TV LG ULTRA SLIM RUSAK DI BAGIAN HORISONTALNYA



Kerusakan:
Tv LG Ultra Slim milik tetangga yang salah satu elconya meletus. 

Berikut model tv nya


Kalau mau mengalahkan horisontal tv model ini, anda gak cukup hanya modal avo analog, tapi capasitor meter dan esr meter pun harus ada, karena banyak komponen yg kritis...selain itu utk menghindari rsknya tr hor.
Awal mula kerusakan, kata pemiliknya ada letusan dari dalam tv waktu tv ditonton, kemudian ada suara berderik cukup keras di mesinnya.



Perbaikan:
Dari pengamatan awal didapat elco 1000mf/35v suply ic vertikal dari fbt meletus, komponen yg lain sepertinya ok2 saja. Setelah penggantian elco, tv coba dihidupkan, ternyata tv seperti gak kuat start, dan teg B+ bergoyang, ada suara berderik yg keras di fbt dan TR hor puanass. Mumpung belum koit, langsung dimatikan saja. Dari gejala diatas saya simpulkan fbt rusak, dan penggantianpun dilakukan.
Setelah fbt yg baru terpasang, tv coba dihidupkan lagi, kali ini suara berderik sudah hilang, tp B+ nya masih bergoyang dan tv gak kuat start, sepertinya bag horisontal masih bermasalah, ditandai dg TR hor yang panas sekali.
Pemeriksaan bag horisontalpun dilakukan dan didapat didapat 2 buah milar yg nilainya menurun sampai 0nf dan satunya lagi esr nya tinggi. Didapat juga fet K29xx short. Selain itu Ic vert juga ko.



Dari hasil pemeriksaan dg esr meter, didapat beberapa elco kecil di sekunder reg yg kering.

Dengan penggantian semua komponen yg rusak tadi tvpun langsung hidup dengan normal.



Data komponen utama






komponen yg rusak




semoga bermanfaat.




sumber:
kristuren.mywapblog.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL