Tv Goldstar Mati Standby

1. TV GOLDSTAR SOUNDMAX 14" SERING MATI STANDBY

Dapat kerjaan perbaikan tv goldstar / lg soundmax sering mati sendiri standby setelah beberapa menit menyala. Kasus kerusakan seperti ini biasanya disebabkan tegangan B+ drop disebabkan elco kering. Tapi kali ini lain. Semua tegangan normal. Elco B+ 100uf/160v juga baik-baik saja. 
Semua komponen daerah regulator juga sudah dicek dalam kondisi masih ok. Terutama diode zener, resistor, elco kecil disekitar regulator juga ok. Sempat curiga ic regulator agak soak. Tapi sebelum memvonis ic regulator rusak. Saya cek transistor horisontal juga masih ok tidak ada kebocoran. Cek lagi transistor driver horisontal juga masih baik. Terus cek lagi kapasitor 1uf/160v dekat tr driver horisontal. Coba saya lepas. Cek elco pakai kapasitor meter ternyata almarhum sob alias sudah mati. Kapasitor meter tidak menunjukkan angka sama sekali berarti elco sudah mati tidak kering lagi. Sambil berdoa mudah-mudahan memang benar ini penyakitnya. Langsung ganti pemain baru elco 1uf/160v. Coba nyalakan tv. tunggu sampai beberapa menit sudah tidak mati standby lagi. Akhirnya kelar juga sob.

Kesimpulan : Tv sering mati sendiri dalam kondisi standby. Disebabkan elco 1uf/160v dekat tr driver horisontal mati. Sehingga menyebabkan beban berat pada tr horisontal. Sekaligus menyebabkan ic regulator panas berlebih sehingga menyebabkan mati standby. setelah elco diganti. Tv sudah normal kembali. Semoga bermanfaat.




2. Tv goldstar mati standby

Kemarin saya servis tv merk goldstar 20” mati , tapi lampu merah nya hidup alias standby . Setelah saya buka tutup belakangnya dan saya balikkan pcb nya , saya ukur dalam keadaan hidup tegangan VCC nya cukup normal 60 volt biasanya klo di on baru dia naik tegangan nya , tapi kali ini aku on malah kurang dari 100 volt malah ga hidup….

Walaupun aku buka jalur VCC yang ke FBT tetap tegangannya kurang dari 100 volt. Aku yakin bahwa kesalahan ada pada power supply aku cek power supply dan elco nya sudah agak kusam . aku ganti semua elco yang kecil-kecil ada di power supply 3 buah dan aku ukur elco nya memang sudah tidak tepat lagi ukuran nya .

Setelah aku ganti dan aku coba hidup kan , aku ukur dalam keadaan standby tegangan ada kira-kira 60 volt , setelah aku on langsung naik menjadi 115 volt .teruuuuus hidup deh…
Karena tetangga , aku di amplopin 100 rb yah….aku terima deh…
Inilah pengalaman aku perbaiki tv goldstar 20’ kemarin .

Semoga bermanfaat untuk anda.



-

3. Short pin ABL dengan GND

Hati-hati bila anda mendapat tv GOLDSTAR dengan kerusakan mati total/standby,ini saya alami ketika sedang mereparasi tv GOLDSTAR type CA20D22,milik Bpk.Budi,Purwodadi,kec.Barat Magetan. Setelah mendapat penjelasan cukup awal kerusakan dari yang punya tv,segera saja aku operasi itu tv,aku periksa di bagian regulator tegangannya semua baik-baik saja,lalu aku lanjutkan ke bagian B+,disini C815=10uf/100V,C814=220uf/160V,C407=4,7uf/160V dan C827=100uf/160V menggembung,lalu aku ganti semua dengan yang baru dan tentunya yang berkualitas,biar awet. Pemeriksaan aku lanjutkan ke bagian Horizontal,disini aku dapati Q402=D2499nya short dan C408=10uf/100v menggembung,lalu aku ganti semua dengan yang baru juga,kemudian aku cek resistansi antara GND dengan pin H.Out FBT 154-177B dengan multi tester digital dan menunjukkan resistansi yang terus meningkat yang berarti rangkaian B+ dan Horizontal sudah normal.Tanpa pikir panjang segera aku tes tv tersebut dan mak NYUUUUUUSSSSSSS.........keluk keluk kebul kebul keluar asap dari samping FBTnya,lho......lho......lho.....lho......la kok ngene dadine..... Kemudian aku cari komponen yang terbakar tadi dan ternyata R424=10Kohm terbakar,Resistor ini menghubungkan antara sirkuit ABL dan B+,lalu aku ganti dengan yang baru.Terbakarnya R424=10kohm tadi ternyata juga membuat Q402=D2499 mati lagi,ganti lagiiiiii.....!Setelah semua beres aku coba tes lagi MAK.....NYUUUUUSSSS..............!!!!!!!!keluk keluk kebul kebul,eeee....ladalahh....la kok isik podo ae ki piyeeeee.......aku cek lagi dan R424=10kohm dan Q402=D2499 mati lagi,ganti lagiiiii.....!kemudian pmeriksaan aku alihkan ke bagian ABL,dan ternyata C422=47n/250Vnya short,segera aku ganti dengan yang baru beserta dengan yang terbakar lagi tadi,kemudian aku coba tes lagi dan MAK.....NYUSSSSS.......!!!!!!!!Keluk keluk kebul kebul HAAAAAAA.......isih PANCEEEETTTT.......!Wiuuuh.....kucoba istirahat sambil berangan-angan apa ya sebenarnya BIANG dari semua ini,lalu aku lanjutkan dengan mengecek FBTnya yaitu pin GND dan pin ABL dan Ya ALLOH YA ROBBI.....ternyata short,segera aku ganti FBT,R424,C422,dan Q402=D2499 dengan yang baru semua,dan kucoba tes one more time,Bismillah...IIIYYEEEESSSSSSS....berhasil,tv langsung nyala dengan normalnya dan awet sampei sekarang,memang benar kata pepatah"Guru yang paling berharga adalah Pengalaman".Terima Kasih dan Salam Sukses buat anda semua.










sumber:
bahar-electronic.blogspot.com
perbaikitv.blogspot.com
hereyah.blogspot.co.id

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL