Macam-macam Kerusakan Tv LG



 

 

1. Kerusakan Televisi LG Flatron 21FB7CG Transistor horizontal Cepat Rusak

Macam-macam Kerusakan Tv LG
Kerusakan Televisi LG type Flatron 21FB7CG dengan no.chassis CW81A yang menggunakan Ic single LV76213 3C 54C8,STR w6654A,dan aisy vertikal LA78040 dengan kerusakan tv selalu rusak lagi dan harus diservice ulang TV LG nya.Pada umumnya Dari gejala awal tampaknya di sebabkan karena tegangan B+ yang nggak normal,coba buka casing tvnya dan lakukan pemeriksaan segera yang kemungkinan TR horizontal dalam kondisi short.

Langkah pertama kita ganti transistor horizontalnya dengan yang baru dg nomor seri TT2190 atau persamaan sejenisnya,kemudian coba Tv ON kan hingga dapat menyala dengan normal dan sambil mengamati panas dari TR horizontal tersebut apakah memang normal-normal saja alias tidak terjadi kenaikan suhu yang begitu cepat. Kemudian lakukan pengukuran tegangan di pin B+ FBT,jika di titik ini terukur tegangan senilai 149V segeralah OFF kan tv sebelum Tr horizontalnya jadi korban lagi alias rusak.

Lakukan pengecekan semua komponen di jalur B+ yang menuju Auto Couplernya,karena di area inilah jika terjadi masalah bisa menyebabkan tegangan B+ menjadi naik,Umunya biang kerusakan dapat di temukan pada resistor R815=91K yang telah melar menjadi 149K dan resistor R816=91K juga melar menjadi 102K.Setelah penggantian kedua Resistor tersebut tv ON kan dan ukur lagi nilai tegangan B+ nya apakah sudah terukur sekitar 110V stabil ? itu baru aman untuk TR horizontalnya.






2. Penyebab Kerusakan TV LG Pearl Black Type 29FU3RL Cacat Raster

LG pearl black type 29FU3RL dengan kerusakan gambar normal hanya saja ada garis-garis hitam di tengah-tengah layar.Tv ini menggunakan Ic tunggal type TDA12011PQ/N1F00 dan Ic vertikal STv9326.Untuk tahap awal coba ulang semua titik solder di semua bagian,setelah selesai hidupkan lagi tv apakah masih tetap munculgaris-garis hitam? Cek semua tegangan apakah dalam keadaan normal semua?

Jika memang demikian lakukan pengecekan secara visual,jika didapati tidak ada komponen yang hangus terbakar dan tidak terdapat ada tanda-tanda yang mencurigakan pada heatsink Ic vertikalnya, periksa lebih lanjut,kemungkinan penyebab kerusakan bersumber dari elco C415=1000uf/35V yang njebrot body bagian sampingnya,langsung ganti saja dengan yang baru terus tancep gas ke posisi pengetesan dan gambar pasti langsung MAK NYOSSS lagi.



3. Kerusakan TV LG RD-21FB70V Mati Standby

Kerusakan Televisi LG
Tv LG chassisnya bernomer SC-023D dengan type RD-21FB70V dengan kerusakan mati standby.Chassis tv ini menggunakan Ic single type LG8046-32A atau Ic 8823CPNG5JK3, Ic vertikal LA78040, dan STR F6654. Pertama coba kita pasang dulu yokenya,tancepkan kabelnya ke soket. Kemudian jauhkan tudung anoda dari mainboard, dan juga board RGBnya, tv coba ON kan, LED indikator menyala merah,kemudian pencet tombol CHANEL + nya di panel, lihat dan amati apa yang terjadi?
Jika tak ada reaksi apapun dan LED tidak berkedip sama sekali,maka tindakan selanjutnya lakukanlah pengukuran tegangan di pin POWERnya yaitu pin 64 dan terukur tegangan sebesar 2.5V, pencet tombol CHANEL + jika tegangan di titik tersebut tidak mau HIGH maupun LOW, di pin KEY pun ternyata tidak menunjukan reaksi apa-apa.

Lalu untuk langkah reparasi selanjutnya pemeriksaan beralih ke pin RESET nya yang pada umumnya saat kondisi seperti itu terukur tegangan senilai 4.5V biarkan saja tidak perlu dipermasalahkan,beralih ke pemeriksaan ke XTAL nya,biasanya di kedua pinnya tegangan masing-masing terukur senilai 2.5V dan 1.8V untuk nilai voltage pada umumnya pin SDAnya terukur tegangan senilai 3.2V dan di pin SCLnya terukur tegangan senilai 0.9V di sinilah titik kerusakan yang kita harus selesaikan,seharusnya tegangan di pin SDA dan SCL setidak-tidaknya tegangannya sama yaitu 3,2 sampai 3,8 volt.

Segera periksa tegangan di sepanjang jalur SCL, disitu akan kita temukan penyebab tegangan yang kurang atau tidak normal yaitu dioda D23 dalam kondisi setengah short circuit .Dioda D23 dapat diganti dengan IN4148,setelah pergantian tersebut tv pun sudah bisa ON start lagi.






4. Cara Mencari Kerusakan TV LG Turbo Champ Layar Berkedip

Tv LG Turbo Champ type RF-21CA21E,yang menggunakan IC single type TDA9381PS/N2/3/0472 -01CTMPH004A,kerusakan tv ini bila baru di hidupkan suara normal tapi gambar lambat munculnya,sementara gambar hanya blank hitam,padahal H/T juga sudah menyala,bila potensio screen di buka layar juga sudah memberikan respon dengan munculnya garis blanking,tetapi setelah beberapa menit gambar bisa muncul,hanya saja dalam kondisi berkedip dulu dalam artian bukan bergoyang ,setelah berkedip beberapa saat,barulah gambar mulai normal.Pada kasus seperti ini bisa dipastikan kerusakan terjadi pada rangkaian vertikalnya,tepatnya pada C304 senilai 100uf/35V,setelah penggantian komponen tersebut,baru tv bisa normal kembali dan hidup seperti sedia kala.





5. Cara Mengetahui Kerusakan Pada TV LG Layar Gelap

Penyebab Kerusakan TV LG
Layar gelap tapi suara normal dan cara menyuntik crt pin G2 short dengan G1 Tidak ada gambar tapi suara normal , tv nya merk LG model Slim. Pemeriksaan dapat di mulai dengan membuka casing belakang, kemudian nyalakan tv untuk mencari tahu penyebab layar tidak bisa nyala, tampak ada getaran halus yang berasal dari FBT di sertai kilatan kecil di layar pertanda mesinnya bisa kerja dengan baik, dan terdengar suara dari siaran stasiun tv tertentu namun layar tetap gelap. Terlihat pula lampu filamen heater nyala, ada tegangan 180v untuk RGB, teruskan ke katoda RGB normal semua dan terakhir cek tegangan Screen/G2 yang ternyata 0 volt,nah dilangkah inilah kerusakan bisa diprediksi. Lalu matikan tv dan coba lepas modul Matrix RGB nyalakan lagi, cek strum G2 keluar 150v dan ukur pin G2 dengan G1 pakai Ohmmeter selektor x1k, jika jarum meter bergerak, ini berarti pin G2 crt sudah short ke pin G1.
Gangguan short pin G2 ke G1 pada CRT Slim 21 seperti ini sering diketemukan, tegangan grid Sreen yang drop mengakibatkan layar menjadi gelap dan hanya suara saja yang normal.Memang agak mengherankan produk tv sekarang cepat sekali rusak jika dibandingkan dengan keluaran terdahulunya yang bisa bertahan di atas 5 tahunan. Trik mengatasi masalah ini dengan cara menembak pin G2, dan supaya lebih yakin lagi kemudian cek ulang hubungan antar pin crt mulai dari kiri ke kanan atau searah jarum jam N.C / G1 / KG / G2 /KR / H1 / H2 / KB / N.C.
Disitu kita akan mendapati kenyataan bahwa G2 memang sudah short ke G1/ground. Saatnya untuk mempraktekan dan melakukan persiapan yaitu lepaskan kabel screen , kapasitor screen, kabel fokus disoket crt, serta ambil seutas kabel dan saklar on/off mekanik. Pertama-tama ujung kabel di solderkan ke titik Screen kaki soket crt dan ujung kabel yang lainnya di solderkan pula pada kaki saklar on/off mekanik sedangkan kabel fokus yang tadi sudah di lepas dari soket crt di solderkan pada kaki saklar on/ off yang satunya lagi . Tujuan pemakaian saklar on/off mekanik adalah sebagai putus-sambung aliran tegangan fokus. Tegangan fokus yang nantinya akan di suntikkan ke titik Screen supaya grid G2 bisa terlepas dari grid G1.
Persiapan merakit alat tembak dadakan sudah selesai, ini diperuntukkan bagi yang tidak punya alat tembak khusus crt !! Untuk tahap pertama mencoba dengan menggunakan tegangan fokus dulu sebab tegangan fokus yang di hasilkan saat FBT bekerja bisa mencapai 500v ke atas jadi masih ideal untuk merontokan kotoran debu halus yang mungkin ada pada grid G2 atau grid G1, walau resiko tetap ada ! 
Setelah semuanya persiapan di rasa sudah cukup, tancap kembali soket RGB yang sudah terakit saklar on/off pada crt, cek ulang sekali lagi agar tidak ada yang terlewatkan dan tidak lupa pasangkan cermin di depan layar kemudian tarik nafas dalam-dalam. Tangan kiri standing di saklar tv sedangkan tangan kanan standing di saklar fokus.
Nyalakan tv, tunggu mesin star dengan sendirinya dan selang 2 detik kemudian aktifkan saklar fokus maka terlihat lah layar nyala samar atau buram namun perlahan raster bintik mulai tampak kasar, lalu segera matikan tv dan jangan biarkan terlalu lama grid G2 di aliri tegangan tinggi.
Dengan cepat pasang kembali kabel screen, fokus, kapasitor screen dan segera saja nyalakan lagi mesin tv, dapat dipastikan raster langsung muncul ! Pasang cuk antena untuk tes gambar.Itulah beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada Televisi Merk LG ,untuk kasus kerusakan yang lain admin akan update pada artikel-artikel terbaru untuk waktu selanjutnya.Apabila ada diantara teman-teman semua yang seprofesi silahkan posting komentarnya dibawah ini yang telah disediakan di kotak komentar seputar pertanyaan ,sharing pengalaman ataupun masukan-masukan demi kemajuan kita bersama.Terima Kasih. 



6. LG soundmax
Gejala           : protec,gak mau start,B+ drop dan 24v naik
Penyebab     : flyback rusak
Solusi            : ganti flyback 6174Z-8005C

7. LG 21FC1CG
Gejala           : Gambar mengecil berbentuk kotak di tengah layar
Penyebab     : Defleksi/yoke ada yang putus di bagian vertical
Solusi            : Bongkar Yoke bagian vertikal dan cari kawat email yang putus lalu sambung lagi

8. LG MC994A
Gejala           : setelah 2 menit tv standby
Penyebab     : solderan retak pd bagian power suply
Solusi            : solder ulang bag power suply

9. LG CA 51 T 80
Gejala           : gambar garis horisontal
Penyebab     : IC vertikal TDA 8351
Solusi            : ganti IC vertikal TDA 8351

10. LG Flatron
Gejala           : Gambar Normal setelah agaklama dinyalakan timbul Suara Gemeretak dan terkadang suara hilang dan timbul tenggelam
Penyebab     : IC Volume/tone control LV 1116 mengalami gangguan internal
Solusi            : ganti ic LV1116

11. LG RD-21FB70V
Gejala           : Mati StandbY
Penyebab     : D23 SHORT
Solusi            : D23 ganti dengan IN4148
12. LG 21FB7CG
Gejala           : tv tidak bisa hidup lama
Penyebab     : tegangan untuk B+ Fly back naik, melebihi 110 Volt
Solusi            : resistor yang berhubungan dengan optocoupler berubah nilai yaitu R815 dgn nilai 91 Kohm jadi lebih besar, jadi mempengaruhi kerja optocoupler, ganti sesuai stantdar
Catatan        : ganti dengan resistor tahan panas
13. LG Flat 21”
Gejala           : Stanby
Penyebab     : Tr Hout mati
Solusi            : C1200v dekat tr Hout diganti
Catatan        : dicek FBT,YOKE semua oke !C 1200volt dekat tr Hout saya cek ternyata short,body tidak pecah trus saya ganti yg nilainya sama tr Hout saya ganti lg trus saya coba tv bisa nyala normal kembali ! 

14. LG black pearl
Gejala           : gambar melebar ke samping
Penyebab     : vertical kerjanya tdk lancar
Solusi            : ganti ic vertical
15. LG slim flat
Gejala           : mati total
Penyebab     : tr hor short
Solusi            : ganti capasitor dekat hor nilainya 12n atau 18n dan tr hor 6090

16. LG Ultra slim 14 FU7AB
Gejala           : ketika pertama kali dinyalakan, lampu led merah menyala sebentar kemudian mati
Penyebab     : optocoupler TLP 817 soak
Solusi            : ganti optocoupler,ic vertikal,dioda zener,ic program
Catatan        : Tv ini ketika pertama kali dinyalakan, lampu led merah menyala sebentar kemudian mati, cek teg B+ 115V keluar sebentar kmd drop, ditemukan optocoupler TLP 817 soak, setelah diganti, led power nyala no

17. LG 21FX4AG-TH
Gejala           : tdk ada gambar/pictur tapi suara normal
Penyebab     : tegangan G2 short atau 0V
Solusi            : tahan ujung obeng di dekat pin G2 CRT sekitar 05cm jaraknya Dimana obeng terhubung dengan ground CRT kemudian nyalakan tv sebentar status soket CRT terlepas dari CRT kemudian pasang kembali soket CRT

18. LG plasma
Gejala           : gambar melipat ketengah
Penyebab     : karena dropnya tegangan pada autput tegangan pada ic vertikal yang di sebabkan dioda shot atau resistor mayi maksimal tegangan harus 26v kalau kurang dari 26v maka gambar akan melipat
Solusi            : ganti dioda yang berhubungan dengan input ic vertikal dan cek juga resistornya
Catatan        : bisa juga karena flyback shot

19. LG Chassis MC-059D
Gejala           : Suara bagus, gambar redup/gelap
Penyebab     : Dioda D902 di PCB CRT pecah
Solusi            : dicari data skema nya dan D902 adalah 1N4148

20. LG Flat Slim
Gejala           : Mati total dg ada bunyi derit
Penyebab     : Block Hor output Short
Solusi            : Periksa tr horisontal C6090, ganti baru klo tr hor itu short..dan bila stlh dipasang yg baru tr hor shrt lagi, periksa capacitor wide yg mengeblok colector tr hor dg ground/emitor,biasanya nilai cap sdh turun dari yg tertera di body cap itu.
21. LG 21FB3RB
Gejala           : standby.
Penyebab     : gagal start loading data eeprom diakibatkan data pada IC02 24C04 korup.
Solusi            : ganti/flash IC02 24C04 dengan data/ic yang sudah terisi.

22. LG Ultra Slim 21FU2RD
Gejala           : mati, transistor horizontal short apabila diganti short lagi.
Penyebab     : Capasitor C414 153/2KV berubah nilainya.
Solusi            : ganti Capasitor C414 153/2KV dan Q402 2SC6090 dengan yang baru.

23. LG CD-14D52
Gejala           : warna gambar tidak normal, kemerah merahan..
Penyebab     : solderan di RGB banyak yang kendor atau retak..
Solusi            : setelah RGB di solder ulang semuanya,,, warna kembali normal lagi

24. LG  ultra slim
Gejala           : rester horizontal melengkung
Penyebab     : capasitor short
Solusi            : solusinya dengan menambahkan satu capasitor milar di titik colector C414=.01=10n 2kv dengan 103 2kv,dan ganti juga diode RU 4A dengan yang baru sedangkan TR.Horizontal nya ganti dengan D.1554
Catatan        : TV ini menggunakan IC SINGLE LV76211,sedangkan FBT BSC 25 -NO329,TV ini di hidupkan TR.HOR menjadi panas sekali bisa mengakibatkan short nya TR.HOR tsb

25. LG 21fu3rl
Gejala           : mati total
Penyebab     : tiba2 mati, padahal menurut yang punya, tidak ada gejala apa2
Solusi            : setelah dicek ternyata saklar s801 tidak berfungsi lagi. diganti dengan switch on-off jenis lain, sedikit memodifikasi. jadi

26. LG 21FU3RL
Gejala           : mati total,tr horizontal(C6090)sering putus
Penyebab     : putus ic pawer suply(W6554A)dan kapasitor keramik pecah(183J2000v)
Solusi            : ganti ic pawer suply,tr horizontal dan kapasitor keramik dengan yg baru
Catatan        : apabila kapasitor keramik tidak ada yg sama ganti dengan kapasitor mkt ukuran 15n2000v juga bisa

27. LG Pearl black 21FU1RL
Gejala           : Tv hidup tp layar blanking biru polos disertai garis2…kata yg punya tv kena petir
Penyebab     : Setelah ditelusuri ternyata teg RGB dari chroma LV 76213 short
Solusi            : Setelah cek ic vertical dan komponennya ternyata bagus….akhirnya tinjau yoke lepas solderan ujung2nya lalu cek gulungan coilnya satu persatu ternyata lilitan vertcal deflection putus sebelah… Setelah ganti ic chromanya tv jadi normal 

28. LG untuk jenis flat
Gejala           : gambar terkadang keluar kadang tidak
Penyebab     : tuner dengan jenis pll rusak
Solusi            : ganti tuner dengan catatan sebelum mengganti tuner langkah kita cek dulu teg agcnya,vccnya kalau normal langsung ganti tuner pasti beres
29. LG 21 flat
Gejala           : gambar bagus suara kadang-kadang hilang kadang-kadang besar
Penyebab     : penyebabnya ic lv 6111 n
Solusi            : ganti ic lv 6111 n kalau masih belum, masuk kemode servicemenu pada bagian audio diset keposisi mono atau stereo sampai suara muncul selamat mencoba bila ada kerusakan sperti ini,karena kasus ini sering terjadi pada tv lg jenis flat
Catatan        : sering terjadi troble untuk audiotv lg flat
30. LG Turbo swing
Gejala           : led berkedip redup
Penyebab     : capasitor dibagian horizontal short menyebabkan transistornya panas dan ahirnya rusak
Solusi            : ganti capasitor dan tr horizontal

31. LG ld12345
Gejala           : kadang start kadang tidak
Penyebab     : tegangan 5 volt output dari regulator drop
Solusi            : ukur dan ganti elko 100uf/50v

32. LG MC 994A
Gejala           : MATI STANDBY 2
Penyebab     : YOKE LEMBAB
Solusi            : NYALAKAN TV, CEK APAKAH ADA RASTER ? JIKA ADA KERINGKAN YOKE

33. CA 14A65S
Gejala           : TELEVISI MATI STANDBY 1
Penyebab     : IC VERTICAL RUSAK, SOLDERAN IC GAMBAR TIDAK SEMPURNA ( PUTUS)
Solusi            : cek blok vertical, ic vertical, jika blue screen check solderan IC TB 1328

34. LG 14 Inc
Gejala           : TV hidup normal sesaat mati stanby bisa di start kembali
Penyebab     : condensator elektrolit teg tinggi ada yg gak beres
Solusi            : ganti condensator elektrolit yg rusak
35. LG 21fu1RL
Gejala           : gambar membesar mengecil seiring terang gelap gambar
Penyebab     : kapasitor 27 nano didekat flyback
Solusi            : ganti dengan nilai yang sama
Catatan        : jika tidak ada jualnya capasitor ganti dengan nilai yang agak besar dikit bisa, atau lebih kecil dikit bisa
36. LG 20a95
Gejala           : mati hidup
Penyebab     : listrik over voltage
Solusi            : santi semua resistor power suply karena nilanya molor semua
Catatan        : jika masih berkedip kedip ganti elko utama






37. LG dengan M37221 (MC3V221) mati protek

KASUS :
  • LG dengan M37221M8-221 atau MC3V221 hidup sebentar terus mati protek, dimana mikrokontrol kembali “off”

SOLUSI :
  • Pertama kali cukup sulit memperkirakan bagian yang rusak, karena dari sirkit yang kami pelototi tidak menemukan adanya sirkit protektor.
  • Setelah sekian lama coba-coba – ternyata penyebabnya ialah bahwa pin V. Sync input pada mikrokontrol tidak mendapat pulsa V Sync dari bagian vertikal-out karena ada jalur print yang putus.

Catatan :
  • Setahu kami selama ini adalah bahwa jika tidak ada pulsa-pulsa pada pin-Vsync ke mikrokontrol akan menyebabkan tampilan OSD tidak muncul atau dapat menyebabkan raster gelap.

38. Teve dengan LA76931 horisontal roboh

 KASUS :
  • Teve menggunakan IC LA76931
  • Kerusakan gambar roboh (horisontal roboh).

SOLUSI :
Dari pengalaman yang sudah sering kami jumpai - penyebab problem semacam ini ada 2 macam, yaitu
  1. Tegangan suply untuk H.Start pin-19 drops. Dapat disebabkan karena regulator semacam 7809 atau 7812 yang mensuply pin ini rusak
  2. IC LA76931 rusak. Jika tegangan H.Start dicek normal……………….maka kemungkinan besar IC rusak.

39. Pengalaman dengan LG ultra slim transistor horisontal rusak terus

Dalam waktu yang hampir bersamaan kami terima LG ultra slim 21” dengan problem yang hampir sama.
  1. Seorang konsumen menjelaskan bahwa tevenya pernah dibawa ke sebuah bengkel, tetapi karena teknisi kesulitan maka isinya diganti dengan  mesin china. “Kami merasa sangat kecewa dengan hasil gambarnya”, cerita selanjutnya,  “mesin aslinya sudah pernah diganti flybak  dan transistor horisontalnya sudah menghabiskan beberapa buah,  tetapi tetap gagal service”. Dibawa dan ditunjukkannya pula  pcb asli, flyback yang pernah diganti, beberapa bekas transistor horisontal yang rusak dan remote kontrol asli. Singkat ceritera konsumen tersebut menginginkan agar bisa dibantu supaya pcb asli dapat digunakan lagi.
  2. Seorang teknisi lain punya kasus yang sama. Setiap kali transistor horisontal dipasang baru maka selalu langsung rusak. Diagnosa pertama jatuh pada flyback, tetapi ketika flyback sudah ganti hasilnya tetap sama. Diagnosa selanjutnya mengarah ke def yoke.  Ketika pergi ketoko spare parts untuk mencari def yoke dia sempat menceriterakan masalahnya kepada pemilik toko. Pemilik toko yang sudah sangat kenal baik dengan kami menyarankan agar membawa saja tevenya ke tempat kami, sipa tahu bukan def yokenya yang rusak karena kalau diamati def yoke yang dibawanya untuk contoh tersebut tidak ada yang nampak gosong atau terbakar.
Dari kedua kasus diatas setelah kami kerjakan ternyata penyebab adalah sama, yaitu kapasitor resonant yang lokasinya pada bagian kolektor transistor horisontal-out nilainya menurun drastis sehingga hampir nol (normal nilai 183pF/2000v).
Mungkin LG model-model ultra slim ini tidak memiliki x-ray protektor. Sebab kalau ada x-ray protektor biasanya akan aktip bekerja jika nilai kapasitor resonant berubah menurun sedikit saja.


Mengambil hikmah dari kasus diatas maka saran kami kepada setiap teknisi wajib :

  • Memiliki kapasitor-meter atau AVO-meter yang mempunyai fasilitas untuk pengukuran kapasitor.
  • Jangan lupa untuk setiap kali memeriksa nilai kapasitor resonant jika ada kasus transistor horisontal sering rusak.

40. LG 21” slim no sound

 Berbagi pengalaman bersama Gunawan A. MADIUN

Assalamuallaikum wr wb.   Sugeng dalu pak marsono.
Mau tanya tentang tv LG type 21FU1RL yg gk ada suara, gambar bagus.
Data2:
-ic prosesor stereo STV8216
-UOC LG0439r
-ic switch la7958n
-Chasis MC059c
Hasil pengecekan audio ampli bagus, tegangan ke ic STV8216 ada smua. Teg sda 3.8v scl 2.6v
Di pin audio out pada ic uoc kalo di jumper ke input audio ampli ada suara ngeses tp gk ada suara siaran tv.
“Respon dari remot n tombol panel jg lambat”. Kira2 apa ic STV8216 rusak?


  • Cek suara dari jack Audio-out dimasukkan ke amplifier. Klo tdk ada suara kemungkinan problem pd ic STV atau karena eeprom data error

Makasih pak, untuk data eprom blum ngotak ngatik, tp dari audio out jack rca jg tdk keluar suara.
Apakah tegangan sda dan scl selisih skitar 1v itu suatu masalah ato normal pak??
Untuk ic eprom apa bs di ganti dgn ic kosongan?
Ic STV8216 susah di tempat saya pak, apa bs icnya gk d fungsikan trus pake suara mono tanpa fitur bilinggual tdk masalah,


  • Ic kosongan td bisa. teg sda/scl umumnya sama......coba cek jalur scl....mungkin ada yg setengah short. Tanpa STV bisa saja...nanti jadi mono.....output suara bisa diambilkan dari pin-5 (fixed) atau
    pin-6 (variabel).......Sermod Option 4 “sound mode” perlu diganti jadi '0"

Alhamdulillah pak.
Setelah cek jalur scl tdk ada yg short, melihat schematic diagram jg tegangan pada normal kecuali scl, trus niatan mau di buat mono, buka sermod Option 4 “sound mode” kok udah “0” sendiri, padahal blum saya rubah. Trus iseng saya rubah bitnya jd “1”,”2” dan tiba2 suara muncul. Jd kerusakan ada di data memori Option 4 bag sound. Setelah suara keluar, cek teg scl jd normal 4.2v dan sda jg 4.2v.
Matursuwun pak atas bantuanya. Smoga Allah membalas kebaikan bpk.


41. LG slim-fit 29” raster “breathing” (kembang-kempis)

 Hari ini dapat kasus yang termasuk baru pertama jumpa. LG slim-fit 29” dengan problem raster “Breathing” atau “kembang-kempis” yang cukup parah.
Jika background gambar menampilkan warna gelap seperti hitam atau biru, maka raster akan mengecil (secara vertikal maupun horisontal). Sebaliknya saat menampilkan gambar dengan background warna terang (putih) raster akan mengembang (blooming) sehingga tulisan “logo” stasiun pemancar hilang tidak nampak. Problem makin parah jika adjustment kontras ditambah besar.

  • Pertama kami berpikir mungkin tegangan B+ yang preblem. Dan kami cek ternyata tegangan B+ ok.
  • Mungkin problem pada bagian EW drive amplifier pikir kami. Kami cek tegangan-tegangannya nanpaknya juga ok.
  • Lama kami pandangi skema bagian horisontal-out maupun sirkit EW drive, sambil memikirkan kira-kira apa yang perlu diperiksa lagi.
  • Achirnya kami putus untuk mencoba-coba saja (goblok-goblokan istilah arek suroboyo). Ukur saja semua kapasitor-kapasitor pada bagian horisontal out maupun sirkit EW. Cabut satu demi satu untuk diperiksa nilai kapasitansinya.
  • Ketika tiba giliran melepas C407 (seperti gambar dibawah), ternyata kapasitornya saja yang lepas (lolos), tapi  kaki-kakinya tetap menempel tersolder pada main-board. Entah hal ini disebabkan karena kapasitor rusak atau karena menyoldernya kepanasan.
  • Setalah kapasitor dapat kami carikan penggantinya – pesawat langsung kami coba – dan hasilnya…………ternyata OK banget.
  • Beresssssss........dan puas rasanya.
  • Tapi dengan rasa panasaran. Mungkinkah  kapasitor C407 nilainya open? Biasanya kalau open akan menyebabkan transistor horisontal-out langsung jebol. Atau nilainya sedikit menurun?

clip_image002



42. LG GOLDEN EYE LAMPU STANDBY KEDAP-KEDIP
Kerusakan:
 Tv LG golden Eye kondisi mati, lampu standby hanya kedap-kedip. Kasus yang kualami pada tv type CA-20680 tv ukuran 20 inch. Tegangan B+ terlihat seperti normal sekitar 90 volt tapi ada goyangnya seiring dengan kedap-kedipnya lampu standby. Tv ini menggunakan IC Chroma TDA8841.


Perbaikan:
blok-regulator-lg-CA-20680
Pertama kali periksa patrian komponen ada yang retak atau tidak, selanjutnya periksa kapasitor terutama di sekitar regulator. Dalam kasus yang saya alami ada sebuah kapasitor di dalam rangkaian regulator C 801 100uf/35v kondisinya sudah kering begitu di ganti dengan yang baru tegangan B+ langsung normal 110 volt tv pun langsung menyala dengan normal.


43. Tv LG Flatron 21FX4AG-TH Suara Ada Gambar Tidak Ada
Kerusakan:
Tv LG Flatron type 21FX4AG-TH dengan kerusakan tak ada gambar/raster tapi suara normal.



Perbaikan:
Segera aku bongkar itu tv untuk memastikan penyebab kerusakan sesungguhnya, setelah kubuka casing penutup belakangnya,tv langsung aku hidupkan untuk mengecek apakah heaternya menyala,ternyata heater menyala normal,kemudian aku putar potensio screen di bagian flyback ke posisi maksimum,namun tak ada reaksi yang berarti pada CRT.Hmmmmm.......apanya ya(gumamku)
                 Lalu kuambil multitester untuk memeriksa tegangan pada pin G2 soket CRT,ternyata pada pin G2 CRT tak ada tegangan sama sekali(normalnya ±80v).Aku pikir kemungkinan flybacknya yang rusak,buru-buru langsung aku ganti aja flybacknya yang bertype 6174V-6006V dengan yang baru,kemudian aku coba hidupkan tv sekali lagi,ternyata reaksinya sama saja,tidak ada perubahan sama sekali,lalu kucoba cek tegangan G2 pada soket CRT tanpa tersambung ke CRT,ternyata ada tegangan sebesar±80v,hmmmmm......
                Kok baru kali ini ngadepin kasus kayak gini ya,terus aku pasang lagi soket CRT ke CRT dan aku cek lagi tegangan G2nya ternyata short alias 0v.Yeeaahhhh.....!ternyata pin G2 short terhadap G1,tanpa pikir panjang aku gunakan metode yang biasa aku gunakan untuk menghilangkan short HV dengan focus,namun pada saat ini aku gunakan untuk menghilangkan short G2 dengan G1 yaitu dengan menahan ujung obeng di dekat pin G2 CRT kira-kira ±0,5cm jaraknya.
                Dimana obeng tadi sudah aku hubungkan dengan ground CRT,kemudian aku nyalakan tv,mak craaaaak ada loncatan listrik antara ujung obeng dengan pin G2(status soket CRT terlepas dari CRT),kemudian aku pasang kembali soket CRT ke CRT lalu aku hidupkan tv sekali lagi dan mak cliiiiing....tv normal kembali,iiiiiyeeessss....senangnya hatiku,
                Allhamdulillah ya Allah atas semua petunjukmu Amien!.Semoga bermanfaat bagi anda semua,sukses selalu.



Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.



44. LG ULTRASLIM PEARLBLACK 20" KEMBALI STANDBY
Kerusakan: 
Tv merk LG UltraSlim pearlblack 20" dengan kerusakan kembali standby.





Data part tv:
Croma : LV 76213
Vertikal : LA 78141
Fbt : 25n1534
Hor : c6090
Ic regulator : Strw6554a



Perbaikan:
Kerusakannya tv selalu kembali standby waktu dihidupkan. Dari pengamatan raster waktu hidup sebelum standby, sekilas tampak vertikal membuka cuma sekitar 5cm di tengah layar.
Dari gejala yang tampak, di area vertikal ditemukan beberapa elco yang kering yaitu C321 dan C307. Juga C540 di bagian rgb.



Akhirnya si LG pun bisa normal lagi.



45. LG ULTRA SLIM RUSAK BAGIAN HORISONTAL
Kerusakan:
Tv LG Ultra Slim milik tetangga yang salah satu elconya meletus.

Berikut model tv nya



Kalau mau mengalahkan horisontal tv model ini, anda gak cukup hanya modal avo analog, tapi capasitor meter dan esr meter pun harus ada, karena banyak komponen yg kritis...selain itu utk menghindari rsknya tr hor.
Awal mula kerusakan, kata pemiliknya ada letusan dari dalam tv waktu tv ditonton, kemudian ada suara berderik cukup keras di mesinnya.




Perbaikan:
Dari pengamatan awal didapat elco 1000mf/35v suply ic vertikal dari fbt meletus, komponen yg lain sepertinya ok2 saja. Setelah penggantian elco, tv coba dihidupkan, ternyata tv seperti gak kuat start, dan teg B+ bergoyang, ada suara berderik yg keras di fbt dan TR hor puanass. Mumpung belum koit, langsung dimatikan saja. Dari gejala diatas saya simpulkan fbt rusak, dan penggantianpun dilakukan.
Setelah fbt yg baru terpasang, tv coba dihidupkan lagi, kali ini suara berderik sudah hilang, tp B+ nya masih bergoyang dan tv gak kuat start, sepertinya bag horisontal masih bermasalah, ditandai dg TR hor yang panas sekali.
Pemeriksaan bag horisontalpun dilakukan dan didapat didapat 2 buah milar yg nilainya menurun sampai 0nf dan satunya lagi esr nya tinggi. Didapat juga fet K29xx short. Selain itu Ic vert juga ko.



Dari hasil pemeriksaan dg esr meter, didapat beberapa elco kecil di sekunder reg yg kering.

Dengan penggantian semua komponen yg rusak tadi tvpun langsung hidup dengan normal.



Data komponen utama








komponen yg rusak





semoga bermanfaat.


46. LG FLATRON MATI BUNYI TIT TIT TIT
Kerusakan:
Datang sebuah tv merk LG Flatron 21 in dengan seri berikut,


Waktu awal dicoba keluar bunyi tit tit tit terus menerus dengan keras. Bunyi ini rupanya dari speaker kecil ditengah tv, layar maupun led indikator tidak hidup sama sekali. Dugaan awal kerusakan horisontal.
Penampakan mesinnya seperti ini:


Dicek Tr hor memang short, cek regulator OK semua tegangannya. Langsung saja Tr diganti dengan yang baru.
Setelah Tr baru dipasang, tv coba dihidupkan, mak ctet...bunyi tit tit sdh gak ada....., indikator nyala...., lho...kok layarnya tetep mati?? Dicek lagi semua teg dari trafo reg normal, tp dari fbt gak keluar blas, heater gak nyala, berarti fbt belum kerja. Ditelusuri lagi di skunder trafo driver hor ada teg 1 volt AC, berarti driver hor masih normal. Setelah dilakukan pengetesan fbt, disimpulkan fbt rusak di dioda teg tingginya, sialnya Tr hor tadi ikut mati pula, tekor wesss....
Yo wes, ga po po, dicarikan lagi semua penggantinya sekalian C resonant 8,2n/1600v, fbt seri BSC23-N0107, Tr hor TT2140


Setelah penggantian ketiga pemain, si LG pun kembali nyala normal, alhamdulillah.

47. LG FLATRON 21" TIDAK ADA SUARA
Kerusakan:
Tv lg flatron 21" dengan kerusakan tidak ada suara sama sekali, baik dari channel tv maupun dari input AV.
Penampakan tvnya seperti berikut:

 

Tv ini menggunakan chroma ini:





Perbaikan:
Kata pemiliknya, tv pernah diservis dg cuma mengubah menu stereonya menjadi mono, dan selang 3 hari kemudian, suara mati lagi. Karena diubah ke mono, maka menu audio jadi hilang dan turbo sound tidak berfungsi.
Setelah mesin dbersihkan, dicek audio in ic power dengan menyentuhnya dan ada suara mendengung dari speaker, berarti rangkaian audio power masih ok. Mesin tv ini ternyata memakai ic audio prosesor LV1116N yang dipasang antara chroma dan ic power.



Dugaan pun mengarah ke ic ini yang memang sering troble. Dicek vcc pin17 = 9v ok, vdd pin18 = 5v ok, jalur sda dan scl ok dan ada teg 4,5v. Dicoba dijumper pin-2 dg pin-14 dan suara langsung keluar. Berarti ic LV1116 ini rusak dibag prosesornya.



Sebenarnya dg dijumper spt ini suara pun sudah keluar, tapi menu audionya tidak ada, karena di factory settingnya diubah ke mono. Untuk mengembalikan ke kondisi normal, ic LV1116N diganti baru dan setingan stereonya dihidupkan lagi.

Setelah ic baru dipasang, hidupkan tv, buka kode service dg cara:
tekan menu dipanel tv, tekan menu lagi dan tahan, lalu tekan menu diremot.
Kalau benar, akan tampil sprti brkt:



Kemudian tekan menu untuk membuka tabel setingan:



Setingan stereo namanya SND MODE, ada di tabel keempat, dg cara menekan menu. Ditabel 4, saya kembalikan setingan SND MODE menjdi AV ST, yg oleh tukang sebelumnya dirubah ke mono.



Dengan SND MODE diposisi AV ST, maka menu audio tv tampil kembali dan setingan bass, treble dan balance serta turbo sound kembali berfungsi.



Semoga bermanfaat,

48. tv lg lampu led kedip kedip dan suara menjerit

tv-lg-flaybeck-sot.jpg

Kerusakan:
 tv lg, keruksakan lampu led kedip kedip di barengi suara yityitan,

Perbaikan:
langsung simak,tv langsung di bongkar tanpa basa basi, langsung pengukuran tegangan utama 115vol tegangan ngedrop naek turun setelah di cek ada komponen jebol .transitor hot transitor horizotal ganti seperpat baru hasilnya nihil transitor langsung jebol kuperikasa,dan ku ganti kapasitor nano dam tetap sajah transitor,baru langsung jebol,pengukuran ketiga dengan meulepas flaybeck.pengukuran flaybeck.dari kaki kaki flaybek kop playbeck ke ground ada tanda jarum bergerak posi avo 1×10k. Keruksakan ada pada flaybeck ganti flaybeck yang baru tv langsung menyala alias manyus hasilnya memuaskan.

49. TV LG FLATRON suara kadang ada kadang hilang kadang ngorok

tv-lg.jpg

Kerusakan:
kornologi waktu tv di nyalakan tv normal ada suara selang beberapa menit hilang suara gambar normal dapet garapan tv lg flatron suara kadang ada kadang hilang,


Perbaikan:
langsung pengukuran semuah teggangan Cek semuah tegangan normal,tidak ada yang kurang langsung pengantian ic tone kontrol ic LV1116N alhamdulilah sesudah di ganti suara tv normal kembali selamat mencoba.

ic-lv116n.jpg



50. TV LG Slim 21 inchi gambar goyang ketika kontras
img20160928115834
TV LG slim model  21SD1AD awal nya hanya kerusakan vertikal saja,dengan IC VERTIKAL LG LA78141 dan setelah dilakukan penggantian dan tv LG slim 21 inc ini sudah bisa menyala kembali seperti biasa,tapi lama kelamaan terlihat gejala gejala tv LG Slim ini gambar nya ketika gambar terang dan kontras timbul garis melintang putih dan gambar LG Slim bergoyang goyang berayun ayun seperti gejala tv yang tegangan nya kurang.

Kerusakan raster gambar vertikal LG Slim ini bisa di simpulkan:

1.Ketika gambar tv LG Slim ini terang,ada gambar putih melintang dan bergoyang berayun.

2.Ketika kontras di tv LG slim ini di maksimalkan,raster vertikal ketika gambar kontras bergoyang berayun ayun dan garis memanjang putih naik keatas seperti kimg20160928112752ekurangan tegangan.Cacat vertikal TV LG.
img20160928112752

3.Untuk horizontal tidak terganggu.

Perbaikan gambar TV LG Slim ketika gambar kontras dan terang raster bergoyang dan garis putih naik ke atas ini adalah di antara nya sebagai berikut.img20160928115834

1.Cek tegangan vertikal 24 volt.Dan sedikit turun tegangan bergoyang ketika gambar terang dan kontras.Ganti elko 1000 uf 35 volt vcc vertikal.

2.Cek tegangan ABL.ganti kapasitor 22 N 630 volt.Ganti Resistor R550 dari pin ABL flyback terhubung ke pin ABL IC LV 76211 3C.

Nah itulah sobat tentang catatan admin tentang perbaikan tv LG yang kerusakannya tertera diatas.Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Itulah sekilas tentang cara perbaikan TV LG Slim 21 inchi yang gambar goyang menyempit dan melebar dan berayun dibagian vertikal seiring dengan  gambar sedang dalam kontras atau parameter kontras sedang maksimum,begitu juga dengan parameter bagian terang ( Brightness ).

51. Kenapa IC Vertikal TV LG SLim21 inchi cepat panas bahkan sampai pecah?

Belakangan hari ini disibukan dengan keluhan kerusakan TV LG slim 21 inchi  yang IC vertikal nya panas sekali,dan bahkan pergantian pertama IC vertikal LG Slim ini pecah.Terhitung sudah 4 IC vertikal sudah silih berganti ,ada yang IC vertikal rusak lagi dan bahkan ada yang IC vertikal ini sampai pecah,tapi setiap IC nya masih ada yang sanggup bekerja normal sampai 3 hari.Awal nya yang diduga adalah IC vertikal LG ini dianggap berkualitas jelek,tapi kenapa sampai habis 4 biji,padahal tegangan vcc vertikal ini ketika diukur tanpa IC adalah normal sekitar 24 volt .

Dan dihari ke empat akhir nya kami menemukan jawaban nya,ketika IC yang ketiga kali nya IC vertikal LG ini pecah.Dan ketika itu dilakukan  pengukuran lagi di tegangan out pin FBT  tanpa IC vertikal dan akhirnya  diketemukan ada tegangan melonjak sampai 50 volt bahkan lebih,wah mungkinkah FBT nya rusak,tapi ketika pin VCC 24 volt dari FBT di cabut,ternyata tegangan 50 volt ini masih ada,lah darimana datang nya,sedangkan dari tegangan FBT sudah dicabut ?

Untuk kerusakan tv LG gambar bergoyang ketika kontras  baca disini.

Untuk persamaan flyback tv LG bisa kita kita baca disini.
img20160913153727
Usut punya usut,ternyata tegangan VCC 24 volt ini tersambung dengan salah satu coil yang ada di bagian horizontal dan tersambung oleh dioda.Dan setelah dilakukan pengukuran di bagiaimg20160913153727n ini ternyata di ketemukan kapasitor 47 N 630V ternyata nilai nya melar.Setelah dilakukan pergantian dan tv pun dinyalakan ternyata TV LG Slim 21 inchi ini gambar nya melebar ke kiri dan ke kanan.Dan setelah dilakukan pengecekan akhirnya dipastikan bahwa IC 8 kaki dengan nomor KA 393  tidak berfungsi.Karena tidak ada yang nomor nya sama,akhir nya diganti dengan IC KA 353 yang kebetulan mirip.

Dan akhirnya gambar TV LG 21 inchi Slim ini yang tadinya gambar melebar ke kiri dan kanan akhirnya gambar nya normal ,dan IC Vertikal yang tadinya panas berlebihan bahkan sampai IC vertikal nya pecah akhirnya panas nya pun kembali normal .Dan setelah dilakukan pengecekan beberapa hari TV LG Slim ini menyala tanpa keluhan kembali.Mudah mudahan pengalaman dalam perbaikan TV LG slim ini ada manfaat nya.


52. TV TABUNG LG PEARL BLACK 21 INCH MATI TOTAL HANYA TERDENGAR BUNYI "TIK TOK TIK TOK"





53. TV TABUNG LG PEARL BLACK 21 INCH 21SA1RL_E4 GAMBAR MELENGKUNG BAGIAN PINGGIR




54. TV LG 21FU1RL pearl black Kerusakan gambar melengkung seperti bantal
   
TV LG 21FU1RL pearl black TV LG pearl black Kerusakan gambar melengkung seperti bantal - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kerusakan pada Televisi Merk LG Model 21FU1RL pearlblack. Gejala kerusakannya adalah gambar melengkung seperti bantal.

Untuk solusi kerusakan pada tv seperti ini biasanya yang bermasalah yaitu bagian Horizontalnya yaitu disekitar Flyback, bisa karena solderan yang retak ataupun ada komponen seperti IC atau elco yang rusak atau lemah.


Berikut Data kerusakan dan solusinya :

Perangkat: TV
Merek: LG
Model: pearlblack
Gejala: gambar melengkung seperti bantal
Penyebab: transistor k2961
Solusi: ganti transistor gambar ok kembali
Catatan: sebaiknya ganti spare part original


Itulah Solusi kerusakan Pada TV LG 21FU1RL pearl black Kerusakan gambar melengkung seperti bantal semoga bermanfaat.









Baca Juga:
Tv LG Mati Protek
Tv LG Mati Standby
Tv LG Suara Ada Gambar Tidak Ada
Tv LG Suara Normal tapi Gambar Lama Munculnya
Tv LG Gambarnya Goyang
Tv LG Ada Garis-garis Hitam
Tv LG Transistor Horisontal Short Terus
IC Vertikal TV LG SLim21 inchi cepat panas bahkan sampai pecah
Tv LG Mengalami Berbagai Kerusakan
Sirkit Proteksi LG Chasis MC-59A (LA7691)
DATA PARAMETER TV LG FLATRON 21FB7















sumber:
mansyur81.blogspot.com
monitorelektronik.wordpress.com
marsonotv.blogspot.com
gbrelektronik.blogspot.co.id

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL