Macam-macam Kerusakan Tv Digitec


1. Tv Digitec Tidak Bisa Menerima Siaran
Kali ini dapat servisan tv digitec 14 inc dengan kerusakan tidak dapat siaran setelah dibongkar rupanya tuner bukan aslinya lagi setelah dilakukan pergantian beberapa tuner rupanya tidak ada perubahan alias masih tetep seperti semula. Akirnya ku pake tuner hasil pembelian yang punya tv yaitu tuner untuk tv cina yang mempunyai 7 kaki lalu ku pasang tuner tersebut pada pcb dengan susunan kaki yang tertera dalam pcb sebagai berikut:
1. Agc
2. Vt
3. Uhf
4. Vhf 2
5. vhf 1
6. B+ 
7. If
 Setelah dilakukan pemasangan tentu terlebih dahulu mengecilkan tegangan +12v menjadi +5V karena tuner yang di pasang hanya membutuhkan tegangan sekitar +5v. Setelah selesai dan dilakukan pencarian siaran secara auto maupun fine rupanya tetep sama tidak di dapat salah satu siaran pun menunjukan batang hidungnya. Langkah selanjutnya yaitu ngobrak ngabrik jalur IF dengan mengurut jalur output If dari tuner sampai pengukuran tiap komponen if yang berada sekitar ic Croma tapi biang keroknya tidak ditemukan juga. Setelah seharian ngubek ngubek tidak di dapat satupun komponen yang rusak barulah ku putuskan jalur output if tuner yang mengarah ke trnsistor baru kesananya ke filter if. Kemudian ku coba jemper dengan menggunakan kabel kecil dari output if tuner ke kaki no satu filter if kemudian jemperkan kapasitor keramik bernilai 100pf dari kaki no satu filter if ke kaki 5 filter if yang berhubungan langsung dengan ic TDA 8843(IC croma) terakhir pasang kapasitor keramik 561pf dari kaki no 4 yang berhubungan dengan ic TDA 8843 ke ground dan hasilnya ternyata memuaskan setelah dilakukan pencarian tv pun dapat siaran seperti sedia kala.
semoga bermanfaat...








2. RUSAK TUNER PADA TELEVISI DIGITEK / POLYTRON
Kerusakan Pada Tuner televisi bermacam-macam gejalanya. diantaranya siaran yang diterima bergoyang goyang, bergaris garis, tidak dapat menerima siaran dan masih banyak lagi gejala-gejala lainnya.

Kali ini saya tulis yang ku alami tentang kerusakan Tuner pada tv Digitec maupuun Polytron. Kerusakan seperti ini beberapa kali Kualami. Tuner televisi Digitec atau Polytron yang sering terjadi trobel adalah pada tuner yabg bentuknya kecil yang kali ini Tuner dengan nomer seri polytron / EWT-SF6T43-E01W 10 11185. Gejala kerusakan tuner ini bermacam macam sebagai mana yang disebutkan tadi, walaupun gejala ini bukan hanya terjadi karena kerusakan pada Tuner Televisi.



Pengalaman yang saya tulis ini saat memperbaiki Tivi Digitec 14" Dua Tvc yang sama sama rusak Tunernya. Tv Digitec ini mengunakan ic tunggal / singgel HBT-00-04G yang satu Televisi sama sekali tidak bisa menerima siaran, di Search auto maupun manual tidak nyangkut sama sekali. setelah casing belakan di lepas saya cek tegangan 33vol di kaki tuner terukut cuma 1,5 volt dan diukur tegangan sebelum R 101 tegangan utuh 33volt. R101 50kiloohm tak lepas kaki sebelah dan diukur normal-normal aja.

tuner langsung tak lepas dan dibelikan pengganti di toko, wlaau gak dapat yang sama persis namun dari posisi kaki sama tetep tak beli dan saya pasang saja, selesei pemasangan tuner, televisi dinyalakan dan antena dipasang trus auto search, Nongoldeh semua siaran televisinya dan selesei sudah permasalahannya.

sedangkan televisi yang satunya, gejalanya siaran Tv terkadang hilang, bila di search chanel terkunci, namun beberapa saat kemudian hilang kembali. tuner saya lepas dan tak bongkar lalu saya solder di komponen-komponen tuner itu. Setelah selesei tuner dipasang kembali dan televisi dinyalakan tampilan gambar sudah noramal.

diangap sudah selesei casing ditutup kembali dan dibaqwa pulang yang punya. selang tiga hari kerusakan kambuh lagi dan hingap kemeja kerja lagi. tanpa pikir panjang tunrer kulepas dan belikan baru. tuner baru dipasang dan seleseilah dengan tiada kambuh hilang siaran lagi.




3. DIGITEC-DM142021, MN152451FEL







  • Tegangan VT tidak mau jalan biasanya kerusakan pada resistor R734 33k
  • Kontras tidak berfungsi, kerusakanya ada pada resistor R345 220k dan R436 10k dari ABL


  • 4. DIGITEC- TDA 836






  • Saat pertama dinyalahkan gambar normal, kemudian gambar menciut terus ada garis Horizontal, kanang kiri kurang, disebabkan kurangnya tegangan 8v: cek rangkaian supply-nya
  • Kadang-kadang tidak nangkap siaran disebabkan tegangan AGC 0: Silahkan di telusuri
  • Vertikal melipat bagian bawa, lama-lama kadang kembali normal: Cek C202 22nf biasanya agak short (pin 52 dari IC TDA8361)


  • 5. DIGITEC- Super ninja







  • warna hilang solusinya adalah: pin 21 dari IC TA8690AN di situ ada resistor 10k terus serikan dengan resistor 10k ke GND, tapi ganti resistor yang 10k ke GND dengan resistor 5k


  • 6. DIGITEC- 143031B






  • Tidak bisa nangkap siaran silahkan cek TR303 dan TR309
  • OSD tidak ada silahkan cek TR712

  • 7. DIGITEC- DM 1411M






  • Gambar normal suara tidak ada hanya suara gresek-gresek tetapi kadang-kadang suara normal: Cek dioda zener ZD 8v dari pin 55 IC STV2286


  • 8. DIGITEC- HBM-00-02






  • Gambar tidak muncul hanya ada garis Horizontal di bagian bawa layar, disebabkan karena rusaknya IC Program


  • 9. DIGITEC- DC1402K






  • Gambar terlalu besar, di searching siaran lewat, sedangkan AV bagus, disebabkan karena rusaknya C133 2,2/50v pin 53 dari IC TDA8841, AGC


  • 10. DIGITEC- DM172021







  • Tidak dapat menyimpan program saat di searching meski trafo AFT (9074) dan VIF (9073) masi bagus: Silahkan ganti D712= 5volt di dejat IC memori MN12C201D


  • 11. DIGITEC- Black Bauty BB2071






  • Tegangan 300v dan 115v ada dan flyback star hanya sebentar saja, Tegangan 12v ada untuk IC OSC Horizontal ada, TV tetap aja tidak mau star: silahkan ganti C76 180n diregulator


  • 12. DIGITEC/ politron- DM143031






  • Lambat untuk star disertai gambar yang berkedip dan bergoyang, serta menyempitnya lebar gambar: silahkan ganti C518= 100/35v, C514= 330/35v, C515=680/606pf, R511=5k ohm/1%, R517=15k ohm/1%


  • 13. DIGITEC-DM143031b







  • Pertama kali dinyalakan gambar tampak putih polos dan semua tombol panel tak berfungsi karena tegangan untuk 22v hanya terukur 12v sedangkan teganan 12v hanya terukur 10v: Silahkan ganti R557= 330 ohm/1watt



  • 14. DIGITEC TURBO 20" RASTER BLANK & BERGELOMBANG
    Kerusakan:
    Tv digitec turbo 20" dg kerusakan awal :
    - layar blank ketika tv dihidupkan
    - ada suara mengecrit dari bag primer regulator.

    msn-dgtc-back.jpg

    msn-dgtc-muka.jpg



    Perbaikan:
    Setelah dicek semua teg utama 115v, 16v, 12v normal, tp heater tbg kok tdk nyala? Artinya fbt belum kerja. Dicek lagi bag horisontal semua komponen kondisinya ok. Spekulasi saja coba diganti tr driver hors, yaitu tr kecil dari jalur h out ic chroma dg nilai C2229. Setelah diganti dan resolder tv bisa hidup, tp ada kerusakan lain, yaitu :
    - layar tampak bergelombang disisi kiri-kanan dan berjalan keatas
    - bag atas layar ada garis blanking
    - bila level brightness kontras di maximumkan, raster kedap2 kaya kekurangan arus.

    digitec-garis-blanking1.jpg

    digitec-raster-gelombang1.jpg

    Kerusakan semacam ini biasanya karena elco yg sdh kering. Langsung saja babat habis semua elco di primer dan skunder regulator, termasuk elco driver horisontal yang 160v, dan elco video yang 220v.

    c-reg-dgtc.jpg


    tr-driver-hor.jpg

    Pastikan teg utama tv 115v stabil waktu tv hidup dan menjadi sekitar 122v waktu tv standby.

    Dengan penanganan tersebut tv pun bisa hidup normal lagi, brightness kontras di maximumkan pun tdk ada masalah.




    15. TV DIGITEC DM14161E Gambar Tipis Dan Bergaris


    Diagnosa
    TV DIGITEC pertama saat saya hidupkan tampilan gambar tipis dan ada garis , seperti ini tampilannya
    Apakah yang menyebabkannya ?
    Sudah sekian lama vakum untuk isi content blog hamimservis karena kesibukan baru yang memakan banyak waktu, saya mulai dengan tulisan baru dimana sudah banyak sekali materi yang belum sempat dituangkan, salah satunya artikel ini dan mungkin akan segera dibuatkan artikel lainnya yaitu tentang perbaikan LCD TV untuk beberapa merk. Saya lanjutkan untuk lakukan pemeriksaan kasus kerusakan tv digitec ini , kiranya part apa yang terjadi kerusakan sehingga tampilan gambar jadi tipis serta timbul garis-garis.
    Awal sekali saya lakukan pengukuran di area VGA Card CRT , input video RGB saya ukur tegangan berada dibawah 1 volt ada satu pin yang saya curigai yaitu pin no 1 , lihat gambar :
    Masing-masing video out RGB terhubung dengan dioda dan dari dioda ini dijadikan satu lalu ada transistor sebagai kuncinya ( sebagai grounding ). :
    Jika ada supply yang masuk maka transistor ini akan bekerja , dan inilah yang terjadi saat ini . untuk mengatasi masalah ini cara yang paling simpel ( putuskan saja supply masuk masuk ) tampilan kini jadi normal

    16. TV DIGITEC NINJA GAMBAR BLUR














    sumber:

    Comments

    Popular posts from this blog

    Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

    Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

    Macam-macam Kerusakan Tv TCL