TV LG FLATRON 21 INCH TIDAK ADA SUARA

Kerusakan:
Tv lg flatron 21" dengan kerusakan tidak ada suara sama sekali, baik dari channel tv maupun dari input AV.
Penampakan tvnya seperti berikut:

 

Tv ini menggunakan chroma ini:




Perbaikan:
Kata pemiliknya, tv pernah diservis dg cuma mengubah menu stereonya menjadi mono, dan selang 3 hari kemudian, suara mati lagi. Karena diubah ke mono, maka menu audio jadi hilang dan turbo sound tidak berfungsi.
Setelah mesin dbersihkan, dicek audio in ic power dengan menyentuhnya dan ada suara mendengung dari speaker, berarti rangkaian audio power masih ok. Mesin tv ini ternyata memakai ic audio prosesor LV1116N yang dipasang antara chroma dan ic power.


Dugaan pun mengarah ke ic ini yang memang sering troble. Dicek vcc pin17 = 9v ok, vdd pin18 = 5v ok, jalur sda dan scl ok dan ada teg 4,5v. Dicoba dijumper pin-2 dg pin-14 dan suara langsung keluar. Berarti ic LV1116 ini rusak dibag prosesornya.


Sebenarnya dg dijumper spt ini suara pun sudah keluar, tapi menu audionya tidak ada, karena di factory settingnya diubah ke mono. Untuk mengembalikan ke kondisi normal, ic LV1116N diganti baru dan setingan stereonya dihidupkan lagi.

Setelah ic baru dipasang, hidupkan tv, buka kode service dg cara:
tekan menu dipanel tv, tekan menu lagi dan tahan, lalu tekan menu diremot.
Kalau benar, akan tampil sprti brkt:


Kemudian tekan menu untuk membuka tabel setingan:


Setingan stereo namanya SND MODE, ada di tabel keempat, dg cara menekan menu. Ditabel 4, saya kembalikan setingan SND MODE menjdi AV ST, yg oleh tukang sebelumnya dirubah ke mono.


Dengan SND MODE diposisi AV ST, maka menu audio tv tampil kembali dan setingan bass, treble dan balance serta turbo sound kembali berfungsi.


Semoga bermanfaat,












sumber:

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL