran komponen pun di mulai ,saya cabut langsung transitor horisontal yang dekat playback lalu saya ukur ternyata pas kabel merah ke kaki B(basis) dan kabel hitam ke E (emitor) jarum avo meter tidak bergerak alis mati" saya simpulkan transistor horisontal ini mati, dengan kode C5929 lalu saya ambil yang baru dan saya coba hidupkan TV tersebut dan langsung nyala" selang beberapa menit kembali mati " hadu ada pa gerangan say cba star kembali ya bgtu deh cma skitar 1-2 menit langsung protek dan gk bisa di star" pencarian pun di mula , dan ketemu dengan
transistor V507 dan V508dengan ke adan panas nya minta ampun dengan seri 8050 karena tidak ada stok lagi habis saya ganti dengan ganti dengan C2229 transistor RGB lalu saya coba nyalakan biisa nyala kembali dan saya coba cuma 1 jam kekuatan nya kembali se,mula tidak mau star pabila sudah dingin baru mau star kembali" ,wah repot deh klo begini terus" lalu saya berpikir" ber arti ini klemahan nya ada pada transistor tersebut terutama yang menyuplai arus 5v yang menyebabkan tv tidak mau star, kembali ide saya yang dulu pernah di posting dalka artikel kerusakan tv china, yaitu say ganti transitor 8050 yang bagian ke 5v dengan an/la 7805 dengan sedikit merubah nya *(tentu nya jalaur di pcb) dan tak lupa di pasnag hatcing/ pendingin ,dan langsung saya coba tv di tancep sampe 7jam dan aman2 saj.....
alhamdulillah selsai juga ni kerjaaan dan ada 1 lagi kerjaan yaitu tv TCL dengan kerusakan sama yaitu terprotek,tapi akan saya bahas di posting lain nya" ok selamat mencoba pabila anda dapat kerjaan yang sama tapi bisa jadi penyakit yang sama beda kerusakan" semoga bermanfaat"





3. Tv Votre Standby
Tadi siang  dapat panggilan kerumah ibu RIMA dikomplek perumahan PESONA 4 untuk menyelesaikan tv kepunyaan dengan merk VOTRE 20", masalahnya tv kalau dihidupkan hanya lampu indikatornya saja yang nyala.
Langsung tv saya bongkar terus saya lakukan pengukuran pada semua tegangan baik-baik saja hanya ada satu tegangan yang kurang seharusnya 12v dari hasil pengukuran hanya terukur 10v, tanpa pikir panjang saya lepas elko yang ada pada bagian supply tersebut yaitu 470uf/25v dan ganti dengan yang baru dan coba tv dinyalakan, tv menyala normal kembali.








4. Tv Votre Standby
Setelah aku bongkar dan aku cek tegangan suply 115v down cuman ada sekitar 25 v untuk vr 553,pun t tidak befungsi, setelah di cek ada r 556 sama r553.yang setelah saya ukur putus dan langsung aku ganti kembali aku ukur tegangan normal dan selesai pekerjanaku. 

5. Tv Votre Standby
Permasalahan tv Votre dengan masalah lampu standby nyala tapi tv tidak mau stars, kadang nyala beberapa menit mati lagi paling lama nyala satu jam. Sudah 5 kali ini dengan tadi saya temui kasus yang sperti ini pada tv Votre. Ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan: 1. Ganti resistor R507 standar 820 ohm ganti dengan 560 atau 470 ohm 2. Ganti transistor V507 dan V508 standar transistor 8050 ganti dengan C2229 transistor RGB yang tahan panas, karena regulator ini mudah lemah karena panas. 3. Ganti resistor R566 standar 3k3 ohm dengan resistor 2k2 ohm sampai 820 ohm tergantung tv nya mau stars pakai resistor nilai berapa. Biasanya cuma ganti resistor R507 dan transistor V507 dan V508 tv sudah bisa stars. Tapi tadi tidak mau juga stars, setelah ku cek dengan teliti ternyata ada tegangan arus 8 volt yang kurang jadi ku ganti R566 dari ukuran standar 3k3 ku ganti 2k2 ohm sampai 820 ohm tv baru bisa stars dan di tonton lagi. Jika tutor di atas tv tidak mau star juga cek tegangan arus yang lari ke regulator tersebut ini dan ganti capasitornya atau elco ganti dengan yang baru, 
Selamat mencoba. Semoga Bermamfaat



6. TV VOTRE problem bagian vertikalnya

Seperti gambar disamping saya mengira enteng lah...paling-paling pada sekarat elco-elcone.tanpa pikir panjang langsung reboisasi elco-elcone yang tampak mencurigakan,nah rampung proses reboisasi......jajal tes hidup sambil pegang tester mak ceklik.....tv tak uripne.......lah kok panggah wae,langsung proses pengukuran voltase bag.vertikal tertera 25v ah normal kok berarti ic vert.juga normal,lanjut ke input vertkalnya diujung R5k6 tertera 2,5 kayaknya masih standar..........coba pake jurus jari....(.hati-hati ini bisa bikin rambut jegrak) sentuh input byak-byak layar tampak kaya benang kusut.,waduh opo yoke sing wis eror soalnya ini layar bekas monitor pikirku sambil nyalain rokok....klepus-klepus ngrokok dise.///terpikir dibenaku apa rusak yokenya?,coba-coba ganti pake yoke biasa dan alhasil begegeg alias podo wae,... hah...perjuangan saya lanjut ke input tadi,coba cek ulang dalam keadaan tv dihidupkan cek input pada ujung R 5,6.tertera 2,5v trus telusur sampai pada ujung kaki ic vertikal ,disini ada kejanggalan knapa voltase hilang tiggal 1vol...oo rupanya jalur ini biangkeroknya rupanya sudah korosi,setelah perbaikan jalan tol tadi maka layarpun berkembang kembali seperti sediakala...trimakasih ya Allah ya rob.....Demiakian rekan-rekan jadi kerusakan -kerusakan tv ga mesti rusak pada komponen/sparepart aja.Smoga bermanfaat buat anda semua.

7. Tv Votre Gak Bisa Nyala, Hanya Indikatornya yang Nyala Kedip-kedip



IKLAN:















sumber:
pranaelectric.blogspot.com
imeldaentertainment.blogspot.com
rmrrepair.blogspot.com
hereyah.blogspot.com
anan.mywapblog.com
nanoservs.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL