TV SHARP 20W25MK Mati Total


Diagnosa

TV SHARP 20W25MK saat saya coba hidupkan , lampu indikator tampak tidak menyala ( seperti mati-total ).

Model TV SHARP :

model-tv-sharp-20w25mk

Apakah yang meyebabkannya ? Segera saya selidiki

Di sekian kalinya temui kerusakan seperti ini dan selalu saya mulai pemeriksaan di area PSU ( power supply unit ) , kira-kira komponen apa yang menjadi penyebab kerusakan ” langsung buka casing tv-nya. Setelah casing penutup terbuka saatnya lakukan pengukuran , untuk mempermudah masukan aliran listriknya . Saya ukur tegangan diarea PSU primer tersedia yaitu 310 volt dan di area sekunder untuk B+ terukur 115 volt . Kanal output PSU tegangan B+ terukur  115 volt tapi kenapa tv tidak bisa hidup ? Ternyata tegangan 8 volt untuk sistem control MCU yang tidak stabil, dari tegangan 8 volt dipasang stabilizer yaitu IC 7805 menjadi 5 volt dan disini tegangan terukur 4 volt saja.
Tegangan yang tidak stabil ini disebabkan capasitor filter tidak bekerja dengan baik , nilai capasitornya 470uf/25 volt dan langsung saya lepaskan dari mainboard dan saya pasangkan nilai 1000uf/50 volt. Setelah terpasang capasitor pengganti saya masukan lagi aliran listrik dan coba ukur ulang ,hasilnya tegangan sudah kembali normal yaitu 8 volt. Lampu indikator tampak sudah meyala yang mengartikan sistem MCU sudah berfungsi dengan baik. Tambahan saya lakukan penambahan timah solder untuk hot area yaitu dibagian IC Vertikal dan IC Regulator dan satu lagi di area FBT , ada satu lagi yaitu area soket RCA untuk sistem video input bagian depan.

Posisi capasitor-nya :

mainboard-tv-sharp-20w25mk

Saatnya tekan power via remote control ? Alhamdulillah tv sharp sudah kembali normal , tampilan gambar dan suara sudah tampak normal tidak ada masalah yang lain. Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk saat ini dan sesuai dengan yang diharapkan, semoga bisa bermanfaat


sumber:
www.hamimservis.com




Baca juga:


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Macam-macam Kerusakan Tv Polytron

Macam-macam Kerusakan Tv Samsung

Macam-macam Kerusakan Tv TCL