Macam-macam Kerusakan Tv Wcom

1.TV China gambar bergerigi,OSD hilang timbul,suara berdesah


Sore tadi dapet panggilan service untuk memperbaiki tv jadul yang sudah di ganti mesinnya dengan mesin tv china WCOM,dengan keluhan gambar normal cuma bergerigi kecil-kecil di seluruh gambar,di samping itu OSD kadang muncul kadang enggak kadang juga bergetar,di tambah lagi suaranya yang di sertai desah yang cukup menggangu.
 Seperti biasa tv china ini menggunakan aisy program LC863532B 54D5 dan aisy kroma LA76810A,langkah awal saya solder ulang dulu karena memang lumayan banyak yang pada retak kondisi solderannya,kemudian saya coba ONkan si TV tapi masih tetep saja,beralih ke pengecekan elko-elkonya di sekitar output regulator dan vertikal juga oke-oke saja.
Beralih lagi pengecekan di area jalur AFC dan OSD juga tidak ada masalah,tanpa sengaja pandangan mata tertuju pada elko di jalur ABL deket FBTnya,saya lihat posisi dari atas kok bentuknya aneh banget ya,setelah saya inguk EEEEE......LADALAH.....jebule njebrot,kikikikiki.......langsung saja tanpa pikir panjang aku ganti dengan yang baru,kemudian saya ONkan tv dan m@k BYAAAAARRRRR.....tv kembali ke posisi normal,gambar dan suara jernih lagi dan OSD pun anteng polahe hehehehe...... Karena unsur ketidaksengajaan atau memang keberuntungan saya ya?
Yaaaah....kalau memang sudah rejeki nggak akan kemana,Ahamdulillah ya ALLOH....Amin
Semoga bermanfaat dan SUKSES buat sampean SEMUA........!!!!





2. Cara service TV mesin wcom ( mesin buatan ) mati total + konslet

Yang punya tv bilang ," merek tv nya polytron minimax 21" matitotal kalau di hidupin malah turun NCB Kwh" mendengar penjelasan nya si ni penyakit tv gak terlalu berat so pasti bagian regulator ada yang short  yang mnyebabkan konslet"
tanpa basa basi dan menunggu lama aku langsung buka saja tu kasing tv " karena aku nguber setoran .. eh nguber waktu maksud nya" waktu ku cuma 1 jam lo " jadi harus ektra kilat"
kasing tv aku copot " aku liat wah ni tv dah gak asli lagi" ternyata udah ganti mesin sama mesin buatan (mesin china) kalau di lihat bord nya ni klo gak salah produk WICOM " Pas aku tanyaa sama yang punya emang iya sudah di perbaiki sebulan yang lalu (ganti mesin) setau saya klo di lihat di regurator nya mirip sekali sama mesin tv buatan merek MAZDA " menurut saya tergolong awet" tapi kok ini dah short!!! langsung pencarian masalah di lakukan ternyta saya dapati transtistor D2498 short antara basis sama colektor nya" yaitu letak nya v513 dan aku dapat juga tr c2655 (v512) sama sort juga" selsai pencarian ternyata cuma 2 komponen yang short alias yang rusak" langsung saja aku ambil cadangan sperpak dari tas ku" maklum walau aku lagi ngemn alat perang selalu sedia" biasa buat tambahan rokok + bensin"
langsung saja aku ganti tr nya ya itu D2498 , aku lihat2 kok beda banget dari no cetakan nya yang asli nya kok kaya sablonan merek nya sedangkan yang punya aku (asli lo) heehhe.. pantesan mesin tv china sekarang harga nya bukan nya naik malah turun!!! al hasil komponen nya juga asal asalan!!! alias banayk yang palsu beda dengan mesin tv gebnerasi sebelum nya yang lumayan awet:" dan V512 yaitu C2655 saya ganti dengan C3807 mungkin para master sudah tak asing lagi dengan jenis q tersebut"
penggantiamn pun selsai langsung aku coba hidupkan ni tv " uh.. mantaf... gambar tv langsung baik alis bagus"
cuma pengatauran warna nya kaya nya kurang pas " aku coba buka seting factory lang sung aku edit nilai2 nya tersebut" akhir nya mantaf juga ( mirip mesin bawaan nya kata yang punya) ehm.. selsai deh.




3. MESIN TV W-COM SLIM KENA PETIR
Kerusakan:
Dapat garapan tv samsung flat slim milik teman yang katanya rusak sehabis ada petir (waduh...mugo-mugo sekring e tok....). Ketika dicoba tampilan seperti berikut:




Perbaikan:
Dari tampilan dilayar jelas bukan sekring, bisa jadi chromanya ini (sambil kukur kukur, alamat syusyah....)
Gak papalah, dicoba dulu. Buka casing......walah isinya mesin w-com.



Cek semua vcc reg out terukur normal semua, B+ 115v, video 180v, 25v dan 12v ada semua. Dicek lagi teg di ic croma tunggalnya, 8 v ada...5v nya drop jadi cuma 2v. Diurut urut jalur 5v mengarah ke croma dan memory. Coba copot memory gak ada perubahan. Tanpa sengaja mata melirik led indikator kok tidak hidup. Coba copot connector pcb IR dan led indi dan 5v langsung keluar dan layar tv pun bisa membuka normal.



Dicek lagi ternyata sensor IR nya short, menyebabkan teg 5v drop jadi 2v. Setelah penggantian sensor IR, led indikator bisa nyala dan semuanya bekerja normal. Kalau melihat dari awal tv kena petir, ternyata yang rusak cuma sensor remot, menurut saya tv ini lagi beruntung. Dan satu lagi, kalau anda menemui kerusakan tv mesin cina model slim seperti gambar diatas, langsung saja cek vcc 5v nya.
Alhamdulillah.
Semoga bermanfaat.
Salam satu jiwa A R E M A.


4. Mesin Tv China Gambar Satu Garis Horisontal
Kerusakan:
Mesin tv cina dengan kerusakan bagian vertikal

tv-cn-rsk.jpg



Perbaikan:
Langsung saja dibongkar dan seperti ini mesinnya

msn-cn-dpn.jpg

msn-cn-blkg.jpg

Setelah cek dengan kasat mata sepertinya tidak ada yang mencurigakan, baik elco, resistor maupun dioda seperti ok semua.
Coba tv dihidupkan dan dicek disemua tegangan out 115v, 12v, 24v, 180v ok semua. Tak sengaja tangan menyentuh heatsink ic vert yang ternyata panas sekali, padahal tv baru dihidupkan 1 menitan. Ini tanda kalau ic vert gak beres.

ic-vert-dpn.jpg

ic-vert.jpg

Langsung saja diganti ic baru dan coba dihidupkan tvnya dan langsung maknyoosssss...... layar kembali buka sempurna. Alhamdulillah selesai 1 garapan hari ini dg kemriuk...

Ok, semoga ada manfaatnya untuk anda semua.



5. TV Tabung Wcom Ic Vertikal Rusak Terus













sumber:
enyoh-82.blogspot.com
imeldaentertainment.blogspot.com
kristuren.mywapblog.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL